Sukses

Viral Tentara Amerika Jajan Minuman Es dalam Kemasan di Situbondo, Warganet Terhibur

Dalam video tersebut, terlihat dua orang tentara Amerika sedang berdiri di depan warung jajanan. Pemandangan itu terasa semakin unik karena keduanya sama-sama menggenggam satu gelas minuman es.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video viral karena memperlihatkan momen unik dua orang tentara Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) di Indonesia. Keduanya tertangkap kamera sedang jajan di warung warga di sebuah desa. Diduga keduanya sedang berada di Indonesia mengikuti Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2023 di Pusat Latihan Pertempuran Marinir Baluran, Situbondo, Jawa Timur.

Hal itu diketahui dari unggahan akun TikTok @elvkl pada 19 September 2023. Dalam video tersebut, terlihat dua pria berseragam US Army berwarna krem sedang berdiri di depan warung jajanan.

Pemandangan itu terasa semakin unik karena keduanya sama-sama menggenggam satu gelas minuman es yang siap diminum di hari yang panas terik. Keduanya terlihat begitu menikmati jajanan bocah tersebut.

"Urip lagi kesel-kesele malah nemu tentara Amerika jajan pop ice," tulis keterangan video tersebut. Dalam video juga terlihat sejumlah Tentara Nasional Indonesia atau TNI mengenakan baret merah sedang mempersiapkan diri mengikuti acara di desa tersebut.

Sampai berita ini ditulis, unggahan tentang tentara Amerika di Indonesia itu viral dan sudah dilihat lebih dari 605 ribu kali dan disukai lebih dari 49 ribu kali serta mendapatkan lebih dari 1.600 komentar. Banyak warganet yang mengaku terhibur melihat video tersebut.

"Yg jualan besok ditulis begini "TNI Amerika pernah jajan Pop Ice disini"," komentar seorang warganet.

"Seminggu lagi tinggal di Indo, dia udah melokal😂,” ujar warganet yang lain

"Pasti dia besok kalo dah pulang.. nyari pop ice di negaranya😂😂😂,” kata warganet lainnya.

"Gue malah penasaran dia beli rasa apa😂 jangan" pesen teh sisri😂,” timpal warganet lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentara AS Jajan Siomay

Momen seperti itu sebenarnya sudah beberapa kali terjadi. Beberapa waktu lalu juga pernah beredar video para tentara Angkatan Darat AS tertangkap kamera antusias mengantre untuk membeli siomay.

Mirip bocah kecil yang menunggu giliran dilayani, mereka bergerombol dekat gerobak tukang bakso tahu dan siomay. Kejadian menggelitik ini diunggah akun Instagram @infokomando.official pada Selasa, 10 Januari 2023.

"Mumpung ada di Indonesia borong cilok sebanyak-banyaknya. Tentara dari U.S. Army (25th ID) Angkatan Darat Amerika Serikat mengantri beli siomay dan batagor Bandung. Saking senangnya sampai ada yang mulutnya terisi penuh cilok," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Para tentara AS yang terlihat punya postur tubuh besar dan wajah garang ini terlihat senyum-senyum saat mengantre. Video itu juga menampilkan ekspresi para tentara Amerika saat makan jajanan yang mereka beli.

Salah seorang tentara terlihat asyik mengunyah dengan mulit penuh cilok. Sementara, tangannya memegang plastik berisi cilok saus kacang yang dibelinya. Aksi tersebut mendapat beragam sorotan dari warganet.

3 dari 4 halaman

Jualan Cilok di Amerika

Salah seorang warganet berpendapat hal itu menjadi cara TNI untuk memberi kesan positif bagi para tentara AS untuk dibawa pulang ke negara mereka nanti. "Terima kasih TNI telah membuat US. ARMY terkesan dengan Indonesia yg mungkin tidak mereka dapatkan pada saat latihan dengan negara lain. Darat, Laut & Udara TNI Jaya," komentar seorang warganet.

"Nanti pensiun dari US Army, dia jualan cilok di Amerika," canda warganet lainnya. "Kok aku seneng ya liat nya. Bahagia melihat mereka tertawa gitu," komentar warganet lainnya.

Beberapa tahun sebelumnya, beredar video para anggota TNI dan militer AS sedang menghabiskan waktu istirahat bersama setelah menjakani Latihan militer gabungan. Hal itu diketahui dari unggahan di akun TikTok @sscipalembang pada 13 Agustus 2021.

Video itu juga dibagikan oleh akun Instagram @palembanginfo pada 13 Agustus 2021. Dalam video tersebut, terlihat beberapa anggota TNI dan militer AS tengah menikmati pempek di sebuah restoran. Reaksi mereka saat mencicipi pempek membuat warganet terhibur.

4 dari 4 halaman

Tentara AS Makan Pempek

"Cobalah satu," ucap salah seorang anggota TNI dalam bahasa Inggris. Ia juga menjelaskan jika pempek merupakan makanan yang terbuat dari ikan atau disebut juga fish cake dan merupakan makanan khas Palembang.

Tentara Amerika itu pun langsung mencicipi pempek lenjer yang ada dihadapannya sembari mencelupkannya kedalam cuko, kuah pempek yang biasanya rasanya agak pedas. Tak lama seorang anggota TNI lain pun mengatakan agar menghirup cuko tersebut agar terasa lebih nikmat.

"Hirup cuka," kata anggota TNI yang lain. "Okay," kata satu tentara Amerika sambil menyantap pempek. Setelah mencicipi pempek, ia terlihat menikmati pempek tersebut. Ia pun sependapat rasa pempek khas Palembang memang enak.

Anggota TNI itu pun meminta tentara Amerika lain untuk ikut mencoba pempek. Ia juga mengatakan jika pempek yang ada di hadapannya itu berisi sebuah telur. Tentara Amerika itu pun mencoba pempek tersebut. Ia juga bereaksi yang sama, yaitu hanya mengangguk-anggukkan kepalanya karena bisa menikmati pempek.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini