Sukses

Kenali 3 Tanda Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Seseorang Naksir Anda

Jacob Lucas, seorang pelatih kencan professional asal Inggris yang juga seorang kreator video pada akun sosial media TikTok. Pada akun TikTok-nya, Ia mengunggah tips-tips seputar perkencanan, salah satunya tentang bahasa tubuh yang bisa menjadi sebuah tanda ketertarikan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Jacob Lucas, seorang pelatih kencan profesional asal Inggris yang juga seorang kreator video mengunggah tips-tips seputar kencan di akun TikTok miliknya. Salah satu kontennya menjelaskan tentang bahasa tubuh yang bisa jadi peretanda ketertarikan seseorang.

Selain bekerja secara langsung dengan klien, Lucas juga berbagi konten kencan di TikTok dengan 750 ribu pengikutnya. Ia juga menulis sebuah buku panduan kencan berjudul ‘Her Dating Coach’.

Dilansir dari laman Daily Mail, Kamis, 7 September 2023 dalam bereksperimen, Lucas menggunakan metode ‘kehidupan nyata’ untuk membantu jutaan orang mendapatkan kehidupan cinta yang selalu mereka dambakan. Dalam video terbarunya, Lucas menjelaskan tentang tiga bahasa tubuh yang mungkin akan ditampilkan seseorang saat merasakan ketertarikan.

Video tersebut berjudul  'Apakah Anda melihat orang-orang melakukan hal ini di sekitar Anda?', yang menampilkan Lucas memperagakan gerakan bahasa tubuh tersebut. Video juga menampilkan teks di layar yang menggambarkan tanda-tanda bahasa tubuh, dan apa yang mungkin ditunjukkannya.

Meski begitu, banyak pakar bahasa tubuh mengungkapkan bahwa tidak semua orang selalu menampilkan perilaku yang sama untuk mengekspresikan sebuah perasaan yang sama. Beberapa juga mencatat bahwa seringkali perubahan dari perilaku bahasa tubuh normal orang yang signifikan, digambarkan sebagai 'penyimpangan dari dasar perilaku (mereka)', daripada gerakan tertentu. 

Berikut simak bahasa tubuh tanda seseorang naksir atau tertarik dengan Anda yang dicontohkan oleh Lucas yang dirangkum Liputan6.com pada Kamis, 7 September 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Merapikan diri

Bahasa tubuh yang pertama adalah merapikan diri. Menurut Jacob dalam video tersebut bertujuan untuk membuat dirinya menarik bagi Anda. Beberapa perilaku yang termasuk dalam merapikan diri antara lain merapikan rambut dan meluruskan pakaian, misalnya.

2. Menggaruk Ringan

Tanda bahasa tubuh kedua yang ditunjukkan Jacob adalah ketika seseorang menggaruk dirinya sendiri dengan ringan. Menurut video tersebut, hal itu bisa jadi merupakan perilaku bawah sadar yang dilakukan orang ketika merasakan ketertarikan.

Pada awalnya, Jacob tidak mempercayai hal tersebut, namun ia melihat banyak orang yang melakukan gerakan tersebut saat merasakan sebuah ketertarikan. Sekali lagi, meskipun ini adalah tip yang menarik untuk diperhatikan, penting untuk diingat bahwa semua akan kembali kepada konteks, dan seseorang mungkin dapat menggaruk dirinya sendiri karena alasan lain misalnya, mereka mungkin mengalami ruam. 

3. Memiringkan Kepala

Perilaku terakhir yang ia uraikan dalam video adalah memiringkan kepala. Hal ini, menurut pelatih kencan tersebut adalah sebuah gerakan yang  'menunjukkan kepada orang lain bahwa kita tertarik padanya'.

 

3 dari 4 halaman

Tips Kencan

 

Selain itu, terdapat tips kencan lainnya dilansir dari kanal Health, Liputan6.com, Senin, 10 Oktober 2022, saat ini membuat aplikasi kencan jadi media yang standar untuk mencari pasangan. Aplikasi kencan memberikan kemungkinan untuk Anda bertemu dengan orang baru, terutama di luar lingkup pertemanan Anda.

