Sukses

Kue Putu Masuk Daftar Kue Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

Beragam makanan dan kue khas Indonesia telah meraih popularitas di kancah dunia. Bahkan tak sedikit yang berhasil masuk daftar kue terbaik di dunia versi TasteAtlas, seperti kue putu.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam makanan dan kue khas Indonesia telah meraih popularitas di kancah dunia. Bahkan tak sedikit yang berhasil masuk daftar kue terbaik di dunia versi TasteAtlas, salah satunya kue putu.

Daftar tersebut dirilis dengan pembaruan pada Minggu, 15 Oktober 2023. Kue putu sendiri berhasil masuk 50 besar daftar itu dan menduduki posisi ke-28 dengan meraih poin 4,3 dari 5.

"Biasanya dijual di pedagang kaki lima, kue kukus ini diolah dari tepung ketan yang dibumbui dan diwarnai dengan daun pandan. Adonannya dikukus secara tradisional dalam tabung bambu, sedangkan bagian tengah kuenya diisi gula aren," demikian bunyi keterangan TasteAtlas.

Keterangan dilanjutkan dengan detail saat dikukus, kue ini biasanya ditaburi kelapa parut segar. "Kue putu dan variasi serupa dari makanan ringan berwarna hijau ini juga ditemukan di Malaysia dan Filipina, dan beberapa orang percaya bahwa kue tersebut mungkin terinspirasi oleh puttu, makanan ringan serupa yang berasal dari India," tambah laman tersebut.

Kue khas Indonesia lainnya yang masuk daftar kue terbaik di dunia versi TasteAtlas adalah kue lapis. Kue ini berada di daftar 100 besar dengan menduduki posisi ke-77 dengan poin 4 dari 5.

"Kue lapis atau kuih lapis adalah makanan penutup tradisional Indonesia yang juga populer di Malaysia, Suriname, Brunei, dan Singapura. Biasanya dibuat dalam bentuk kue seperti puding berlapis basah yang terdiri dari tepung beras, sagu, gula pasir, garam, santan, dan pewarna makanan merah, hijau, atau merah muda," tulis TasteAtlas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kue Lapis

Laman TasteAtlas kemudian menambahkan bahwa kue lapis dikukus dan hasil akhirnya mirip puding berlapis. Sebelum dipotong dan disajikan, kue lapis harus dibiarkan hingga benar-benar dingin.

"Jika disiapkan dengan benar, makanan penutup ini akan memiliki tekstur yang kenyal, lengket, dan kenyal," bunyi keterangan itu.

Ini bukan kali pertama kue-kue khas Nusantara ini meraih posisi di kancah dunia. Pada Juli 2022 lalu, kue putu masuk dalam daftar 100 Most Popular Cakes in the World (100 Kue Terpopuler di Dunia) dan 100 Best Rated Cakes in the World (100 Kue Terbaik di Dunia) yang dibuat oleh TasteAtlas.

Kue putu berada di peringkat 86 dalam 100 Most Popular Cakes in the World, dan 52 untuk 100 Best Rated Cakes in the World. Tak hanya kue putu, kue lapis yang juga dari Indonesia juga masuk dalam 100 Most Popular Cakes in the World. Kue yang umumnya berwarna-warni tersebut kala itu berada di peringkat 70.

3 dari 4 halaman

4 Camilan Indonesia Masuk Daftar Jajanan Kaki Lima Terbaik di Dunia

Sebelumnya, empat camilan Indonesia berhasil masuk daftar jajanan kaki lima terbaik di dunia versi TasteAtlas yang dirilis pada Jumat, 14 Juli 2023 meliputi serabi, pisang goreng, kue ape, dan kue putu. Serabi mantap menduduki posisi kedua dengan mendapat 4,7 dari 5 bintang.

"Pancake tradisional Indonesia berukuran kecil ini biasanya diolah dengan tepung beras dan pilihan santan atau kelapa parut. Pancake sangat serbaguna, tersedia dalam versi manis dan gurih, dan dapat diadaptasi dengan tepung terigu dan berbagai topping seperti gula, pisang, kacang tumbuk, nangka, taburan cokelat, atau oncom fermentasi, sementara tambahan modern juga termasuk daging, sosis, atau es krim," demikian bunyi keterangan di TasteAtlas.

Disebutkan pula bahwa serabi ditemukan di seluruh Jawa, tetapi biasanya dikaitkan dengan kota Bandung dan Solo. Serabi biasanya disertai dengan sirup kinca berbahan dasar stroberi, durian, atau kelapa, dan terutama dijual sebagai makanan jalanan yang cepat dan nyaman.

Berlanjut dengan pisang goreng yang ada di posisi ke-7 dengan 4,5 dari 5 bintang. "Pisang goreng merupakan jajanan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia," bunyi keterangan itu.

 

4 dari 4 halaman

Kue Ape hingga Kue Putu

Camilan ini hadir dalam berbagai versi, ada yang buahnya hanya digoreng dengan sedikit minyak. Namun biasanya, potongan pisang lebih sering diiris dilapisi adonan sebelum digoreng hingga keemasan.

"Selain banyak varietas lainnya, pisang goreng juga muncul dengan nama yang berbeda seperti godoh biu di Bali atau gedhang gorèng di Jawa. Camilan ini secara tradisional dijual di warung pinggir jalan dan gerobak dan termasuk dalam kelompok hidangan gorengan - makanan ringan gorengan Indonesia," lanjut TasteAtlas.

Kemudian kue ape dari Jakarta berada di posisi ke-15 dengan 4,4 dari 5 bintang. "Kue ape, juga dikenal sebagai serabi Jakarta, dianggap sebagai versi Indonesia dari panekuk India yang dikenal sebagai appam," jelas TasteAtlas.

Versi Indonesia yang biasa diasosiasikan dengan Jakarta ini diolah dengan adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula aren, santan, dan ragi. Pancake biasanya renyah di tepinya, sedangkan bagian tengahnya tetap lembut.

"Ini sering dibumbui dengan pandan, yang memberi warna hijau yang khas pada pancake ini. Hidangan ini biasanya disiapkan dan dijual oleh pedagang kaki lima yang berlokasi di pusat jajanan dan pasar kaki lima," lanjut TasteAtlas.

Terakhir kue putu yang menyabet posisi ke-20 dengan 4,3 dari 5 bintang. Camilan ini disebut biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini