Sukses

Potret Putri Leonor dari Spanyol Berseragam Militer, Auranya Lebih Gagah

Putri Ratu Letizia dan putri Raja Felipe dari Spanyol, Putri Leonor dari Spanyol baru saja memulai pelatihan militernya. Istana Spanyol merilis foto baru Putri Leonor pada hari pertamanya di Akademi Militer Umum Zaragoza pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Putri Ratu Letizia dan putri Raja Felipe dari Spanyol, Putri Leonor dari Spanyol baru saja memulai pelatihan militernya. Istana Spanyol merilis foto baru Putri Leonor pada hari pertamanya di Akademi Militer Umum Zaragoza pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Dikutip dari People, Senin, 21 Agustus 2023, Putri Leonor yang berusia 17 tahun ini bergabung dengan teman-teman sekelasnya mengenakan seragam militer yang menampilkan bendera Spanyol di lengan baju dengan topi yang serasi. Ia diantar oleh keluarganya ke pusat pelatihan pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Seragamnya juga menampilkan label nama bertuliskan "Borbón Ortiz". Keluarga kerajaan Spanyol adalah House of Bourbon, sedangkan Ortiz berasal dari pihak keluarga Ratu Letizia, karena dia lahir dengan nama Letizia Ortiz Rocasolano.

Di Spanyol dan negara-negara Amerika Spanyol (kecuali Argentina), orang secara tradisional memiliki dua nama belakang. Nama pertama dari ayah dan yang kedua dari pihak ibu.

Putri Leonor memulai pelatihan militer yang akan berjalan selama tiga tahun untuk mempersiapkan masa depannya sebagai kepala negara. The Royal Household of Spain mengumumkan berita tersebut pada Maret 2023 lalu.

Pihak kerajaan Spanyol mengungkapkan bahwa Putri Leonor akan memulai studinya di Akademi Militer Umum Zaragoza dan berlatih sebagai Lady Cadet untuk tahun akademik 2023--2024. Tahun berikutnya, Putri Leonor akan mendapatkan pengalaman di Angkatan Laut, bekerja sebagai Taruna di Sekolah Militer Angkatan Laut Marín dan di atas Kapal Pelatihan Juan Sebastián de Elcano.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ragam Pelatihan Diikuti

Setelah itu, Leonor akan menyelesaikan kelasnya dengan Angkatan Udara dan Luar Angkasa, mengikuti Akademi Udara Umum San Javier sebagai Ensign Student dari 2025 hingga 2026. Program intens ini setara dengan kelas pewaris takhta Bourbon, karena Raja Felipe juga belajar di berbagai akademi militer dan memperoleh Helicopter Pilot Wings dari Angkatan Darat dan Angkatan Laut.

Putri Leonor akan menjadi ratu pertama Spanyol sejak Ratu Isabella II yang memerintah dari 1833 hingga 1868, ketika dia naik takhta . Ia bertanggung jawab untuk melayani sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata Spanyol.

Berbicara tentang pentingnya pelatihan militer Putri Leonor ketika rencana diumumkan, Menteri Pertahanan Spanyol Margarita Robles berkata, "Ini adalah langkah penting dalam kehidupan Yang Mulia, pemimpin negara kita yang akan datang," lapor CNN.

Sementara, Putri Leonor lahir tepat pada peringatan Halloween, yaitu pada 31 Oktober 2005 di Rumah Sakit Internasional Ruber di Madrid. Ia merupakan anak tertua dan putri pertama dari Letizia dan Felipe.

3 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Menarik Putri Leonor

Putri Leonor juga digadang sebagai ahli waris kerajaan. Gelarnya saat lahir adalah Yang Mulia Infanta Leonor dari Spanyol. Pada Januari 2006, dia dibaptis di Istana Zarzuela. 

Seperti ayahnya, Leonor dibaptis dengan air dari Sungai Yordan di kolam baptis romawi yang telah digunakan untuk membaptis pangeran Spanyol sejak abad ke-17. Ketika itu, kelahirannya diumumkan keluarga kerajaan kepada pers melalui SMS.

Putri Leonor lahir melalui operasi caesar. Bayi yang baru lahir dan sang ibu, Letizia meninggalkan rumah sakit pada 7 November 2005, seminggu setelah kelahirannya.

Letizia dan Felipe berpose untuk fotografer di luar rumah sakit dan memberi dunia pandangan sekilas tentang kerajaan kecil itu. Setelah kelahiran Leonor, Felipe yang saat itu adalah seorang pangeran mengadakan konferensi pers bersama dengan tim medis.

Gelar resmi gadis berusia 17 tahun itu adalah Putri Asturias. Itu merupakan gelar yang diberikan kepada ahli waris dari ayahnya yang sekarang merupakan Raja Spanyol, Raja Felive VI.

4 dari 4 halaman

Gelar Putri Leonor

Saat ini Putri Leonor memegang beberapa gelar sejarah. Gelar tersebut termasuk Putri Girona dan Putri Viana, serta Duchess of Montblanc, Countess of Cervera dan Lady of Balaguer. Menurut konstitusi Spanyol 1975, suksesi takhta Spanyol berada di bawah sistem primogenitur kognatik preferensi laki-laki.

Hal ini berarti bahwa Putri Leonor sebagai anak sulung dari dua putri Felipe, berada di urutan pertama untuk mewarisi takhta. Namun, di bawah undang-undang saat ini apabila ayahnya memiliki anak laki-laki yang sah saat masih menjadi raja, Leonor akan dipindahkan dalam garis suksesi dan kembali menjadi Infanta dari Spanyol. 

Meskipun kemungkinn ada perubahan dari preferensi laki-laki menjadi hak anak sulung mutlak untuk gelar bangsawan Spanyol pada 2009. Pada 2022 tidak ada undang-undang disahkan yang memengaruhi suksesi takhta.

Putri Leonor juga berbakat dalam bahasa. Dia fasih berbahasa Spanyol dan Inggris dan dia bahkan telah belajar bahasa Mandarin selama sekolahnya. Dia dilaporkan belajar bahasa Inggris berkat pengasuh dan nenek Inggrisnya, Ratu Sofia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini