Sukses

Napi Keluhkan Makanan di Penjara Tidak Manusiawi, Warganet: Kok Bisa Main Media Sosial?

Dari total enam sekat tempat makan yang tersedia, hanya dua atau tiga yang terisi nasi dan lauk berukuran sangat kecil. Selain itu, penyajian makanan di penjara juga terlihat sangat berantakan dan kurang higienis.

Liputan6.com, Jakarta - Unggahan seseorang yang mengaku sebagai narapidana alias napi sedang viral di media sosial. Sang napi mengeluh soal jatah makanan yang mereka terima di dalam penjara. Keluhan tersebut disampaikan melalui akun TikTok @rizky_syahputra82.

Di akun yang tampaknya anonim tersebut, hanya ada sebuah unggahan berisi enam foto yang memperlihatkan makanan ketika di dalam penjara. Menu makanan tersebut berupa nasi, ikan asin, sayuran, dan sebutir telur rebus.

Dari total enam sekat tempat makan yang tersedia, hanya dua atau tiga yang terisi nasi dan lauk yang ukurannya sangat kecil. Selain itu, penyajiannya juga terlihat sangat berantakan dan kurang higienis.

Pemilik akun itu menilai makanan tersebut tidak layak konsumsi. Ia bahkan menyebut bahwa makanan tersebut tidak manusiawi.

"Wahai petinggi, di atas segalanya, kami tidak minta makanan yang mewah, tapi manusia kan lah kami sebagai warga binaan di penjara, kami memang orang-orang bersalah, tapi tidak lantas diperlakukan seperti binatang di dalam penjara, yang diberi makan tidak layak," tulisnya.

"Mohon maaf, diberi ke kucing pun belum tentu kucing itu mau makan, bagi yang berduit, bisa untuk beli sambal sebagai tambahan untuk makan, tapi bagi yang gak berduit, kami mau ngomong apa?” ungkap pemilik akun tersebut.

Sang napi meminta belas kasihan para staf dan pihak berwajib yang bertugas di penjara. Ia mengaku bukan mau diberi makanan mewah, melainkan meminta makanan yang layak konsumsi agar mereka bisa bertahan hidup dalam kondisi sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin Makanan yang Layak

"Kasiani lah kami sebagai warga binaan di penjara, kami bukan mau dimanjakan, tapi mau sampe kapan begini trus, berikanlah kami makan yang layak untuk dimakan," ungkap akun TikTok @rizky_syahputra82 sembari menyematkan lagu Tanah Airku.

Akun tersebut juga menuduh bahwa makanan tersebut tidak layak karena uangnya telah dikorupsi. Narasi panjangnya ditutup dengan tagar yang ditujukan pada DPR, Presiden Joko Widodo, dan Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Jangan kalian korupsi, jatah makan kami setiap hari....makanan penjara#kemenkumham #DPR #jokowi #itjenkemenkumhamri #fyp #fypviral," tutupnya.

Unggahan itu dibagikan ulang di sejumlah akun media sosial, salah satunya akun Instagram @mood.jakarta pada Rabu, 3 Januari 2023. Membaca curhatan napi tersebut, banyak warganet meninggalkan beragam tanggapan di kolom komentar.

"Kalau dikasih makanan enak nanti orang gak akan kapok masuk penjara dong," komentar seorang warganet.

"Terlepas dari kesalahan mereka dan gimana mereka bisa ambil gambar ini, gak manusiawi dengan menu begini. Bagus nasi sayur sama tahu tempe daripada telur rebus busuk kaya gitu," tulis warganet yang lain.

"Sampe makanan penjara aja udh pasti di korupsi, hayooo buka2an budget makanan tahanan dipenjara, pasti anda tercengang 😂,” ujar warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Napi Bisa Main Ponsel?

Tidak sedikit juga warganet yang mempertanyakan bagaimana napi tersebut bisa mengambil gambar menu makanan di lapas dan membagikannya d media sosial, karena mereka dilarang membawa ponsel selama di lapas. "Cek aja lapas mana yg kasi ijin bawa hp,” kata warganet lainnya.

"Di lapas bisa ada HP dan sosmed ?👏” komentar warganet lain. Sampai berita ini ditulis, unggahan tentang makanan di penjara itu sudah dilihat lebih dari 1,1 juta kali, disukai lebih dari 18,9 ribu kali, dan mendapatkan lebih dari 2.820 komentar.

Hidup di balik jeruji besi tentu tak sama dengan dunia luar. Hal itu juga dirasakan artis dan komedian Reza Bukan yang pernah dipenjara pada 2018 lalu. Reza mengaku harus menyantap lauk yang amat sederhana.

Hal itu diketahui dari cerita Uya Kuya setelah menjenguk Reza Bukan bersama istrinya, Astrid Kuya, pada 2 Agustus 2018. Kondisi tersebut membuat ayah dua anak itu merasa iba.

"Makanan di penjara nasi cuma pakai tempe. Cuma saya tanya, mau dibawain apa, katanya nasi padang, dia bilang gitu," kata Uya di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, 3 Agustus 2018, dilansir dari laporan Tim Showbiz.

Situasi serupa juga dirasakan artis Medina Zein yang masih mendekam di penjara. Pada 2022 lalu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menjelaskan kondisi Medina sehari setelah mendekam di penjara. "Sehat lah, sehat," ujar Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, 8 Juli 2022.

Tak ada perlakuan spesial untuk Medina selama mendekam di penjara. Bahkan, menu makanan yang disantapnya sama seperti tahanan lain. "Ya nasi putih biasa, pakai telur, tempe, sayur," ungkap Zulpan.

 

4 dari 4 halaman

Menu Makanan di Penjara Jepang

Namun, pemandangan berbeda datang dari penjara di Jepang. Jumlah tahanan yang sangat rendah dinilai bisa membantu meningkatkan kualitas makanan di dalam lapas. 

Melansir Food Republic, para tahanan di penjara Jepang akan dihidangkan nasi dicampur gandum setiap harinya. Tidak lupa, ada pula sayuran rendah lemak, ikan sebagai lauk utama, dan miso sup sebagai pelengkap.

Publik bahkan bisa menikmati makanan ala para tahanan di penjara Abashiri yang terletak di Hokaido. Di penjara tersebut, mereka bisa menikmati makanan yang sama persis dengan makanan yang dihidangkan pada para tahanan.

Jenis makanan pada penjara ini terbagi menjadi dua, yaitu set A dan B.

Makanan set A:

Nasi direbus dengan barley

Ikan goreng (makarel)

Lobak yang diiris tipis

Salad mi 'Harusame'

Sup miso

 

Makanan set B:

Nasi direbus dengan barley

Ikan goreng (Atka makarel)

Ubi Cina

Hidangan goreng dengan sayuran Jepang

Sup miso

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini