Sukses

Tips agar Balita Tak Rewel Selama Penerbangan Jarak Jauh

Saat melakukan perjalanan jarak jauh dengan balita, terkadang muncul rasa khawatir karena balita mungkin akan menjadi rewel selama penerbangan berlangsung, namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orangtua khawatir saat mengajak balita mereka rewel selama bepergian jarak jauh menggunakan pesawat. Kekhawatiran itu wajar mengingat penumpang pesawat lain juga ingin tetap nyaman selama perjalanan mereka. Tapi jangan khawatir, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Anda bisa menyontek tips yang dibagikan pengguna TikTok @bungaayu dalam video yang diunggahnya. Berikut adalah tips yang diuraikan dalam video tersebut.

1. Pastikan Barang Bawaan Tidak Merepotkan

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat merencanakan penerbangan bersama balita adalah memastikan barang bawaan selama perjalanan tidak merepotkan. Ia mencontohkan dirinya yang mengaku hanya membawa empat barang selama perjalanan dengan balita, yakni koper ukuran kabin, diaper bags, ear muff, dan gendongan. 

2. Pastikan Balita dalam Keadaan Kenyang

Tips ini sudah sering disampaikan, tetapi memang efektif. Ia menjelaskan bahwa penting untuk memastikan bahwa balita sudah kenyang saat dibawa masuk ke pesawat. Jika lapar, mereka sangat mudah rewel. Bunga juga membawa camilan kesukaan anaknya untuk berjaga-jaga saat si balita ingin makan.

3. Tentukan Waktu Penerbangan yang Tepat

Dalam video tersebut, ia juga mengungkapkan bahwa pemilihan waktu penerbangan juga akan menentukan suasana hati anak. Ia merekomendasikan untuk memilih jadwal penerbangan yang sama dengan waktu tidur anak. Dengan begitu, balita bisa mudah ditidurkan saat masuk ke pesawat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Taruh Koper di Bagasi Pesawat

Dengan meletakkan koper pada bagasi pesawat akan mempermudah mobilisasi di bandara. Sementara, membawa koper sambil menggendong anak dan antre menaiki tangga pesawat akan cukup merepotkan. Sembari menunggu giliran masuk, anak bisa diajak melihat-lihat pesawat untuk menghibur suasana hatinya.

5. Pilih Kursi yang Dekat dengan Jendela

Ia merekomendasikan untuk memilih kursi yang dekat dengan jendela. Hal tersebut dilakukan agar balita dapat melihat pemandangan melalui jendela dan tidak merasa bosan selama penerbangan berlangsung. Ia juga akan mengajak balita berbicara, bermain permainan seperti tebak-tebakan, dan bercerita tentang pesawat.

6. Pastikan Jam Makan Balita Teratur

Hal tersebut dapat mencegah balita rewel selama penerbangan berlangsung karena telah merasa kenyang.

7. Gunakan Troli Bayi selama di Bandara

Pihak bandara biasanya telah menyiapkan troli bayi sebagai fasilitas untuk mempermudah mobilisasi selama di bandara.

8. Ganti Popok Sebelum Penerbangan

Popok yang sudah diganti akan mencegah balita menjadi rewel akibat perasaan kurang nyaman dari popok yang telah terisi penuh.

 
3 dari 4 halaman

Google Hack untuk Mendapat Penerbangan Murah

Selain tips nyaman terbang bersama balita, tips pencarian tiket pesawat dengan harga termurah juga banyak dicari. Tips-tips untuk mendapatkan tiket perjalanan murah sudah sering bermunculan, dan yang terbaru Google hack untuk mendapat penerbangan murah tengah viral di TikTok.

Menurut news.com.au, dikutip dari NY Post, Selasa, 17 Oktober 2023, seorang travel influencer mengunggah klip tentang bagaimana ia menemukan Google hack yang kurang dikenal untuk menemukan penerbangan termurah ke mana pun di dunia.

"Apakah saya baru saja memecahkan kode cheat atau apakah semua orang mengetahuinya?" influencer Inggris yang menggunakan nama "Around the Atlas" bertanya pada para pengikutnya.

Selanjutnya, ia mengarahkan warganet membuka Google dan mencari "Google Flights." "Saat Anda masuk, ketikkan tujuan keberangkatan Anda," imbuhnya. Dalam kasusnya, ia terbang dari London.

Si influencer kemudian mengarahkan untuk mengetik "anywhere" di tempat yang menanyakan ke mana Anda akan terbang. "Biarkan tanggal keberangkatan dan kepulangan kosong dan klik jelajahi," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Tiket yang Murah Belum Tentu Nyaman

Sambil menyorot layar laptopnya, si pengguna TikTok dengan semangat mengungkit sederet destinasi dengan tiket pesawat termurah. "Apakah ada orang lain yang mengetahui hal ini karena saya merasa dunia sedang menjaga betapa gilanya hal ini," katanya.

"Jadi secara harfiah, ini memberi Anda penerbangan dengan harga yang 'konyol' (seperti) 26 pound sterling (sekitar Rp498 ribu) ke Barcelona (dari London) dan 54 pound sterling  (sekitar Rp1 juta) ke Budapest. "Bahkan, ada penerbangan jarak jauh ke AS, seperti 336 pound sterling (sekitar Rp6,4 juta) untuk terbang ke New York," sebut dia.

Si travel influencer menekankan bahwa Anda harus terbang di antara tanggal-tanggal tertentu, namun masih terkejut dengan betapa murahnya beberapa penerbangan, khususnya ke tujuan internasional. Ada warganet berkomentar bahwa meski tahu tentang Google Flights, ia tidak tahu tentang "hack terbang ke mana saja."

"Ternyata jika Anda mencari dalam mode incognito, harganya lebih murah lagi," tambah pengguna berbeda. Yang lain berkomentar, "Saya terbang dari London (ke) Köln seharga 10 dolar AS. Waktu terbaik untuk mencari penerbangan murah adalah Selasa atau Rabu sekitar tengah malam. Gunakan juga mode incognito!"

Namun, beberapa orang berpendapat bahwa meski murah, kondisinya tidak selalu nyaman. "Saya sangat senang memesan penerbangan ketika saya mengetahui hal ini. Tapi, itu (waktu penerbangan) adalah saat-saat terburuk (sering kali terbang pada pukul 00.10) dengan banyak transit," tulis seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.