Sukses

Saat 4 Atlet Indonesia Jajal Sepatu Lari Buatan Lokal di Lomba Lari Bergengsi 4 Negara

Sepatu lari buatan lokal perlu diapresiasi, terutama yang menggunakan fitur-fitur berteknologi mumpuni.

Liputan6.com, Jakarta - Makin banyak brand lokal yang unjuk gigi, termasuk brand sepatu olahraga Ortuseight yang baru saja meluncurkan seri terbaru Ortuseightrunning, Ortuseight Hypersonic 1.3. Sepatu tersebut kemudian diuji coba oleh empat atlet lari Indonesia di ajang lomba lari di luar negeri.

Mengutip akun Instagram @ortuseightrunning, sepatu lari hasil upgrade dari seri sebelumnya itu dijajal oleh Andy Wibowo di PTO Asian Open Singapore 2023 dan Iron Man World Championship 2023. Sementara, pelari asal Pangalengan, Kabupaten Bandung, Tazi Ahmad Dhani menjajal sepatu itu di ajang Berlin Marathon pada akhir September 2023 lalu.

Sepatu lari itu juga dikenakan Hendri Pardede saat menjajal lintasan trek Chicago Marathon pada awal Oktober 2023. Terakhir, Maya Djatirman mencoba sepatu itu saat mengikuti Ironman World Championship Women’s Race di Kailua-Kona, Hawaii, Oktober 2023. setelah melewati uji coba yang cukup panjang, sepatu itu akhirnya diluncurkan di event Urban Sneaker Society pada awal November 2023.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, sepatu lari tersebut memiliki sejumlah fitur yang membuat pelari makin nyaman. Salah satunya penggunaan material single layer ultra-breathable mesh di sisi upper yang memberikan kenyamanan bernapas dan sensasi gerak lebih ringan.

Mesh yang ringan dan berlubang  direkomendasikan saat berlari dengan suhu panas atau situasi dengan kelembaban tinggi. Material ini juga memiliki drainase kelembaban yang sangat baik untuk evaporasi keringat pelari. Ortuseight Hypersonic 1.3 juga untuk pertama kalinya memperkenalkan penggunaan heel pad yang membuat bantalannya terasa lebih optimal, new serrated shoelace, serta teknologi kinetic blade carbon plate.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur Pelengkap

"Ironclad running shoes atau sepatu lari berlapis karbon dirancang khusus secara teknis untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan kecepatan lari. Pelat karbon mampu membantu mendorong struktur lenting kaki pelari sehingga pelari dapat berlari dengan terasa lebih efisien," imbuh keterangan tersebut.

Selain fitur carbon plate, sepatu tersebut juga memiliki fitur CumulusFoam dan StratusFoam. CumulusFoam adalah midsole berbahan Injection Phylon yang diklaim sangat empuk sekaligus ringan. Fungsinya untuk meredam benturan kaki ke permukaan tanah sehingga mencegah pelari mengalami cedera lutut. Sementara, StratusFoam adalah teknologi lapisan midsole berbahan Compression Phylon yang lebih ringan dari bahan Phylon biasa. 

Fitur khas Ortuseight lain di antaranya adalah Ort-Shox. Teknologi ini ada pada insole yang didesain mengikuti kontur telapak kaki, sehingga kaki mampu menapak  nyaman di bantalan yang empuk namun tetap responsif. Ada pula QuickFit, yaitu material pelapis dalam upper sepatu yang lembut agar fitting sepatu pas dan langsung mengikuti bentuk kaki.

Terdapat pula injeksi OrtStrap, yakni teknologi khusus pada sepatu Ortuseightrunning dalam bentuk lapisan bahan PU ultra-tipis pada area dalam sepatu. Teknologi ini berguna untuk memeluk kaki dan mencegah bagian upper sepatu kendor ketika digunakan berlari. Harga seri ini dibanderol Rp1.199.000 dan dapat dibeli secara online di toko online resmi Ortuseight atau website mereka.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lari Pagi

Makin banyak masyarakat Indonesia yang merutinkan lari. Lari pagi terutama memiliki segudang manfaat kesehatan, terutama karena itu adalah waktu terbaik untuk mendapatkan udara yang berkualitas. Berikut adalah beberapa manfaat lari pagi setiap hari yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin, 25 November 2019.

Kualitas Tidur Lebih Baik

Mampu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik merupakan salah satu manfaat lari pagi setiap hari yang belum banyak diketahui. Pada jurnal Vascular Health and Risk Management, para peneliti menemukan bahwa olahraga pagi lebih berkontribusi lebih banyak untuk memberikan tidur nyenyak, dibandingkan olahraga di sore dan malam hari. Studi lain yang diterbitkan dalam Sleep Medicine edisi 2017, menunjukkan bahwa olahraga pagi hari sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur bagi orang-orang yang kesulitan tidur.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Olahraga setiap hari dikenal mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Namun, pada studi Vaskular Kesehatan dan Manajemen Risiko menunjukkan manfaat lari pagi setiap hari jauh lebih baik. Lari pagi mampu menurunkan lebih besar tekanan darah diastolic pada malam hari untuk sekelompok subjek pra-hipertensi, mengurangi tekanan kardiovaskular.

Jaga Kesehatan Jantung

Olahraga lari akan membuat otot-otot kaki bekerja dan meningkatkan fungsinya. Tak hanya itu, jantung juga akan bekerja dalam memompa darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otot-otot yang digunakan untuk berlari. Apabila lari pagi dilakukan setiap hari, jantung akan terlatih untuk terus bekerja dengan baik sehingga membuat kondisi jantung semakin sehat dibanding jantung yang tidak terlatih. Endapan kolesterol pada pembuluh darah jantung juga bisa berkurang dengan berlari pagi secara rutin sehingga risiko penyakit jantung bisa menurun.

4 dari 4 halaman

Jaga Kesehatan Paru-Paru

Di pagi hari, kondisi udara masih sangat bersih dengan kandungan oksigen tertinggi. Terlebih saat kamu berlari, tubuh akan membutuhkan lebih banyak oksigen dengan cara meningkatkan frekuensi napas dan terhiruplah lebih banyak udara kaya oksigen ke dalam paru-paru.

Karena paru-paru sehat, saluran pernapasan lainnya juga akan menjadi lebih sehat. Terlebih untuk kamu yang memiliki masalah atau penyakit saluran napas seperti asma, bronchitis, dan lain sebagainya.

Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Otot 

Otot merupakan bagian tubuh yang apabila semakin dipacu dengan taraf tertentu akan semakin meningkatkan kemampuannya. Ketika otot-otot kaki digunakan untuk berlari, otot akan ikut beradaptasi. Otot akan membentuk massa yang lebih padat, lebih banyak menyimpan cadangan energi, dan akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Selain massa otot menjadi lebih padat dan kuat, manfaat lari pagi setiap hari juga akan membuat otot tidak mudah sakit.

Mengatasi Sembelit

Lari pagi yang dilakukan secara rutin juga bermanfaat untuk sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan otot-otot yang bergerak saat berlari mampu menggerakkan otot-otot bagian perut dan memacu pergerakan usus. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lari mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan berlari juga dapat memicu pertumbuhan sel-sel pertahanan tubuh. Pembentukan sel-sel imun tersebut sangat baik dalam membantu tubuh menangkal virus, bakteri, parasit, jamur, dan sebagainya yang membuat seseorang mudah sakit. Dengan membiasakan lari pagi, tubuh menjadi semakin kuat dan tidak mudah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.