Sukses

Santapan Ganjar Pranowo Sebelum dan Sesudah Tes Kesehatan: Mi Ayam, Jamu dan Pecel

Sehari sebelum jalani tes kesehatan untuk syarat pendataran Pilpres 2024, Ganjar Pranowo makan siang di sebuah kedai mi ayam di Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bakal Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan bakal calon wakil presiden atau bakal cawapres Mahfud MD menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Sehari sebelum menjalani tes kesehatan yang mewajibkan keduanya berpuasa, Ganjar Pranowo menyempatkan diri untuk makan siang di kawasan Jakarta Selatan. Ia mengisi akhir pekannnya bersama istri dan anaknya ke sebuah tempat nongkrong anak muda yang juga kedia Mi Ayam Bakmielenial di Jalan Raya Nipah Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 21 Oktober 2023,

Ganjar beserta istri dan anaknya sudah tiba terlihat berbincang dengan para pengunjung di tempat makan anak muda tersebut.Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram pribadinya pada Sabtu, 21 Oktober 2023. "Maksi nyantai di @bakmielenial.idn bareng Bunda @atikoh.s dan @alamganjar . Dapat bonus pijatan istimewa dari anak muda berkaus merah,” tulis Ganjar dalam keterangan unggahannya.

Saat akan menyantap mi, mantan Gubernur Jawa Tengah ini memang terlihat sedang dipijat bagian bahunya oleh seorang bocah berkaus merah. Di kedai tersebut, Ganjar juga sempat masuk ke area dapur tempat pembuatan mi. Dia terlihat mengolah sendiri mie yang ingin dia santap.

Sementara saat usia menjalani pemeriksaan kesehatan bersama Mahfud Md pada Minggu, 22 Oktober 2023, Ganjar meminum jamu dan menyantap pecel bersama di Media Center TPN Ganjar Presiden, kawasan Menteng, Jakarta, Minggu sore.

Mahfud Md yang mengenakan batik berwarna dominan hijau tiba pukul 16.30 WIB. Sedangkan Ganjar yang menggunakan kemeja hijau dan jaket cokelat tiba sekitar 30 menit kemudian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minum Jamu Usai Tes Kesehatan

Mereka kemudian menyantap hidangan tersebut bersama Ketua TPN Ganjar Presiden Arsjad Rasjid dan Wakil Ketua TPN Ganjar Presiden Andika Pratama sambil sesekali berbincang. Ganjar pun sempat menawari para wartawan untuk ikut makan. "Setop dahulu (merekam videonya). Ayo makan! Makan!" ujar dia dilansir dari Antara, Minggu, 22 Oktober 2023.

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md selesai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada sore hari. Pemeriksaan itu berlangsung selama kurang lebih 9 jam. Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya mengatakan pemeriksaan kesehatan tersebut selesai dilaksanakan oleh kedua pasangan calon pada pukul 16.15 WIB.

"Pada pukul 16.15 WIB semua rangkaian pemeriksaan sudah dilaksanakan untuk Bapak Ganjar Pranowo dan Bapak Mahfud Md.," terang Budi. Tes kesehatan tersebut merupakan bagian dari persyaratan yang harus dipenuhi bakal capres dan cawapres untuk maju pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ganjar mengatakan, proses pemeriksaan kesehatan berjalan dengan lancar. Pria 54 tahun itu menjalani bermacam-macam tes mulai dari pemeriksaan fisik, tes kejiwaan, tes darah serta tes jantung. Ganjar mengaku sempat bermandikan keringat takala diminta berlari dengan treadmill.

3 dari 4 halaman

Sempat Ingin Berlari ke Tempat Tes Kesehatan

"Saya kira semuanya berjalan dengan sangat lancar, tadi kita sempat berkeringat saja, karena treadmill," kata Ganjar dikutip dari kanal Pemilu Liputan6.com. Ia pun mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh tim dokter selama berada di RSPAD Gatot Soebroto.

"Saya menyampaikan rasa terimakasih sejak tadi pagi kita dilayani dan dibawa ke sana-kemari. Dari pagi sampai sore saya bersama Pak Mahfud. Alhamdulillah sudah selesai," ujar dia. Dalam kesempatan itu, Ganjar berharap hasil tes kesehatan bisa segera dikirimkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melengkapi seluruh syarat administrasi.

"Tentu saja mudah-mudahan nanti. Insya Allah hasilnya baik dan kita sudah melakukan sebuah proses pemeriksaan secara lengkap," ucap Ganjar.

Sebelumnya, Ganjar berencana berlari dari kediamannya ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Namun, niat itu diurungkan karena dilarang oleh tim dokter. "(Batal) kata dokter tidak disarankan olahraga," kata Ganjar kepada wartawan di kediamannya, Minggu, 22 Oktober 2023.

Ganjar mengatakan, tim dokter juga menyarankan agar berpuasa lebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD.Ganjar didampingi istrinya, Siti Atiqoh Supriyanti menumpangi mobil sebuah mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dengan nopol B 1573 DOE.

4 dari 4 halaman

Persiapan Mahfud Md Jelang Tes Kesehatan

Ia mengenakan kaus kerah warna putih. Wajahnya tampak gembira dan sempat bergaya bak atlet maraton saat menyapa awak media. Dia kemudian langsung masuk ke dalam untuk berganti pakaian yang digunakan dalam menjalani pemeriksaan kesehatan

Sementara itu Mahfud Md mengungkapkan tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi tes kesehatan "Oh persiapannya standar saja ya," kata Mahfud di kediamannya, Minggu (22/10/2033).

Mahfud mengaku berpuasa sejak tadi malam sampai sekarang sebagaimana rekomendasi dari tim dokter sebelum melakukan tes kesehatan. "Tadi malam diminta puasa sejak jam 8 dan jam 7 diharapkan sudah sampai di sana untuk memulai seluruh acara pemeriksaan kesehatan. Dan saya sudah siap," kata Mahfud.

"Saya juga sudah beristirahat cukup lah. Istirahatnya cukup," tambah Mahfud.  Mahfud menjelaskan, kondisi kesehatannya. Walaupun berusia 66 tahun, dia tidak pernah masuk rumah sakit dan selalu berpergian.

"Insyaallah sehat," ujar dia. Mahfud mengaku rutin melakukan medical check up. Kebetulan, ia mendapat jatah medical check up enam bulan sekali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini