Sukses

6 Camilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Pengidap Diabetes Seperti Panji Petualang

Diabetes seperti yang diidap Panji Petualang perlu pengaturan pola makan yang tepat guna menjaga kadar gula darah tetap stabil. Jadi, mengatur pola makan atau bahkan camilan merupakan hal yang penting.

Liputan6.com, Jakarta - Konten kreator sekaligus pembawa acara tentang satwa, Panji Petualang sedang mengalami penurunan kesehatan. Dia diketahui menderita sakit diabetes hingga tubuhnya kini tampak lebih kurus dari sebelumnya .Penampilan terbaru Panji Petualang membuat publik kaget sekaligus khawatir.

Tubuhnya semakin kurus akibat diabetes. Saat berobat ke klinik, kadar gula darah Panji terbilang sangat tingggi, yakni menyentuh angka 292 mg/dL. Angka tersebut sudah jauh melebihi batas angka normal yaitu sekitar 200 mg/dL. Untuk mengontrol kadar gula dalam tubuhnya, sahabat Irfan Hakim ini harus mengonsumsi obat selama sisa hidupnya.

"Gula ini penyakit kronis, kalau dalam medis, pengobatan penyakit gula itu seumur hidup. Jadi harus konsumsi obat seumur hidup. Yang ditakutkan adalah komplikasi ke organ-organ lain," tutur dokter yang menangani Panji dikutip dari YouTube Panji Petualang, Rabu, 9 Agustus 2023.

Saat bertemu anggota DPR yang juga seorang Youtuber, Dedi Mulyadi, Panji mengaku telah sakit diabetes selama lima bulan terakhir. Selama menderita penyakit itu, bobot tubuh pemilik nama asli Muhammad Panji ini menyusut.

"Wajahnya kelihatan pucat, tidak segar lagi," kata Dedi Mulyadi, dikutip dari video di kanal YouTube miliknya, Kamis, 10 Agustus 2023. Bagi pengidap diabetes seperti dialami presenter berusia 34 tahun itu, selain disiplin menjalani pengobatan, memilih camilan sehat dan ramah gula darah menjadi hal penting.

Diabetes adalah kondisi kronis yang memerlukan pengaturan pola makan yang tepat guna menjaga kadar gula darah tetap stabil. Jadi, mengatur pola makan atau bahkan camilan merupakan hal yang penting.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aman Bagi Pengidap Diabetes

 

Jika Anda sedang dalam masa pengobatan diabetes seperti dialami Panji, penting untuk kembali membicarakan dengan dokter terkait camilan yang akan Anda makan. Dilansir dari kanal Hot Liputan6.com dan berbagai sumber lannya, berikut enam camilan sehat yang tergolong aman dan biasa dikonsumsi pengidap diabetes

1. Kacang tanah panggang

Mengandung serat, protein, lemak sehat, dan vitamin E yang cukup tinggi, kacang tanah bisa menjadi pilihan camilan sehat bagi pengidap diabetes. Serat dalam kacang tanah membantu menjaga gula darah stabil dan memperlambat penyerapan glukosa dari makanan.

Sementara itu, protein dan lemak sehat dalam kacang tanah bisa membantu menjaga rasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengendalikan nafsu makan.

2. Granola

Granola merupakan makanan yang terdiri dari berbagai komponen seperti oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan madu. Selain itu, makanan ini juga dapat dinikmati dengan yogurt atau potogan buah.

Bagi para pengidap diabetes, bisa memuaskan keinginan untuk menyantap makanan manis dengan mengonsumsi granola ini. Gandum dan kacang-kacangan pada granola memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga tak hanya mengenyangkan, tapi kamu juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tergolong camilan yang aman, namun kamu tetap perlu memperhatikan kandungan pada granola. Pilih granola yang memiliki kandungan gula dan lemak yang rendah.

3 dari 4 halaman

3. Buah-buahan

Buah merupakan sumber makanan manis alami yang tidak berbahaya. Kamu bisa menghidangkan buah-buahan sesuai selera. Agar lebih menarik, kamu bisa mengkreasikannya dengan membuat salad buah atau smoothies.

Agar lebih aman, pilihlah buah dengan indeks glikemik rendah seperti pisang, apel, dan kiwi. Hindari untuk mengonsumsi buah-buahan yang sudah diproses seperti buah kalengan atau manisan, karena kandungan pemanis di dalamnya sangat tinggi.

Buah pisang misalnya, mengandung serat, vitamin C, kalium, dan vitamin B6 yang cukup tinggi. Serat dalam pisang membantu mengatur gula darah dan pencernaan, sementara kalium baik untuk menjaga tekanan darah normal dan kesehatan jantung.

Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin B6 berperan dalam metabolisme karbohidrat dan protein. Hindari untuk mengonsumsi buah-buahan yang sudah diproses seperti buah kalengan atau manisan, karena kandungan pemanis di dalamnya sangat tinggi.

4. Tahu bakar

Tahu bakar adalah camilan tradisional yang banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia. Tahu mengandung protein tinggi dan rendah karbohidrat sehingga baik untuk penderita diabetes. Protein dalam tahu membantu menjaga massa otot, sementara karbohidrat yang rendah membantu mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba.

4 dari 4 halaman

5. Biskuit Gandum

Bagi penderita diabetes, tetap bisa mengonsumsi biskuit untuk dijadikan camilan. Namun, biskuit yang bisa dimakan untuk penderita diabetes adalah yang berbahan dasar gandum. Soalnya, gandum akan membuat kamu kenyang dan memiliki manfaat bagi kesehatan, karena mengandung serat alami.

Serat alami dari gandum ini dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, kelebihan berat badan, dan penyumbatan pada saluran darah. Salain pada gandum, serat alami ini juga bisa didapatkan lewat bahan makanan seperti beras merah, roti gandum sereal, oatmeal, dan bubur yang terbuat dari kacang-kacangan.

 6. Yogurt Rendah Lenak

Yogurt rendah lemak merupakan sumber kalsium dan protein yang baik bagi tubuh. Asupan yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai camilan untuk menunda lapar, sekaligus menambah energi.

Meski aman, penderita diabetes harus tetap memerhatikan jumlah camilan yang dikonsumsi, agar tidak berlebihan. Selama dikonsumsi dalam jumlah dan takaran yang tepat, pengidap diabetes tetap dapat menikmati camilan sehat dan enak, tanpa khawatir gula darah akan meningkat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini