Sukses

Turis Asing di Bali Terbang dari Motor Sampai Tersungkur ke Tanah, Warganet: Kasihan Motornya

Turis asing di Bali kembali berubah ketika naik sepeda motor di jalan raya. Hal ini terlihat dari sebuah video yang diunggah desainer sepatu dan aktivis sosial Bali, Niluh Djelantik pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Turis asing di Bali kembali berubah ketika naik sepeda motor di jalan raya. Hal ini terlihat dari sebuah video yang diunggah desainer sepatu dan aktivis sosial Bali, Niluh Djelantik pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Niluh membagikan video singkat itu melalui akun Instagram pribadinya yang terverifikasi @niluhdjelantik. Dalam video yang berlokasi di Canggu itu, turis asing yang mengenakan celana pendek dan jaket tersebut tampak ngebut dan berupaya untuk menyalip sebuah mobil dari sisi kiri.

Saking kencang laju sepeda motor yang dikendarainya sampai membuat turis itu terbang dari motor. Karena posisi motor tak stabil dan dirinya kehilangan keseimbangan, alhasil turis pria tersebut tersungkur ke tanah tepat di depan sebuah convenience store.

Bila dilihat dalam video, turis itu menghantam keras sisi tepi jalan hingga dirinya terguling. Ketika mendarat, ia pun segera berdiri dan mendekat ke arah motor.

"URGENT AND IMPORTANT.Kepada seluruh rental motor kesayangan Mbok Niluh di Bali, pastikan semua penyewa punya SIM dan bila perlu tes dulu. Menghindari kejadian serupa terulang kembali 🙏," tulis Niluh dalam kolom keterangan unggahan.

Belum diketahui sosok turis asing yang berulah tersebut. Namun, video yang disukai lebih dari 207 ribu kali itu segeramencuri atensi warganet. Mereka menuliskan beragam tanggapan di kolom komentar.

"Kasian motor dan pemilik motor sebenarnya 😢😢😢," bunyi salah satu komentar.

Tanggapan lainnya tertulis, "Semoga motornya baik2 aja."

"Kasian motornya, gara2 orang ugal2an jadi lecet kan motornya 😌," tulis seorang warganet.

"Kasian motornya," tambah lainnya.

Respons warganet lain berbunyi, "dia lupa harus menyalip lewat kanan ...😂."

"Kasiaaaaaaaannn...... Motornya 😎," ungkap warganet.

"Haduhh kasian motornya.." komentar warganet lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turis Asing di Bali Sewa Motor Hingga Tabrak Mobil

Pada awal September 2023, pria turis asing yang mengendarai sepeda motor tampak menabrak mobil dan videonya viral di media sosial. Dilansir dari akun Instagram @mood.jakarta, Rabu, 6 September 2023, pria itu disebut belum lancar mengendarai motor, tapi tetap nekat untuk menyewa kendaraan. Ia bahkan tidak memakai helm.

Namun, banyak pula warganet yang menduga bahwa pria tersebut sedang dalam pengaruh minuman beralkohol. Dalam unggahan akun tersebut, ketika hendak jalan, wisatawan mancanegara itu awalnya hampir terjatuh ketika baru keluar dari tempat rental.

Kemudian setelah jalan lagi, pria itu hampir menabrak mobil yang sedang melintas dan akhirnya menabrak mobil taksi yang sedang parkir. Tanpa merasa bersalah, turis asing itu langsung tancap gas lagi sambil sempoyongan meskipun sudah diteriaki oleh orang-orang sekitar.

Orang-orang terlihat berkerumun di sekitar mobil tersebut, tapi kejadian selanjutnya tidak direkam lagi. Diketahui kejadian tersebut terjadi di salah satu daerah yang berada di Bali, tapi belum diketahui lokasi pastinya.

3 dari 4 halaman

Diduga Duduk Berhadapan Saat Naik Motor

Kasus berbeda terlihat dalam sebuah rekaman yang viral di media sosial pada Februari 2023. Dua orang terlihat berpelukan berhadapan saat naik motor. Dibagikan akun Instagram @moscow_cabang_bali, keterangan unggahannya tertulis, "This could be us, but you use vario."

Selain duduk berhadapan, pasangan orang asing ini juga tidak memakai helm. Aksi mereka kemudian mendapat kritik keras dari sejumlah warganet. Salah satunya menulis, "Ini kebanyakan ikut kelas yang kerauhan-rauhan itu, gini dah hasilnya."

Ada juga yang berkomentar, "These people make all Western People look like animals. They would never dare to do this in their home country. (Orang-orang ini membuat orang Barat terlihat seperti binatang. Mereka tidak akan pernah berani melakukan ini di negara asalnya)."

"Kelakuan WNA yang semakin tidak terkontrol. Pelanggaran demi pelanggaran mereka lakukan di negara kita," tulis warganet lain. Beberapa pengguna Instagram juga tampak menandai akun Niluh Djelantik yang memang dikenal vokal akan ragam isu, terutama di Pulau Dewata.

4 dari 4 halaman

Naik Sepeda Motor di Pantai

Kegeraman warganet bisa dipahami, mengingat ini bukan kali pertama orang asing, terutama wisatawan mancanegara, berulah di Bali. Sebelum ini, akun Tiktok @anastasia_humann berbagi video yang menggambarkan ia dan seorang teman pria mengendarai sepeda motor ke arah ombak menggulung di salah satu pantai di Bali.

Tanpa menyebut lokasi pantai tersebut. Anastasia, yang diduga sebagai turis asal Rusia, mengunggah video berdurasi lima detik tersebut. Ia menulis, "Accidentally got wet in the Ocean (Tanpa sengaja kami basah-basahandi laut)," disertai peringatan bahwa tindakan yang mereka lakukan berbahaya.

Di halaman Instagram-nya, Anastasia menggambarkan dirinya sebagai seorang pemilik bisnis dekorasi rumah sekaligus guru yoga. Video Tiktok miliknya umumnya berisi tips perjalanan wisata di Pulau Bali. Unggahan naik motor di pinggir pantai mendapat respons kurang baik dari warganet.

Salah satunya mengingatkan bahwa yang dilakukan Anastasia sangat merugikan pemilik kendaraan yang ia sewa. "Siapa pun yang menyewakan sepeda motor ke Amanova pasti akan menangis karena kendaraannya rusak akibat korosi air laut," tulis salah seorang warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini