Sukses

Gelar Festival Mandalika Bersamaan dengan MotoGP 2023, Dispar Mataram Targetkan 4.000 Kamar Hotel Penuh

Dalam konsepnya selama tiga hari Festival Mandalika akan memberikan hiburan bagi masyarakat termasuk para tamu atau penonton MotoGP yang menginap di Kota Mataram dan sekitarnya. MotoGP Mandalika akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023.

Mataram - Dalam menyambut ajang balap motor MotoGP 2023 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Dinas Pariwisata Kota Mataram Provinsi NTB bakal menggelar Festival Mandalika di Taman Loang Baloq Kecamatan Sekarbela. Acara itu diadakan bersamaan dengan ajang MotoGP 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 13-15 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Kamis, mengatakan Festival Mandalika kini menjadi agenda rutin dalam mendukung kegiatan internasional MotoGP. "Karena itu, Festival Mandalika kita jadwalkan bersamaan dengan ajang MotoGP yakni pada 13-15 Oktober 2023," terangnya, dillasir dari Antara, Minggu, 10 September 2023.

Dalam konsepnya selama tiga hari Festival Mandalika akan memberikan hiburan bagi masyarakat termasuk para tamu atau penonton MotoGP yang menginap di Kota Mataram dan sekitarnya. Hiburan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan kesenian dan budaya lokal seperti tari gandrung, kemudian "rudat" (kesenian tradisional), serta beberapa band lokal.

"Selain itu, kami juga akan membuka bazar makanan sekaligus menjadi sentra kuliner dengan melibatkan sekitar 25 hingga 30 pelaku UMKM," ungkapnya.  Para pelaku UMKM yang dilibatkan itu sebagian besar pangan olahan atau makanan, karena Kota Mataram sebagai daerah penyangga kegiatan MotoGP yang dicari tamu adalah makanan.

"Karena itu, para pelaku UMKM sudah kami informasikan agar mereka bisa menyiapkan produk-produk unggulan sehingga bisa juga menjadi oleh-oleh para tamu," terang Denny. Di sisi lain, Denny mengatakan Taman Loang Baloq dipilih menjadi lokasi kegiatan Festival Mandalika, sebagai bagian pemerataan pusat hiburan bagi masyarakat.

Alasannya, selama ini Taman Sangkareang sudah banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan baik skala lokal, nasional, maupun internasional. "Jadi untuk MotoGP kita pilih tempat di Taman Loang Baloq agar tamu bisa juga menikmati suasana pantai. Kita juga siapkan hiburan "sunrice to sunset, dari pagi sampai sore," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Target Kamar Hotel di MotoGP Mandalika

Dengan dua event besar tersebut, Denny menargetkan 4.000 lebih kamar hotel di Mataram akan terisi penuh oleh tamu saat kegiatan MotoGP yang akan berlangsung di Mandalika International Street Circuit 13-15 Oktober 2023. "Saat ini saja, beberapa hotel di Mataram sudah penuh dipesan oleh tamu MotoGP," ungkapnya.

Menurutnya, sejumlah hotel yang sudah penuh itu dipesan itu rata-rata tamu dari kalangan BUMN dan EO (event organizer). Pihaknya berharap agar pelaku pariwisata dan masyarakat secara umum tetap menjaga keamanan, kenyamanan, serta kondusifitas di wilayah masing-masing. "Keamanan jadi modal utama serta jadi daya tarik para tamu agar bisa memilih Kota Mataram sebagai lokasi tempat menginap," tuturnya.

Sementara Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM) Made Adiyasa Kurniawan, sebelumnya menyebutkan, data terakhir pada 29 Juli 2023 sebanyak 65 persen lebih hotel sudah dipesan tamu MotoGP dan rata-rata sudah membayar uang muka sebagai tanda jadi.

"Dengan begitu bisa kita pastikan saat MotoGP berlangsung, kamar hotel di Mataram akan penuh," katanya. Berdasarkan data AHM jumlah kamar hotel yang tersedia di Kota Mataram mencapai sekitar 4.000 kamar, baik yang ada di hotel berbintang maupun non bintang.

Menurutnya, dalam pelaksanaan MotoGP 2023, Kota Mataram masuk pada ring tiga sehingga untuk harga kamar hotel ada toleransi aturan kenaikan tarif maksimal sekitar 300 persen.

 

3 dari 4 halaman

Memgontrol Tarif Kamar Hotel

 

"Kalau tidak salah, ada aturan batas maksimal kenaikan tarif sekitar 300 persen," ucapnya. Namun dalam hal ini pihaknya tidak bisa melakukan pengawasan apalagi memberikan sanksi kepada pelaku pariwisata yang menetapkan tarif di atas batas maksimal itu, karena rata-rata hotel menjual kamar ke agen pariwisata.

"Kami ke agen memberikan harga sesuai batas maksimal, tapi kita tidak bisa kontrol berapa agen menjual ke tamu," tambahnya. Untuk memudahkan masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk membeli tiket MotoGP Mandalika 2023, MGPA selaku penyelenggara mengadakan Mandalika Hub di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

Selama lima hari, mulai Sabtu, 9 September 2023, Mandalika GP Hub akan menyajikan serangkaian acara dan hiburan, informasi terkini penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023, dan penawaran-penawaran menarik bagi mereka yang ingin menonton langsung gelaran balap di The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dilansir dari kanal Bola Liputan6.com, Sabtu, 9 September 2023, Mandalika GP Hub di area atrium Cilandak Town Square terbagi menjadi dua area yang menawarkan pengalaman berbeda bagi pengunjung yang datang, yaitu Main Atrium Area dan Hub Area.

 

4 dari 4 halaman

Pembelian Tiket MotoGP Mandalika

Di Hub Area, pengunjung dapat mencoba permainan seru MotoGP Race Arcade Games, mengikuti E-Moto GP Challenge yang menawarkan hadiah menarik untuk pemenang, sekaligus membeli tiket menonton atau membeli pernak pernik Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 di merchandise store yang tersedia.

Sedangkan untuk pengunjung yang sedang mencari item terkait otomotif roda dua, bisa langsung menuju area Main Atrium. Di Mandalika GP Hub, pembelian tiket menonton Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 berikut paket perjalanan dan akomodasi dapat dilakukan di booth-booth travel diantaranya Lombok Tour,

TX Travel, Dyandra Tiket, dan Hotel Indonesia Natour. Paket perjalanan all-in menonton MotoGP yang ditawarkan mulai dari Rp9,3 juta. Sementara Dyandra & Co. selaku co-promotor Indonesian GP 2023, menyediakan kemudahan pembelian tiket secara langsung di Booth DyandraTiket.com.

Tidak hanya mendapatkan tiket, beberapa penawaran menarik juga hadir di booth DyandraTiket.com seperti, setiap pembelian tiket khususnya kategori Regular Grandstand, Premium Grandstand dan VIP Suites akan mendapatkan eksklusif Merchandise IIMS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.