Sukses

Foto Resmi Perdana RM dan V BTS Berseragam Militer Bikin ARMY Emosional

RM dan V BTS masuk ke kamp pelatihan militer di hari yang sama, yakni pada 11 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Penantian ARMY, sebutan penggemar BTS, menunggu grup itu berkumpul dalam formasi lengkap telah secara resmi dimulai ketika Jimin dan Jungkook pergi wajib militer (wamil) pada 12 Desember 2023. Di tengah gempuran penampilan akhir tahun oleh idol K-pop lain, ARMY setidaknya mendapat penghiburan karena RM dan V BTS muncul di foto resmi militer pertama mereka.

Keduanya, yang pergi wamil pada 11 Desember 2023, ada dalam foto grup di antara angkatan tentara baru di Nonsan, lapor PinkVilla, dikutip Jumat (29/11/2023). Potret ini telah tersebar luas di jagat maya, namun sumber utamanya diyakini dari salah satu aplikasi militer Korea, The Camp.

Menurut Koreaboo, platform itu berfungsi sebagai cara bagi para penggemar mengetahui "kabar" idola favorit mereka selama wajib militer. Baru-baru ini, perubahan yang dipengaruhi BTS membuat perbedaan dalam cara penggemar berinteraksi melalui aplikasi.

The Camp sebelumnya menampilkan daftar "prajurit bintang." Tapi baru-baru ini, pihaknya telah menghapus para idola dari agensi besar dari daftar karena masalah hak kekayaan intelektual. 

Meski banyak yang merasa lega dengan hal ini, terutama mengingat ada rencana untuk memonetisasi akses penggemar, beberapa orang bertanya-tanya apakah mereka masih akan mendapatkan kabar terbaru dari para idol yang memenuhi dinas milter mereka. Perubahan ini tampaknya tidak menghilangkan semua gambar, karena foto baru dari The Camp menunjukkan V dan RM BTS berpose bersama tentara baru lainnya, sambung publikasi itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fans Emosional

Foto RM dan V telah memicu kegembiraan di kalangan ARMY. Tidak sedikit juga yang mengaku emosional melihat keduanya dalam keadaan baik dan tampak sehat. "Jaga kesehatan kalian. Kami akan selalu di sini, menunggu waktu kita bisa bersatu secara utuh," kata seorang penggemar di X, dulunya Twitter.

Saat penggemar mengungkap kebahagiaan mereka melihat RM dan V di foto, ada juga rasa kagum atas komitmen personel grup itu. RM akan bertugas sebagai tentara, sementara V telah melamar sebagai pasukan elit, yang mencerminkan pilihan individu mereka dalam dinas militer.

Kemiripan yang mencolok antara V dan ayahnya dalam foto pun tidak luput dari perhatian para penggemar. Selain itu, lencana tambahan pada seragam V yang menunjukkan bahwa ia adalah pemimpin peleton membuat para penggemar bangga.

"Didikan Dalbang (program reality show BTS, Run BTS) jadi pemimpin peleton," sebut salah satu ARMY. Sebelum ini, ARMY sebenarnya sudah mengungkap kegembiraan saat melihat sekilas Jimin dan Jungkook berlatih militer.

3 dari 4 halaman

Tentara Pendamping

Sebagaimana diketahui, Jimin dan Jungkook mendaftar sebagai "tentara pendamping." Melansir Koreaboo, 12 Desember 2023, konsep "tentara pendamping" berarti dua personel maknae line BTS ini akan dikirim ke pusat pelatihan dasar yang sama.

Setelahnya, mereka akan dikirim ke unit tempat tinggal yang sama di pangkalan dan dipulangkan di waktu bersamaan pula. Meski sebagian besar kriterianya sama dengan pendaftaran dinas militer pada umumnya, ada beberapa kriteria khusus untuk layanan semacam ini. Seiring tes dasar kebugaran, sebuah aplikasi harus dibuat.

Salah satu aturan terpentingnya adalah mereka yang melamar jadi "tentara pendamping" tidak dapat melamar ke cabang militer lain, termasuk Angkatan Laut, Angkatan Udara, atau dinas alternatif. Ada juga pendirian tegas tentang bagaimana mereka menentukan hubungan dekat.

Meski hal-hal seperti keluarga dan teman sekolah diterima, permohonan dapat ditolak jika ternyata hal tersebut dilakukan karena alasan lain. Tidak seperti cabang militer lain, pengajuan pendaftaran "pendamping" tidak memerlukan wawancara apapun.

Kendati demikian, pendaftaran "tentara pendamping" yang dipilih Jimin dan Jungkook BTS memerlukan permohonan lain, dan hasilnya dipilih melalui sistem undian, dengan setiap pemohon harus mengajukan permohonan secara terpisah.

4 dari 4 halaman

Jin Selesai Wamil Tahun Depan

Dinas militer untuk BTS dimulai dengan pendaftaran Jin pada Desember 2022, diikuti J-Hope pada April 2023 dan Suga memulai wajib militer alternatif pada September 2023. Disusul RM dan V pada 11 Desember 2023, serta terakhir, Jimin dan Jungkook pada 2025.

Mereka diperkirakan akan reuni dengan personel lengkap pada Juni 2025 setelah Suga menyelesaikan wajib militer alternatifnya. Di sisi lain, Jin akan jadi personel pertama BTS yang menyelesaikan wajib militernya pada Juni 2024.

Menurut Sports Keeda, outlet media Korea Selatan Daishin Securities mengungkap pada Kamis, 28 Desember 2023, bahwa Jin akan merilis album solo pertamanya pada 2024. Sebelum wamil, ia baru merilis single solo berjudul The Astronaut.

Publikasi itu juga berspekulasi bahwa selain perilisan album solo Jin, mungkin ada dua proyek solo lain dari personel BTS pada tahun depan. Kabar ini tentu disambut penuh semangat oleh ARMY, meski, perlu dicatat bahwa baik BigHit Entertainment maupun HYBE Labels belum memberi konfirmasi resmi terkait kabar tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini