Sukses

Menikmati Ragam Kuliner Nusantara di Kampoeng Tempo Doeloe JF3 Food Festival 2023, Ada 10 Makanan Legendaris

Festival kuliner ikonis Kampoeng Tempo Doeloe, yang sekarang merupakan bagian dari rangkaian JF3 2023, hadir kembali di La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading, pada 3 Agustus--3 September 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir seluruh meja di area festival kuliner Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) penuh terisi pada Jumat sore, 4 Agustus 2023. Setelah absen karena pandemi COVID-19, event ikonis ini kembali terselenggara untuk ke-18 kali pada 3 Agustus--3 September 2023 di La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Selain KTD, yang sekarang merupakan bagian dari rangkaian JF3 Food Festival 2023, ada pula Wonderful Culinary Expo (WCE) yang keseluruhan acaranya mengusung tema "Jelajah Kuliner Nusantara." "Kami bersyukur JF3 tahun ini dapat kembali hadir dan mendapat dukungan dari berbagai pihak," kata Chairman JF3, Soegianto Nagaria, dalam keterangannya.

Ia menyambung, "Sejalan dengan semangat pemberdayaan yang jadi misi JF3 2023, melalui KTD, kami mengajak seluruh pihak untuk terus mengenal, menikmati, mencintai, dan mendukung keberlangsungan pemberdayaan UMKM lokal, khususnya di industri kuliner Indonesia, sehingga warisan kuliner Nusantara tetap lestari hingga lintas generasi."

"Kami harapkan para pelaku usaha kuliner dapat memanfaatkan JF3 sebagai sarana mengembangkan bisnis yang lebih baik dan kompetitif, bahkan nantinya mampu bersaing di pasar internasional," tandasnya.

Tahun ini, KTD menghadirkan lebih dari 600 menu makanan Indonesia di 100 tenant terpilih dari berbagai daerah, mulai dari Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi. Di antaranya, ada 10 makanan legendaris favorit, yakni Otak- Otak Binatu An, Pisang Goreng Madu & Rumah Jajan Bu Nanik, Se'i Sapi Lamalera, Pukis Telur Kampung Sumber Rejeki, Nasi Empal Bu Marie, Waroeng Kopi dan Roti Panggang TUNG TAU sejak 1938, Bubur Ikan Pontianak Ango, Es Podeng DAPLUN, Sop Konro Karebosi & Coto Makassar, serta Bakso Ikan Telur Asin Ahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kurasi Kuliner Legendaris

Kuliner Legendaris di KTD 2023 dipilih berdasarkan kurasi internal dengan kriteria-kriteria, termasuk nilai legendaris, bersejarah, dan kepopuleran menu dari masing-masing daerah asalnya. Terlepas dari itu, pengunjung masih bisa menikmati berbagai makanan Indonesia yang tidak kalah menggugah selera.

Saat saya berkeliling pada Jumat sore, hidangan seperti bakmi jawa pun jadi salah satu yang membuat pengunjung antre. Di sini, pengunjung bisa langsung membaca menu yang sudah dilengkapi harga makanan di depan booth. Pembayaran dengan opsi non-tunai pun bisa langsung dilakukan di booth.

Selain itu, WCE juga tidak kalah menarik. Berlokasi di area yang sama, WCE menghadirkan beragam kopi terbaik Nusantara, seperti kopi Gayo, Toraja, Jawa, Flores, Bali, dan Papua.

Penyelenggaraannya bekerja sama dengan Strada Coffee yang mengolah biji kopi menggunakan standar internasional bersertifikasi, sehingga "rasa dan kualitasnya tidak kalah dari kopi impor," catat pihaknya. Selain kopi, hadir pula beragam olahan cokelat, keju, dan makanan lain yang sayang untuk dilewatkan.

 

3 dari 4 halaman

Bak Pasar Malam

Selain ragam kuliner Nusantara, KTD 2023 juga menggelar beragam pertunjukan spesial, seperti penampilan musik tradisional dan band setiap hari. Tidak ketinggalan, hiburan musik dari beberapa artis, seperti Adera pada 12 Agustus 2023 dan Nidji pada 18 Agustus 2023, juga akan hadir menambah semarak suasana.

Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seru, mulai dari kelas memasak sampai lempar cincin. Mengusung konsep seperti pasar malam, pengunjung pun dapat menikmati 10 wahana seru, mulai dari bianglala, kora-kora, ontang anting, carousel, ombak banyu, kincir mini, kereta, istana balon, bola air, sampai bermain perahu.

Harga tiketnya berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp30 ribu. Selama penyelenggarannya, KTD dapat disambangi pada Senin hingga Kamis pukul 16.00--22.00 WIB, Jumat pukul 16.00--23.00 WIB, Sabtu dan Hari Libur pukul 11.00--23.00 WIB, serta Minggu pukul 11.00--22.00 WIB.

JF3 sendiri merupakan festival fesyen dan kuliner yang sudah terselenggara sejak 2004. Agenda fesyennya secara resmi selesai pada 31 Juli 2023. Bertajuk "Power to Empower," JF3 Fashion Festival digelar untuk ke-19 kali tahun ini.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, JF3  Fashion Festival 2023 berlangsung di dua lokasi, yakni Summarecon Mall Serpong dan Summarecon Mall Kelapa Gading.

4 dari 4 halaman

2 Agenda Utama

Ada dua agenda utama dalam rangkaiannya, yakni Fashion Village yang melibatkan total 84 pelaku bisnis mode lokal yang berlangsung di Summarecon Mall Serpong (SMS) pada 5--19 Juli 2023. Lalu, acara tersebut dilanjutkan di Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG) pada 19--30 Juli 2023.

Kedua, terdapat peragaan busana kreasi para desainer Indonesia, baik yang masih muda maupun sudah mapan, pada 17--19 Juli 2023 di SMS dan 21--26 Juli 2023 di MKG.

Soegianto mengatakan saat jumpa pers sebelum show pembuka berlangsung pada 21 Juli 2023, "Dengan tema 'Power to Empower,' kami mengajak berbagai pihak mendukung ekosistem industri mode Indonesia. Melalui eksposur yang diberikan di JF3, kami harap bisa menginspirasi para pelaku industri fesyen untuk mendukung keberlanjutan bisnis mode lokal yang kian tangguh."

Sementara di jumpa pers penutupan pergelaran mode, 26 Juli 2023, ia menyebut, "(Kami) bersyukur sekali JF3 2023 bisa berjalan lancar. Para desainer juga antusias, dan melalui pergelaran ini, kami menangkap kecintaan lebih banyak terhadap produk lokal."

JF3, katanya, masih akan terus berlangsung di edisi-edisi berikutnya dan bermaksud jadi platform yang mendukung, sekaligus mendorong geliat industri mode Tanah Air, baik dalam cakupan pasar lokal maupun global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.