Survei yang dilakukan oleh Pew Research menemukan bahwa 48 persen orang dewasa berusia 18 hingga 29 tahun di Amerika Serikat menggunakan atau pernah menggunakan aplikasi kencan. Penggunaan aplikasi kencan pun umum di kalangan orang Indonesia.

Banyak pasangan yang berlanjut hingga ke jenjang pernikahan usai menemukan tambatan hatinya di sana. Tapi tak dapat dimungkiri, menggunakan aplikasi kencan tak selalu berjalan dengan mulus.

Hal tersebut bergantung pada bagaimana Anda menggunakan, berkomunikasi, bahkan mengemas profil. Master-certified relationship coach, Amie Leadingham mengungkapkan bahwa penting untuk banyak bersabar ketika menggunakan aplikasi kencan.

"Jangan berharap akan langsung menemukan belahan jiwamu setelah swipe right beberapa kali. Menemukan orang yang cocok dan punya nilai-nilai yang sama dengan Anda akan membutuhkan waktu," ujar Amie mengutip Bustle, Senin, 10 Oktober 2022.

"Bagaimanapun, kesabaran adalah kuncinya, dan Anda tidak bisa terburu-buru untuk mencintai seseorang." 

4 dari 4 halaman

Tips Memilih Teman Kencan Online

Lalu, tips apa sajakah yang bisa Anda coba bila hendak mencari pasangan di aplikasi kencan? Berikut di antaranya.

1. Spesifik dalam Apa yang Anda Cari

Jumlah orang yang perlu Anda swipe untuk menemukan yang paling cocok bisa jadi sangat banyak. Sehingga Amie menyarankan untuk menjadi spesifik dalam apa yang Anda cari.

"Jelaskan niat Anda sejak awal, dan kemungkinan besar Anda akan menemukan seseorang yang mencari hal yang sama. Bersikap jujur akan membantu menyingkirkan orang-orang yang tidak sepaham dan mengundang prospek yang lebih serius ke kotak masuk Anda," kata Amie.

2. Pilih Aplikasi Kencan yang Tepat

Menurut profesor komunikasi seksual di California State University Fullerton, dr Tara Suwinyattichaiporn, jenis aplikasi yang Anda gunakan juga memiliki efek penting pada tingkat keberhasilan Anda dalam hal menemukan kecocokan yang berkualitas.

3. Buat Keterangan yang Jelas

Selanjutnya saat menggunakan aplikasi kencan adalah dengan memberikan keterangan yang jelas pada profil Anda. Selain menggunakannya sebagai kesempatan untuk memamerkan kepribadian atau selera humor Anda, Tara mengungkapkan bahwa cara tersebut bisa dapat membantu memilah profil yang tidak sesuai dengan Anda.

4. Ketahui Karakter Spesifik yang Dicari

Selain memperjelas bahwa Anda sedang mencari pasangan untuk hubungan yang serius, Amie menyarankan untuk menambahkan juga karakter spesifik yang Anda cari dalam diri pasangan ke profil Anda.

Pada beberapa aplikasi kencan, Anda dapat mencantumkan beberapa kriteria spesifik dalam diri Anda, yang dapat dijadikan bahan obrolan hingga tanda pada siapapun yang melihatnya bahwa Anda mencari yang seperti apa.

 

5. Kirimkan Pesan Pembuka yang Tepat

Setelah profil Anda mulai mendatangkan calon pengisi hati, saatnya mengobrol. Jika Anda mencari pasangan, Amie menyarankan untuk menghubungkan hal-hal yang mungkin menghubungkan Anda bersama.

"Salah satu cara terbaik untuk memulai percakapan adalah dengan menemukan kesamaan dengan berfokus pada sesuatu yang terhubung dengan Anda di profil mereka," ujar Amie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.