Sukses

Berburu Tiket Pesawat di Cathay Pasific Travel Fair, Terbang ke Hong Kong Mulai dari Rp5 Jutaan

Maskapai asal Hong Kong, Cathay Pacific, menargetkan pemulihan hingga 70 persen pada akhir 2023. Menawarkan harga tiket pesawat yang kompetitif pun jadi salah satu strategi mencapai target tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Agustus 2023 bisa dibilang sebagai pestanya berburu tiket pesawat ke berbagai tempat, khususnya untuk liburan ke luar negeri. Salah satunya dengan memanfaatkan promo yang tersedia di Cathay Pasific Travel Fair 2023 yang digelar di Jakarta dan Surabaya pada 4--6 Agustus 2023.

Begitu memasuki area pameran, pengunjung langsung disuguhi daftar harga tiket pesawat untuk berbagai destinasi. Di urutan pertama, jelas Hong Kong mejeng sebagai kota asal maskapai Cathay Pasific. Harga pesawat yang ditawarkan mulai Rp5 jutaan pp, menggunakan fasilitas kartu kredit CIMB Niaga.

Promo lainnya adalah Taiwan dengan harga mulai Rp5,089 juta pp, disusul Korea Selatan dengan Rp6,496 juta pp, dan Jepang dengan Rp6,315 juta pp. Ketiga negara itu disebutkan Country Manager Cathay Pacific Indonesia Matthew Choi sebagai destinasi paling populer pilihan wisatawan Indonesia untuk berlibur saat ini, selain Hong Kong.

"Kami sangat bangga, meski jaringan layanan (rute) baru pulih sekitar 70 persen, tapi untuk (pasar) Indonesia, nyatanya sudah pulih lebih dari 70 persen," kata Matthew di sela jumpa pers di Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Ia menyebut, maskapai itu saat ini melayani penerbangan dari tiga kota di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, dan Bali. Pihaknya akan terus mengevaluasi perkembangan bisnis mereka di Indonesia, terutama terkait pembukaan rute baru.

"Kami mengamati permintaan tidak hanya terkait pasar Indonesia, tapi juga mereka yang terbang dari luar Indonesia. Mungkin kota tersebut tidak terlalu nyata bagi Indonesia, tapi menjadi hal besar bagi mereka yang dari Hong Kong atau Singapura atau tempat lain. Bila kami melihat itu menguntungkan, permintaan yang baik, dan strategis untuk kawasan, mungkin saja kami akan membukanya," Matthew menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

70 Persen Pulih di Tahun Ini

Setelah terdampak parah pandemi, Matthew menyatakan, sektor aviasi kembali pulih seiring membaiknya industri perjalanan. Ia menyatakan, maskapainya menunjukkan pemulihan yang kuat, terutama ketika otoritas Hong Kong tak lagi menerapkan berbagai syarat yang diberlakukan untuk menghadang penyebaran Covid-19.

"Cathay Pasific secara khusus bisa mencapai target 70 persen dari kapasitas sebelum pandemi Covid-19 pada akhir tahun 2023," ujarnya.

Maskapai itu kini melayani 74 rute penerbangan di seluruh dunia, lebih sedikit dari rute yang dilayani sebelum pandemi yang mencapai sekitar 100 destinasi. Namun, pihaknya meyakini bisa menambah rute jauh lebih banyak dari sebelum pandemi berkat jejaring yang dibangun selama bertahun-tahun, terutama untuk penerbangan jarak jauh seperti ke Amerika Utara dan berbagai negara di Eropa.

Opsi rute yang dijajaki juga akan berbeda dari sebelum pandemi, menimbang perubahan minat pelancong di masa pandemi. Meski begitu, Matthew menolak menyebutkan destinasi yang dimaksud.

"Kami berada di jalur yang sangat tepat dan sangat percaya diri dengan pasar saat ini. Apa yang kami lihat saat ini adalah orang-orang sangat ingin bepergian. Itu hal terpenting. Orang-orang ingin terhubung kembali dengan keluarganya, terhubung kembali dengan makanan yang mereka rindukan, dan karena itu, kami melihat kesempatan besar untuk pameran perjalanan," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Layanan Selama Penerbangan

Terkait harga tiket pesawat, Matthew menyebut bahwa pihaknya berkomitmen menjaga harga tetap kompetitif. Ia meyakini penawaran yang tersedia di pameran perjalanan adalah harga terbaik, meski diakui angkanya tergantung tingkat permintaan dan persediaan.

Di sisi lain, pihaknya juga terus meningkatkan layanan di dalam penerbangan agar bisa memuaskan pelanggan. Sebagai maskapai yang didapuk memiliki layanan inflight terbaik di dunia 2023, Cathay Pasific menawarkan banyak fitur hiburan selama penerbangan. HBO, Netflix, beragam film, serta daftar musik yang bisa dipilih diklaimnya akan membuat penumpang betah.

Begitu pula dengan pilihan makanan yang ada. Ia menyebut Cathay Pasific menawarkan 26 tipe menu yang bisa dipesan sebelum terbang, termasuk makanan halal.

"Untuk penerbangan dengan penumpang didominasi umat muslim, kami secara otomatis menyediakan makanan halal. Jadi, Anda akan melihat opsi yang berbeda untuk penerbangan yang berbeda. Untuk destinasi di luar itu, selalu ada kemungkinan untuk memesan lebih dulu makanan halal, atau makanan vegetarian atau opsi lain," katanya.

4 dari 4 halaman

Program Cashback

Sementara, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi mengatakan, seiring bangkitnya pariwisata internasional dan meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk berwisata ke mancanegara, mereka kembali menggencarkan program-program travel dengan promo menarik. Di Cathay Pacific Travel Fair kali ini, pemegang Kartu Kredit, Kartu Syariah iB, dan Kartu Debit CIMB Niaga bisa mendapatkan voucer diskon hingga Rp6,8 juta berupa cashback, cicilan 0 persen sampai 12 bulan, dan hemat hingga 100 persen dengan menukarkan Poin Xtra CIMB Niaga yang sudah dimiliki.

"Hal ini sebagai apresiasi untuk nasabah dalam rangka menyambut HUT CIMB Niaga yang ke-68 pada 26 September mendatang. Dengan memanfaatkan promo yang kami sediakan, nasabah bisa menikmati liburan berkesan dengan biaya yang lebih hemat," kata Noviady saat membuka Cathay Pacific Travel Fair.

Selain program tersebut, para pemegang kartu kredit CIMB Niaga juga dapat menikmati beragam keuntungan menarik lain, mulai dari nilai tukar mata uang asing yang kompetitif, proteksi perjalanan yang lengkap dan fleksibel melalui asuransi perjalanan Travel Xtra dari Sompo, konversi Asia Miles yang menguntungkan bagi pemegang kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate dan CIMB Niaga Visa Platinum, sampai fasilitas airport lounge di sejumlah bandara terkemuka di dunia.

Untuk melengkapi rencana perjalanan para penggemar wisata ke luar negeri, CIMB Niaga menyediakan produk Tabungan XTRA Savers Valas dengan 13 pilihan mata uang yang menawarkan keuntungan bagi nasabah berupa fitur bertransaksi tanpa konversi nilai tukar dan tanpa biaya admin. Khusus di pameran ini, pecinta perjalanan juga bisa mendapat voucer senilai Rp1 Juta untuk pembukaan Tabungan XTRA Savers Valas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.