Sukses

Gibran Rakabuming Raka Terima Putusan Golkar Diajukan Jadi Cawapres Prabowo, Pakai Kemeja Batik Solo yang Pernah Diboyong ke Paris

Gibran Rakabuming Raka mengandalkan tampilan daur ulang dengan memakai kemeja batik Solo ketika menerima hasil rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Golkar yang mengajukannya sebagai cawapres Prabowo Subianto di Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka mengandalkan tampilan daur ulang ketika menerima hasil rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Golkar yang mengajukannya sebagai cawapres Prabowo Subianto di Jakarta, Sabtu (21/10/2023). Sebagaimana terlihat, putra sulung Presiden Jokowi itu tampil rapi mengenakan kemeja batik Solo.

Atasan Gibran didominasi warna biru dongker, berhias motif batik klasik khas wilayah yang sekarang dipimpinnya. Menambah kesan formal, kemeja batik itu dipadukan dengan celana hitam panjang. Sebenarnya, ini bukan kali pertama Gibran mengenakan kemeja batik itu di acara publik.

Tahun lalu, busana yang dimaksud sudah lebih dulu dipakai Gibran saat menghadiri acara "Java in Paris" di Paris, Prancis. Saat itu, ia didampingi sang istri, Selvi Ananda, yang terlihat menawan sekaligus mencolok dengan gaun batik berwarna kuning.

Dalam sambutannya saat itu, menurut laporan kanal Global Liputan6.com per 9 Juni 2022, ia berkata, "Ini kesempatan kita, satu bulan penuh diberi kesempatan untuk men-display produk terbaik dari Kota Solo dan sekitarnya. Ini adalah momen yang sangat baik sekali lagi untuk memperlihatkan keanekaragaman kebudayaan kita."

"Saya berharap teman-teman UMKM yang sudah mendapat kesempatan untuk hadir pada acara hari ini dan satu bulan ke depan, bisa lebih meningkatkan lagi levelnya, menaikkelaskan produknya, memperbaiki packaging-nya, dan ini momen yang sangat baik sekali lagi untuk menembus pasar dunia," ujar Gibran Rakabuming Raka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apresiasi Gibran

Sementara di agenda terbaru, Gibran menyampaikan apresiasi pada Partai Golkar atas hasil rapimnas yang mengusung dirinya sebagai cawapres Prabowo. "Untuk selanjutnya akan kami koordinasikan, akan kami tindaklanjuti bersama pak Prabowo," kata dia, dilansir dari kanal Pemilu Liputan6.com, Sabtu.

Hasil rapimnas diserahkan langsung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada Gibran yang hadir di Kantor DPP Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023). Airlangga menjelaskan, keputusan Gibran untuk diusulkan jadi cawapres Prabowo telah disepakati pengurus DPP dan DPD Partai Golkar seluruh Indonesia.

"Kami berterima atas kehadiran mas Gibran. Tadi dalam rapat pleno pertama, sudah diputuskan Partai Golkar mendukung bakal calon presiden Bapak Prabowo Subianto dan bakal calon wakil presiden Mas Gibran Rakabuming Raka," kata Airlangga.

"Barusan kami sudah menyerahkan keputusan dari pada pleno Partai Golkar yang dihadiri seluruh pengurus DPP dan DPD seluruh Indonesia, diserahkan pada mas Gibran Rakabuming Raka," sambungnya. Prabowo Subianto pun angkat bicara usai Gibran diusung Partai Golkar jadi bakal cawapres pendampingnya di Pilpres 2024.

3 dari 4 halaman

Tanggapan Prabowo

Prabowo mengatakan, keputusan itu sangat luar biasa dan berjiwa besar. "Pembukaan Rapimnas di mana keputusan Golkar untuk mencalonkan saya di sini sebagai capres dan mas Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres, ini keputusan Golkar ya," kata Prabowo usai Rapimnas Golkar, Sabtu.

Prabowo menganggap Golkar berjiwa besar karena sebelumnya telah memutuskan mendorong Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden atau calon wakil presiden. Tapi, Golkar melepas kepentingan partai demi kepentingan yang lebih besar.

"Tentunya ini kehormatan, saya terima," sambungnya. Prabowo mengaku akan membawa usulan Partai Golkar ini ke pertemuan para Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM). "Karena KIM terdiri dari delapan partai: empat partai parlemen, empat non-parlemen, biasanya kita akan rapat, musyawarah, dan umumkan keputusan bersama," ujar Prabowo.

Prabowo pun meminta publik menunggu deklarasi bakal capres dan cawapres dari pihaknya karena "sewaktu-waktu bisa saja diumumkan," sebutnya. 

4 dari 4 halaman

Segara Deklarasi Bacawapres

Prabowo Subianto memastikan akan segera mendeklarasikan bakal calon wakil presiden pendampingnya di Pilpres 2024. Ia memang tidak mengatakan kapan pastinya, namun Ketua Umum Partai Gerindra ini menyebut akan mengumumkannya dalam waktu yang singkat.

"Dalam hari-hari terakhir ini kita harus selesaikan hal-hal yang strategis dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," kata Prabowo.  Ia pun mengaku akan segera menemui Presiden Jokowi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk mambahas lebih lanjut usulan Partai Golkar ini.

"Secepatnya," ucap Prabowo.

Di sisi lain, Gibran enggan lugas menjawab kabar dirinya akan bertemu Ketua Majelis Kehormatan Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Cikeas Jawa Barat, Sabtu (21/10/2023).

"Entar kalian (malah) nyusul," kata Gibran pada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Sabtu (21/10/2023). Ia malah berkelakar meminta agar awak media tidak ikut meliput ke Cikeas. "Enggak usah ya," candanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini