Sukses

Selebrasi Hari Jadi L'Oreal Indonesia, Usung Semangat Berbagi hingga Berkontribusi untuk Bumi

L'Oreal Indonesia merayakan bertambahnya usia perusahaan dengan menggelar L'Oreal Citizen Day 2023, kegiatan sosial yang diikuti oleh sekitar 402 karyawan.

Liputan6.com, Jakarta - Selebrasi hari jadi dapat diwujudkan dengan beragam cara yang menarik nan bermakna. Begitu pula dengan L'Oreal Indonesia yang merayakan bertambahnya usia perusahaan dengan menggelar L'Oreal Citizen Day, kegiatan sosial yang diikuti oleh 402 karyawan.

Dalam perayaan L'Oreal Citizen Day 2023, L'Oreal Indonesia menjalin sinergi dengan yayasan nonprofit SOS Children's Villages. Yayasan ini menaungi anak-anak yang telah atau beresiko kehilangan pengasuhan orangtua dan berupaya memenuhi kebutuhan utama mereka, yakni keluarga dan rumah yang penuh kasih sayang.

"Alasannya mengapa Citizen Day itu penting karena benar-benar memberi kembali dan (karyawan) menjadi citizen. Tahun ini tim bermitra dengan SOS Children's Villages dan memberikan dampak positif bagi anak-anak," kata President Director L'Oreal Indonesia Junaid Murtaza saat ditemui di SOS Children's Villages Jakarta, Cibubur, Jakarta Timur, Senin, 31 Juli 2023.

Junaid menambahkan bahwa ratusan karyawan L'Oreal Indonesia ambil bagian di Citizen Day lewat sederet aktivitas berbagi dan berkontribusi untuk Bumi. "Mereka berdedikasi pada beberapa kegiatan, dari menanam pohon, berkebun, melukis, menghabiskan waktu bersama anak-anak," lanjutnya.

"Salah satu favorit saya adalah coaching dan mentoring dengan anak-anak muda yang akan melangkah ke jenjang karier," terang Junaid.

Chief of Corporate Affairs, Engagement, and Sustainability L'Oreal Indonesia Melanie Masriel menyampaikan bahwa Citizen Day adalah perayaan setiap tahun. "Memang di L'Oreal di seluruh dunia itu merayakan ulang tahun L'Oreal dengan berbagi, sebenarnya konsepnya itu," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dinanti Karyawan

Juli ditandai sebagai bulan untuk L'Oreal seantero dunia menggelar Citizen Day. Melanie mengatakan kegiatan yang dilakukan di L'Oreal Citizen Day bisa bermacam-macam, seperti memberi makanan kepada yang membutuhkan hingga ke rumah jompo.

Aksi berbagi ini, dikatakan Melanie, telah dilakukan L'Oreal Indonesia lebih dari 10 tahun. Agenda ini juga jadi salah satu kegiatan yang dinanti para karyawan.

"Ternyata dari survei, kita melihat bahwa kegiatan kebersamaan seperti ini menjadi satu hal yang mereka appreciate terhadap satu perusahaan tempat mereka bekerja dan menjadi satu hal yang mereka bilang tidak didapat di tempat lain," lanjutnya.

Melanie menambahkan, bagi pihaknya, komitmen keberlanjutan L'Oreal for the Future bukan hanya ke luar saja. "Tapi gimana kita bisa menumbuhkan rasa tersebut dari setiap individu yang bekerja di L'Oreal, yang berpartner dengan kita," jelasnya.

Pihaknya juga mengajak serta Brand Ambassador Garnier Mikha Tambayong dalam Citizen Day tahun ini. "Seperti Mikha yang selalu kita ajak setiap tahun untuk ikut kegiatan Citizen Day," tutur Melanie.

3 dari 4 halaman

Ragam Kegiatan

Mikha Tambayong telah menjadi bagian dari keluarga Garnier selama sekitar lima tahun. Ia menyebut bahwa Citizen Day merupakan acara tahunan yang ia nanti-nanti. 

"Aku mencoba meluangkan waktu untuk ikut Citizen Day karena aktivitasnya banyak dan bermanfaat buat orang lain," jelas Mikha dalam kesempatan yang sama.

Mikha menyebut banyak pihak yang ingin berbagi namun tak semua bisa memiliki akses, tidak tahu harus ke mana dan membantu siapa. "Di Citizen Day kita bisa kasih awareness, tahun ini ekstra spesial dengan visi misi SOS Children's Village karena bukan hanya tempat tinggal, tapi juga memberi kasih, tumbuh kembang seseorang berawal dari rumah," lanjutnya.

Sementara, beberapa kegiatan sosial yang dilakukan di SOS Children's Villages dalam L'Oreal Citizen Day 2023, meliputi:

  • Pemberdayaan perempuan seperti pelatihan haircut dan haircare bagi perempuan
  • Peningkatan kapabilitas seperti pelatihan CV dan wawancara kerja, serta pelatihan persiapan kuliah bagi siswa SMA dan kuliah
  • Perbaikan fasilitas seperti penanaman pohon, berkebun, dan mengecat tembok
  • Kegiatan lain, seperti kelas melukis bagi anak-anak.
4 dari 4 halaman

SOS Children's Villages

Fund Development and Communications Director SOS Children's Villages Sumanda Tondang menyebut pihaknya mengapresiasi kehadiran L'Oreal Indonesia yang menggelar Citizen Day di SOS Children's Villages Jakarta. Hal tersebut selaras dengan misi pihaknya untuk membangun keluarga dan masa depan bagi anak yang kehilangan pengasuhan dengan mengasah kemampuan, minat, dan bakatnya serta mendukung pemberdayaan masyarakat.

"SOS Children's Villages adalah yayasan nonprofit bersifat internasional dan kami ada di 136 negara di seluruh dunia dan Indonesia salah satunya. Di Indonesia sudah ada sejak 1972," kata Sumanda.

Ia menjelaskan, "Konsepnya sangat sederhana. Kita membangun keluarga baru, kita punya 15 rumah, di dalamnya ada ibu dan kakak adik konsepnya. Kita percaya, tumbuh kembang anak itu lebih kuat ketika di keluarga, kami berupaya menghindari kalimat yatim piatu, tidak bilang ini panti asuhan, kita bilang ini kampung."

Sumanda juga menyebut kegiatan Citizen Day tak hanya berkontribusi langsung pada pelestarian lingkungan, tapi pihaknya juga merasakan kepedulian L'Oreal akan generasi masa depan bangsa. Ia berharap kolaborasi yang positif dan menyenangkan antara keduanya dapat menghasilkan hubungan baik yang terus berlanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.