Sukses

Sederet Gaya Rambut yang Sedang Hits di TikTok, Bisa Jadi Inspirasi Jelang Tahun Baru 2024

Potongan ala Kate Middleton jadi salah satu gaya rambut yang sedang hits di TikTok.

Liputan6.com, Jakarta - Ada saja tren kecantikan hits di TikTok dari waktu ke waktu. Sementara sebaran topiknya cukup luas, gaya rambut jadi salah satu yang hampir selalu mudah disontek. Merujuk pada angka penayangannya, yang mana beberapa sampai mencatat miliaran views, ada sejumlah gaya rambut populer.

Di antara banyak, Vogue merangkumnya jadi lima potongan rambut paling viral di TikTok, dikutip dari situs webnya, Senin, 11 Desember 2023. Apakah ada favorit Anda dalam daftar atau ada yang akan Anda coba sebagai penampilan baru di tahun 2024?

1. Gaya Rambut 90-an (1,4 miliar penayangan)

Potongan yang bagus untuk banyak bentuk wajah, gaya rambut tahun 90-an sangat populer di TikTok. Secara khusus, gaya rambut yang dimaksud mengacu pada "poni tirai" gaya Farrah Fawcett dan banyak lapisan. Sebagai referensi, gaya rambut ini tidak jauh berbeda dengan penampilan Kate Middleton saat ini.

2. Gaya Rambut Perempuan Prancis (1 miliar penayangan)

Entah mengacu pada gaya bob Prancis atau rambut panjang dengan poni yang terinspirasi Jane Birkin, kunci gaya rambut perempuan Prancis adalah memastikan rambut Anda selalu sedikit acak-acakan, namun tetap presentable.

3. Gaya Rambut Kupu-Kupu (1,8 miliar penayangan)

Potongan rambut kupu-kupu adalah gaya ultra-layered yang menonjolkan pembingkaian wajah layaknya bentuk sayap kupu-kupu. Gaya rambut ini dinilai sebagai potongan lain yang cocok untuk sebagian besar bentuk wajah.

4. Kepang Fulani (19,7 juta penayangan)

Salah satu gaya rambut kepang terpopuler di TikTok saat ini adalah kepang Fulani. Visualnya menampilkan jalinan cornrows di tengah kepala, serta beberapa di arah berlawanan. Rihanna dan Solange Knowles merupakan dua penggemar penampilan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5. U-cut

Bagi siapa pun yang ingin mendapatkan siluet cantik dan menambahkan gerakan pada rambutnya, U-cut adalah pilihan yang bagus. Saat rambut jatuh ke belakang bahu, gayanya menampilkan kurva berbentuk U, sesuai namanya. Tampilannya halus, namun langsung menambah ilusi volume pada rambut.

Melampaui semata gaya, perawatan rambut juga jadi bahasan populer. Pada 2023, ada produk untuk hampir semua permasalahan rambut, dan tren ini diprediksi akan berlanjut tahun depan. Menurut Allure, fokus utama pada 2024 adalah mengatasi akar dari semua masalah rambut dan kulit kepala.

Diprediksi bahwa hampir setiap pengembangan dalam kategori perawatan rambut akan ditujukan untuk mencapai rambut yang lebih kuat, sehat, dan berkilau. Secara khusus, 2024 adalah tentang munculnya perawatan yang menargetkan berbagai jenis kulit kepala dan penyakit kulit di kulit kepala.

Ke depan, para ahli melihat kategori kulit kepala mengikuti tren yang sama seperti yang terjadi dalam perawatan kulit selama lima tahun terakhir. "Anda akan dapat mencari sesuatu yang mengandung bahan tertentu, seperti BHA atau asam salisilat, atau pengobatan untuk masalah yang sangat spesifik," sebut Helen Reavey, penata rambut, sekaligus ahli trikologi.

3 dari 4 halaman

Jangan Berlebihan

Di tengah tren, para ahli dermatologi mengingatkan untuk tidak berlebihan merawat kulit kepala. "Anda harus mendengarkan kulit kepala Anda, sama seperti Anda mendengarkan kulit Anda," kata Uchenna Okereke, MD, dokter kulit bersertifikat di Boston.

Ia menyambung, "Jika Anda menggunakan pembersih eksfoliasi lima hari seminggu, tapi kulit kepala Anda tidak menyukainya karena jadi kering, gatal, atau teriritasi, Anda perlu mengurangi frekuensinya."

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan: jaga kebersihan kulit kepala. "Keramaslah saat rambut mulai terasa berminyak, karena minyak tersebut dapat jadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri," jelas Neil Sadick, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City dan profesor klinis dermatologi di Perguruan Tinggi Kedokteran Weill Cornell.

Keramas secara teratur adalah kunci menghilangkan penumpukan, sementara Dr. Okereke merekomendasikan menambahkan sampo penjernih ke dalam rutinitas perawatan, sekali atau dua kali sebulan. Jika khawatir atau memiliki kondisi kulit kepala yang sangat spesifik, penting menemui dokter kulit yang berspesialisasi dalam kesehatan kulit kepala dan rambut rontok.

4 dari 4 halaman

Rambut Berkilau

Dengan kesehatan rambut sebagai prioritas utama konsumen pada 2024, tidak mengherankan jika produk peningkat kilau bakal semakin dicari. Merek-merek meningkatkan peluncuran produk yang membantu konsumen mendapatkan rambut lebih lembut dan berkilau, baik itu produk yang dipakai saat mandi, penghambat kelembapan yang melindungi helai rambut, penata rambut yang meningkatkan kilau, atau alat panas yang mengurangi kerusakan.

Panthenol adalah bahan utama yang harus Anda cari dalam produk yang menjanjikan rambut tampak lebih berkilau. "Panethnol selalu memberi manfaat luar biasa untuk rambut," jelas ahli kimia kosmetik George. "Ada data yang menunjukkan bahwa panthenol menembus rambut, bisa membentuk kondisi, seperti kelembutan dan meningkatkan persepsi kelembapan pada rambut."

Meski kilau disebabkan helai rambut yang lebih lembut dan terhidrasi, atribut utama panthenol bukanlah untuk menambah kilau. Dalam produk, itu adalah fenil trimetikon, yang merupakan "standar emas" produk kilap karena tidak menumpuk di rambut dan mudah dibersihkan, kata George.

Jika ingin menghindari silikon, ia merekomendasikan untuk mencari alkana kelapa dan squalane.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.