Sukses

Tips Hemat Traveling Ramai-Ramai di Masa Libur Nataru

Ada banyak hal yang bisa dilakukan beramai-ramai dengan orang-orang tercinta di libur nataru, salah satunya adalah traveling.

Liputan6.com, Jakarta - Libur nataru (natal dan tahun baru) telah tiba. Libur Nataru menjadi momen yang sangat dinanti-nanti. Kini, kedamaian natal dan suasana seru tahun baru tengah menyelimuti kita semua. Beragam pertemuan hangat dengan sanak saudara, keluarga, dan teman lama akan menjadi agenda. Libur Nataru harus diisi dengan kegiatan yang seru dan memorable. Ada banyak hal yang bisa dilakukan beramai-ramai dengan orang-orang tercinta, salah satunya adalah traveling!

Namun, ada yang perlu diperhatikan sebelum traveling ramai-ramai, yakni bujet, karena pengeluaran yang dilakukan secara grup pasti nominalnya akan jauh lebih besar. Makanya, perencanaan bujet sangat penting. Tujuannya supaya pembayaran selama traveling kali ini bisa adil dan merata bagi semua peserta trip yang ikut. Berikut lima tips agar bisa hemat biaya saat traveling ramai-ramai!

1. Sewa Vila atau Homestay

Sebaiknya, kamu dan rombongan tidak memilih hotel sebagai penginapan, karena tarifnya pasti lebih mahal. Mayoritas hotel juga membatasi ketentuan sharing kamar. Nah, lebih baik kalian menyewa sebuah vila atau homestay. Fasilitasnya mungkin tidak selengkap dan semewah hotel, namun hal ini pasti akan sangat menekan budget.

2. Transportasi Murah

Traveling sebagai grup tidak hanya mengurangi biaya penginapan, tetapi juga bisa menghemat biaya transportasi. Salah satu tips hemat adalah menggunakan moda transportasi yang bisa disewa secara rombongan, seperti menyewa mobil bersama daripada menggunakan kendaraan masing-masing dan terpisah.

Sejumlah moda transportasi juga memberikan diskon tarif untuk perjalanan grup. Jadi, coba cari informasi mengenai paket perjalanan rombongan yang mungkin lebih ekonomis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Terbang di Luar Peak Season

Kalau destinasinya jauh dan perlu naik pesawat, hindari penerbangan selama musim puncak liburan (peak season) dan pilih terbang pada Senin atau Selasa untuk mendapatkan harga lebih murah. Sebaiknya, rencanakan liburan bersama teman-teman jauh-jauh hari agar setiap anggota grup dapat menyisihkan waktu di hari tersebut.

4. Membawa atau Membuat Makanan Sendiri

Membawa makanan sendiri merupakan cara terbaik untuk meminimalkan biaya saat bepergian bersama rombongan. Apalagi jika kamu menyewa vila atau homestay yang memiliki fasilitas dapur, hal ini akan menjadi sangat mudah. Kamu dan rombongan bisa membawa makanan yang tidak mudah basi dan menghangatkannya di sana, atau kalian bisa membeli bahan makanan saja, kemudian masak bersama untuk menambah kedekatan.

5. Membuat Anggaran Grup

Membuat anggaran saat traveling ramai-ramai memiliki peran paling penting dalam menjaga kestabilan keuangan dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih terorganisir dan menyenangkan. Agar tidak repot, sebaiknya budget liburan disimpan di e-wallet agar riwayat transaksi pemasukan dan pengeluaran bisa tersimpan dengan rapi dan detail. Kamu bisa andalkan Dipay untuk hal ini, karena Dipay dapat mencatat riwayat transaksimu secara lengkap hingga satu tahun ke belakang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.