Sukses

Bali Puncaki Daftar Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor

Bukan rahasia lagi bahwa pesona Bali diakui dunia. Pulau Dewata baru-baru ini dinobatkan Tripadvisor sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu 2024 pilihan pelancong atau Travelers' Choice Awards Best of the Best 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi pesona Bali telah mendunia. Pulau Dewata baru-baru ini dinobatkan Tripadvisor sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu 2024 pilihan pelancong atau Travelers' Choice Awards Best of the Best 2024.

"Pemenang Travelers' Choice Awards Best of the Best adalah destinasi yang hotel, restoran, dan aktivitasnya menerima ulasan dan opini luar biasa dalam jumlah besar dari komunitas kami selama periode 12 bulan," bunyi keterangan dikutip dari laman resmi Tripadvisor, Kamis, 11 Januari 2024.

Bali berhasil memuncaki daftar tersebut dengan disebut sebagai "kartu pos yang hidup, surga Indonesia yang terasa seperti fantasi." "Berjemurlah di bawah sinar matahari di hamparan pasir putih halus, atau berinteraksilah dengan makhluk tropis saat Anda menyelam di sepanjang punggung bukit karang atau bangkai kapal perang PD II yang berwarna-warni," jelas pihaknya.

Keterangan lain menyebut, "Di pantai, hutan lebat menjadi tempat perlindungan bagi pura batu dan monyet-monyet nakal."

""Ibu kota seni" Ubud adalah tempat yang sempurna untuk menyaksikan pertunjukan tari budaya, mengikuti lokakarya membatik atau kerajinan perak, atau menyegarkan pikiran dan tubuh Anda di kelas yoga," tambah pihaknya.

Salah seorang pelancong menulis ulasan bahwa ia mendapat pengalaman menginap luar biasa menginap di Bali. Ia menyukai semua detail dan kejutan.

"Sarapannya luar biasa. Mereka memiliki staf yang ramah terutama Eva yang menjadikan waktu menginap saya istimewa, dia selalu menjaga saya dan saya menyukai energinya. Saya pasti akan kembali lagi, terima kasih banyak!" ungkap pengulas tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Lengkap

Simak daftar lengkapnya ke-25 destinasi terbaik untuk bulan madu versi Tripadvisor berikut ini:

  1. Bali, Indonesia
  2. Hoi An, Vietnam
  3. Maladewa
  4. Republik Dominika
  5. Mauritius
  6. Khao Lak, Thailand
  7. Jamaika
  8. Santorini, Yunani
  9. Zanzibar Island, Tanzania
  10. Venesia
  11. Saint Lucia
  12. Gramado, Brazil
  13. Lisbon, Portugal
  14. Ambergris Caye, Belize
  15. Tulum, Meksiko
  16. Dubrovnik, Kroasia
  17. Bora Bora, Polinesia Prancis
  18. Niagara-on-the-Lake, Kanada
  19. Budapest, Hungaria
  20. Praha, Republik Ceko
  21. Viti Levu, Fiji
  22. Kauai, Hawaii
  23. Barbados
  24. Killarney, Irlandia
  25. Antigua

 

"Kurang dari 1 persen dari 8 juta listingan Tripadvisor mendapatkan penghargaan Terbaik dari yang Terbaik, yang menandakan tingkat keunggulan tertinggi dalam bidang perjalanan. Selamat kepada seluruh pemenang pada 2024 dan terima kasih sebesar-besarnya kepada para traveller yang telah mewujudkannya," tulis Tripadvisor.

Baru-baru ini, Ubud di Bali dipilih Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai proyek percontohan pengembangan wisata gastronomi. Untuk itu, Kemenparekraf berkolaborasi dengan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) dan Pemerintah Kabupaten Gianyar Bali menggelar Workshop for UNWTO Gastronomy Tourism Development.

3 dari 4 halaman

Ubud Bali Terpilih Jadi Pilot Project Destinasi Wisata Gastronomi

"Ubud dipilih sebagai pilot project pengembangan wisata gastronomi karena kesiapan dan tingginya tingkat kolaborasi antar-stakeholder. Makanan di Ubud tidak sekadar hidangan kuliner, tetapi sudah menjadi gaya hidup dan budaya bagi masyarakat setempat," kata Sandiaga dalam rilis yang diterima tim Lifestyle Liputan6.com, Jumat, 15 Desember 2023.

Asisten III Setda Gianyar, I Ketut Pasek Lanang Sadia menjelaskan budaya gastronomi yang mengakar di Ubud dapat terlihat dari interpretasi relief pada dinding Pura Yeh Pulu, yang menggambarkan budaya beternak, bertani, dan berburu sebagai bagian dari budaya gastronomi lokal. Ubud juga memiliki subak, yakni sistem tata kelola irigasi tradisional yang menjadi pilar kebudayaan masyarakat Bali.

Ada pula filosofi Tri Hita Karana yang dianut masyarakat Bali, yaitu prinsip keselarasan antara manusia, alam, dan Tuhan, yang juga merepresentasikan kekayaan budaya dan kuliner. "Ubud merupakan salah satu ikon pariwisata di Gianyar yang diharapkan dapat lebih berkontribusi terhadap ekonomi daerah melalui gastronomi dan kami dari pemerintah daerah Gianyar akan mendukung dari sisi regulasi," kata Sadia.

4 dari 4 halaman

Ubud Bali Masuk Daftar 51 Tempat Paling Cantik di Dunia Versi Conde Nast Traveler

Conde Nast Traveler, majalah perjalanan kenamaan Amerika Serikat (AS), merilis daftar "51 Tempat Paling Cantik di Dunia" per 31 Oktober 2023. Di antara puluhan destinasi wisata, Ubud Bali memastikan tempatnya di sana.

Dalam deskripsnya ditulis, "Meski Ubud sangat ramai, area ini hanya berjarak beberapa menit dari puluhan desa kuno dan pemandangan pedesaan yang damai. Sewa sepeda motor atau sepeda di hotel Anda dan jelajahi pedesaan, kebun jeruk, dan sawah."

Semuanya, kata publikasi itu, dirawat para petani yang menjaga terasering seperti yang dilakukan generasi sebelumnya selama ribuan tahun. Bukan peringkat, majalah itu mengulas tempat demi tempat menakjubkan di berbagai belahan dunia terdasarkan abjad.

Dari Asia Tenggara, ada juga Cameron Highlands, Malaysia. "Terletak di negara bagian Pahang, kawasan seluas 275 mil persegi (712 km persegi) ini merupakan rumah bagi perkebunan teh terbesar di negara ini," kata mereka.

Terdapat pula Ha Long Bay, Vietnam yang terkenal karena perairan birunya dan hamparan pulau-pulau kapur. "Semuanya dipenuhi pepohonan tropis dan satwa liar," sebutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini