Sukses

Kontroversi Pidato RM BTS Terkait Wajib Militer, Buat ARMY Bertanya-tanya Keaslian Pernyataanya

Beberapa ARMY meragukan keaslian pidato RM BTS saat ia lulus dari pelatihan dasar militer.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini V dan RM BTS diberitakan telah berhasil menyelesaikan pelatihan dasar militer dan menghadiri upacara wisuda. Beberapa video online upacara wisuda mengabadikan momen RM dan V BTS menerima penghargaan atas penampilan luar biasa mereka.

Mengutip dari laman Kbizoom, Sabtu (20/1/2024), pada acara tersebut, RM menyampaikan pidato melalui pesan video yang telah direkam sebelumnya. Dia memulai dengan mengakui penundaan wajib militernya yang berkepanjangan serta kekhawatirannya untuk mendaftar wajib militer pada usia yang relatif lebih tua.

Pemimpin BTS itu menyoroti bagaimana pelatihan militer komprehensif itu telah meningkatkan kesadarannya akan peran penting pasukan pertahanan Korea Selatan ketika negara tersebut berada dalam situasi gencatan senjata. Berkaca pada latihan dasarnya, RM menceritakan bahwa salah satu momen paling berkesan adalah jalan-jalan malam bersama rekan-rekannya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada para perwira dan pemimpin peleton yang membimbingnya melalui sesi latihan yang berat. Dalam sambutan penutupnya, RM mengakui bahwa meskipun dunia tanpa wajib militer mungkin ideal, situasi saat ini memerlukan pengorbanan banyak orang untuk menjaga lingkungan yang damai bagi semua orang.

Menanggapi pidato RM, pendapat ARMY terbagi. Ada yang mempertanyakan keaslian perkataan RM dan bahkan mempertimbangkan kemungkinan dia dipaksa oleh pemerintah untuk mengatakan konten tersebut. Mereka menunjukkan bahwa pandangan RM yang dibagikan secara publik tampaknya tidak konsisten dengan pidatonya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Peringkat Trainee Elit

Sebaliknya, beberapa penggemar memuji ucapan RM yang membagikan pengalaman positifnya. Penggemar lain juga mengkritik keterlibatan apa pun dengan isi pidato RM, dengan alasan bahwa pidato tersebut tidak dimaksudkan untuk dilihat oleh penggemar.​

MSebelumnya, mengutip dari laman CNA, Rabu, 17 Januari 2024, kedua personel BTS yang mendaftar wajib militer pada Desember 2023, termasuk di antara segelintir trainee yang menerima penghargaan treinee elit. RM, yang bernama asli Kim Nam Joon, melalui Instagram pada Selasa, 16 Januari 2024 berbagi foto dirinya dan sesama anggota BTS V atau Kim Tae Hyung, dalam seragam militer.

Dengan bangga RM menuliskan "Loyalitas" sebagai keterangan foto unggahannya tersebut, ia juga menyertakan gambar penghargaan yang diterimanya. Penghargaan tersebut hanya diberikan kepada enam dari 200 peserta pelatihan karena menunjukkan keterampilan yang patut dicontoh selama masa pelatihan lima minggu. Menurut kantor berita Yonhap, pelatihan RM dan V terdiri dari keterampilan dasar tempur dan pertahanan di Pusat Pelatihan Angkatan Darat Korea di Nonsan, yang terletak di selatan Seoul.

3 dari 4 halaman

Ada di Tim Tugas Khusus

Keduanya telah mendapatkan peringkat sebagai trainee elit, mereka diberi hadiah hari libur. Selama pidatonya di upacara penghargaan, RM yang berusia 29 tahun berbagi soal keberhasilannya.

"Saya telah lama menunda wajib militer saya, dan memasuki militer pada usia yang relatif lebih tua membuat saya merasa cemas dan khawatir tentang banyak hal," ia menambahkan bahwa sebagian besar rekan trainee-nya berusia sekitar 10 tahun lebih muda darinya. 

Ia mengakhiri pidatonya dengan mengatakan, "Meskipun ideal bagi semua orang untuk tidak perlu mempelajari keahlian menembak, perdamaian yang dinikmati oleh Korea Selatan selama lebih dari 70 tahun dibangun di atas pengorbanan mulia dan upaya penuh dedikasi dari banyak pihak. Saya akan menjalankan tugas saya dengan kesadaran ini."

Sementara RM akan ditempatkan di unit barunya minggu ini, V mendapat pelatihan tiga minggu lagi saat ia memilih untuk bergabung dengan Tim Tugas Khusus (SDT) Komando Pertahanan Ibu Kota Angkatan Darat Korea. SDT adalah unit elit kontra-terorisme yang dikenal dengan pelatihan ketatnya. 

4 dari 4 halaman

Personel BTS yang Wajib Militer

Pria berusia 28 tahun itu harus menjalani pelatihan di Sekolah Administrasi Umum Angkatan Darat mulai 18 Januari hingga 8 Februari sebelum dipindahkan ke SDT. Karena ketujuh anggota BTS saat ini sedang menjalani wajib militer di Korea Selatan, grup tersebut sedang istirahat sementara. Mereka semua diharapkan menyelesaikan tugas mereka dan bersatu kembali pada tahun 2025.

Mengutip dari Tim Health Liputan6.com, BIGHIT Music sebelumnya telah merilis pernyataan mengenai jadwal pendaftaran wajib militer (wamil) V BTS, RM, Jimin, dan Jungkook lewat saluran WeVerse pada Selasa, 5 Desember 2023.

Diketahui bahwa keempat member BTS bakal mendaftar sebagai tentara aktif di Angkatan Darat guna memenuhi kewajiban dinas militer mereka. BIGHIT Music lalu mengatakan bahwa RM dan V akan wamil terpisah, sementara Jimin dan Jungkook BTS dijadwalkan untuk mendaftar bersama-sama.

Hanya saja BIGHIT tidak mengungkap secara jelas tanggal pasti dari pendaftaran wajib militer para member BTS. "Sehingga tidak akan ada acara resmi terpisah pada hari mereka masuk ke pusat pelatihan rekrutmen," keterangan pihak BIGHIT Music.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini