Sukses

Nike by You x Saeedah Haque Rilis Koleksi Niqab untuk Pertama Kalinya dan Direspons Positif

Nike by You x Saeedah Haque meluncurkan koleksi niqab pertama yang terbuat dari Dri-FIT. Untuk membuatnya Nike berkolaborasi dengan desainer keturunan Inggris-Bengali, Saeedah Haque.

Liputan6.com, Jakarta - Nike by You x Saeedah Haque meluncurkan koleksi niqab pertama yang terbuat dari Dri-FIT. Untuk membuatnya Nike berkolaborasi dengan desainer keturunan Inggris Bengali, Saeedah Haque untuk menciptakan koleksi terobosan yang memadukan atribut sederhana tradisional dengan estetika streetwear kontemporer. 

Mengutip dari laman Homegrown, Sabtu (19/8/2023), kolaborasi akhirnya menghasilkan tak sekadar pernyataan mode tetapi juga perayaan keragaman, representasi, dan keahlian etis. Koleksi kolaboratif Nike by You x Saeedah Haque diluncurkan pada 11 Agustus 2023, menawarkan tampilan baru abaya klasik, dan Niqab pertama dari Nike yang memberinya sentuhan modern.

Koleksi ini sangat cocok untuk individu yang mencari alternatif pakaian bergaya dan sederhana. Perjalanan Saeedah sebagai seorang desainer didorong oleh pengalamannya sendiri yang tidak menemukan abaya yang sesuai dengan gaya pribadinya.

Berbekal dari pendidikan fesyen dan magangnya, termasuk menjalankan tugas dengan rumah pengantin mewah Sabyasachi Mukherjee dan London Modest Fashion Week, Saeedah memulai misi untuk mendefinisikan kembali pakaian sederhana. Perpaduan unik dari pakaian tradisional dengan siluet kontemporer telah merevolusi persepsi mode sederhana, menjadikannya identik dengan keanggunan dan kecanggihan.

Bagian menonjol dari koleksi Nike by You Pro Niqab, dibuat dari potongan kaus DriFit, merupakan bukti signifikansi budaya kolaborasi yang melambangkan penyatuan dua dunia. Ini mengubah lanskap visual sepak bola Inggris dengan memperkenalkan desainer Muslim otodidak dari London Utara sebagai mitra resmi Nike. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Respons Positif dari Muslimah Seluruh Dunia

Langkah ini lebih dari sekedar kolaborasi, tapi juga sejarah yang sedang dibuat dan menandakan runtuhnya penghalang dan munculnya era baru inklusivitas dan representasi. Kolaborasi Nike dengan Saeedah Haque juga melampaui tren mode.

Ini berfungsi sebagai pengingat bahwa fashion memiliki kekuatan untuk menjadi jembatan antar budaya, memungkinkan perayaan keragaman dan amplifikasi suara yang telah lama kurang terwakili. Saat Saeedah terus membuat gebrakan dengan desain inovatif dan praktik etisnya, kolaborasi ini muncul sebagai perwujudan persatuan melalui seni, budaya, dan kreativitas.

Di laman Instagram pribadinya @saeedah haque telah mendapat respon positif dari para pengikutnya. "Sejarah telah dibuat," tulis seorang warganet.

"Tidak sabar untuk mengungkap karya luar biasa Anda kepada dunia! tulis yang lainnya.

"Seandainya kami dapat mengakses (membelinya di wilayah kami)😣 @saeedahhaque Sydney Australia," harap yang lain sepertinya ingin membeli produk tersebut.

"Tolong @nike membuat koleksi permanen dengan pengiriman internasional dan ambil semua uang saya," sambung yang lain.

3 dari 4 halaman

Sejarah Penggunaan Niqab

Mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, Sabtu (19/8/2023), niqab merupakan sejenis pakaian penutup yang digunakan oleh wanita, yang menutupi seluruh tubuh kecuali area mata. Ada pula pendapat yang mendefinisikan niqab sebagai penutup wajah wanita Muslim kecuali mata.

Meskipun sering dikaitkan dengan budaya Arab, asal-usul niqab sebenarnya menurut catatan sejarah, bukanlah pakaian yang secara eksklusif dari budaya Arab. Penggunaan pakaian penutup yang serupa dengan niqab telah ada sejak masa-masa sebelum Islam di seluruh dunia.

Sebagai contoh, dalam sejarah masyarakat Persia, terutama pada zaman Sassanid Iran, praktik penggunaan pakaian penutup yang menutupi seluruh tubuh wanita sudah menjadi bagian dari tradisi mereka.

Begitu pula, di berbagai negara lain seperti masyarakat India, Pakistan, dan Bangladesh, terdapat juga tradisi penggunaan pakaian penutup yang menyerupai niqab. Pakaian seperti purdah di India atau burqa di Pakistan dan Bangladesh juga mencerminkan praktik penutupan tubuh wanita yang serupa dengan niqab. 

4 dari 4 halaman

Definisi Awal Niqab Sebagai Kain Penutup

Niqab, atau yang dikenal juga sebagai cadar, adalah sejenis kain yang digunakan oleh wanita Muslim atau Muslimah untuk menutupi seluruh tubuhnya. Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI menjelaskan niqab adalah kain penutup seluruh tubuh wanita, termasuk kepala dan wajah, kecuali bagian mata.

Niqab adalah penutup tubuh yang biasanya terbuat dari kain yang longgar dan lembut, dan dapat dilipat atau diikat dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan preferensi setiap individu. Penggunaan niqab memiliki tujuan utama untuk menjaga aurat atau privasi perempuan Muslim.

Aurat adalah bagian tubuh yang seharusnya ditutupi agar terhindar dari pandangan orang lain yang bukan mahram (orang-orang yang diharamkan untuk menikahi). Asal-usul istilah "cadar" berasal dari bahasa Persia, yaitu "chador," yang memiliki arti "tenda."

Dalam bahasa Arab, istilah yang digunakan untuk cadar adalah Niqab. Bentuk jamak dari Niqab adalah Nuqūb. Menurut kamus Al-Munawwir, Niqab memiliki arti sebagai kain penutup muka. Adapun dalam kamus Lisaanul Arab, kata Niqab adalah merujuk pada kain yang digunakan untuk menutupi wajah perempuan, sehingga hanya kedua mata yang terlihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.