Sukses

Batik Jadi Dress Code Konser K-pop SMTOWN Jakarta 2023, Bangga Kenakan Busana Identitas Budaya Indonesia

SM stan mengakhiri penantian 11 tahun mereka ketika Jakarta kembali jadi tuan rumah konser K-pop SMTOWN. Dengan line-up TVXQ, Super Junior, Red Velvet, NCT 127, NCT Dream, WayV, aespa, dan RIIZE, SMTOWN Jakarta 2023 berlangsung hari ini, Sabtu (23/9/2023), di Stadiun Utama Glora Bung Karno.

Liputan6.com, Jakarta - SM stan mengakhiri penantian 11 tahun mereka ketika Jakarta kembali jadi tuan rumah konser K-pop SMTOWN. Dengan line-up TVXQ, Super Junior, Red Velvet, NCT 127, NCT Dream, WayV, aespa, dan RIIZE, SMTOWN Jakarta 2023 berlangsung hari ini, Sabtu (23/9/2023), di Stadiun Utama Glora Bung Karno.

Tahun ini, ada dress code khusus yang dianjurkan promotor konser, Dyandra Global Edutainment. Lewat unggahan Instagram pada 8 September 2023, pihaknya meminta penonton konser K-pop untuk memakai batik. "I wear Batik with pride to #SMTOWNJAKARTA2023," begitu bunyi keterangan gambar yang dibagikan.

Di keterangan unggahan yang mematikan fitur komentar itu, pihaknya menyebut, "Mari tampil memukau di SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA bersama KB Bank dengan (memakai) busana batik Anda dan kenakan identitas budaya kita dengan bangga!"

Sementara ini sepertinya jadi imbauan resmi pertama yang dirilis promotor, penonton konser Indonesia sebenarnya sudah acap kali berbatik, berkain, dan berkebaya di banyak konser lokal maupun internasional. Tagar-tagar #berkaindikonser atau #berkebayadikonser sering kali tumpah memenuhi media sosial ketika sebuah konser sedang maupun telah digelar.

Dalam konteks konser K-pop, busana tradisional yang dipilih biasanya akan disesuaikan warna yang identik dengan grup favorit. Selain menonjolkan budaya di konser internasional, faktor kebersihan dengan mengarahkan membuang sampah sesuai jenis supaya terpilah juga disuarakan promotor SMTOWN Jakarta 2023.

Di unggahan Instagram, Jumat, 23 September 2023, pihaknya menulis keterangan dalam bahasa Inggris, yang artinya, "Tempat sampah berjarak hanya selangkah dari Anda di SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA bersama KB Bank."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengolahan Sampah sampai Jadwal Konser

Dyandra Global Edutainment melanjutkan, "Kami berkomitmen menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat, dan kami membutuhkan bantuan Anda dalam membuang sampah Anda sesuai empat kategori yang tersedia: Kertas, Organik, Daur Ulang, dan Residu."

"Proses pengelolaan sampah selama acara akan dipantau sebelum berakhir di TPA. Bahan apapun yang dapat digunakan kembali juga akan didaur ulang! Kontribusi Anda benar-benar dapat membawa perubahan, jadi mari kita bahu membahu melindungi planet yang kita sebut rumah ini," tandasnya.

Konser akan dimulai pukul 18.30 WIB, tapi gerbang sudah dibuka sejak pukul 12.00 WIB. Penukaran tiket sendiri sudah dilakukan sejak 18 September 2023. Para penggemar diarahkan masuk area konser pukul 15.00 WIB.

Sebelumnya, tiga unit grup NCT sudah lebih dulu menggoda penggemar dengan membagikan momen rehearsal mereka, lapor kanal Showbiz Liputan6.com per Sabtu. Di kesempatan itu, para personel mengenakan baju kasual. "#NCT127, #NCTDREAM, #WayV 🧡," tulis pengelola akun Instagram NCT dalam tiga unggahan berbeda.

3 dari 4 halaman

Antusias Bertemu Penggemar Indonesia

Yuta NCT mengaku sangat antusias bertemu lagi dengan para penggemar di Indonesia. "See you tomorrow Indonesia," ungkapnya di Instagram Story sambil menyertakan foto bersama kedua personel lain grup, Jaehyun dan Taeyong.

Begitu juga dengan Yangyang. Lewat platform Bubble, ia antusias berjumpa dengan penggemarnya hari ini. "Jakarta!! sampai jumpa besok," kata dia sambil menyertakan selfie.

Berbeda dengan para sunbaenim yang sudah lebih dulu berkesempatan menyapa penggemar di Indonesia, ini merupakan kali pertama bagi grup rookie RIIZE. Setibanya di Jakarta, Anton RIIZE mengungkap rasa bahagia karena akan jadi bagian dari konser SMTOWN Jakarta 2023 melalui Weverse, platform komunitas penggemar K-pop.

Ia pun melampirkan sebuah tangkapan layar yang menunjukkan lagu-lagu penyanyi Indonesia yang jadi favoritnya. Di antara deretan lagu tersebut, terselip nama Raisa dan Tulus. "Lalu, ini adalah beberapa lagu dari artis Indonesia yang saya suka :) Kalau kamu memiliki rekomendasi lagu lain, silakan beri tahu saya di kolom komentar," tulis maknae RIIZE itu.

4 dari 4 halaman

Rekomendasikan Lagu Musisi Indonesia

Dari tangkapan layar yang dibagikan Anton, terlihat beberapa judul lagu dari sejumlah artis Indonesia, seperti Kasmaran milik Jaz, Kelana oleh Tulus, Someday yang dinyanyikan Raisa dan Sam Kim, Every Summertime-nya Niki, dan Sundance Freestyle yang dibawakan Rich Brian.

"RIIZE akhirnya ke Indonesia untuk pertama kali!! Sangat bersemangat. Ini adalah konser SMTOWN pertama kami sebagai grup. Kami sangat bersemangat dan tidak sabar untuk tampil besok😨😵‍💫," kata Anton.

Meski baru debut, penggemar RIIZE sudah tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Fans menyambut unggahan yang dibagikan Anton dengan tagar #RIIZECintaBRIZE itu dengan antusiasme yang sama.

"TULUS BANGET GAK TUHH😭😭 please cover the song😭," kata salah satu penggemar. "Kaget Anton dengerin lagunya tulus sunbaenim😔☝🏻," ujar yang lain. "Pliss, selera musik kita sama. Kalau gini aku akan makin mencintaimu dengan ugal-ugalan 😭🙏🏻," sambung penggemar lain menyambut unggahan Anton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini