Sukses

Dewa 19 Jadi Duta Pariwisata 3 Gili di Lombok, Ahmad Dhani: Kalau Saya Menteri Pariwisata Gili Bakal Lebih Menarik

Pemerintah Provinsi NTB meyakini Dewa 19 yang dimotori Ahmad Dhano bakal membuat Tiga Gili di Lombok Utara akan semakin dikenal oleh masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Grup band senior Dewa 19 dinobatkan menjadi Ambassador atau Duta Pariwisata Gili Tramena (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pemerintah Provinsi NTB meyakini Dewa 19 bakal mampu membuat Tiga Gili di Lombok Utara tersebut akan semakin dikenal oleh masyarakat luas terutama para fans Dewa 19.

Hal tersebut menjadi pertimbangan utama Pemerintah Provinsi NTB, mengingat eksistensi Dewa 19 yang telah menjadi salah satu band legendaris di Indonesia. Gubernur NTB, Zulkieflimansyah secara langsung memberikan penobatan sebagai Ambassador pariwisata kepada personel Dewa 19 yaitu Ahmad Dhani, Marcello Tahitoe, Virzha, Yuke Sampurna dan Agung Yudha Asmara. Sementara personel lainnya, Andra Ramadhan berhalangan hadir dalam acara tersebut.

"Saya sebagai Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat sangat berterima kasih kepada Dewa 19 yang telah bersedia menjadi Ambassador Pariwisata di Gili Tramena, Lombok Utara," ucap Bang Zul sapaan akrab Zulkieflimansyah, dilansir dari kanal Youtube AHMAD DHANI DALAM BERITA, 1 Juli 2023.

Bang Zul meyakini bahwa kuatnya eksistensi Bang Dewa 19 di dunia musik, mampu menghipnotis dan mempengaruhi para penggemar untuk mengunjungi tiga Gili di Lombok.  Ahmad Dhani mengaku begitu antusias dengan terpilihnya Dewa 19 sebagai Duta Pariwisata di Gili Tramena.

"Meskipun saat ini Bali masih menjadi destinasi wisata utama di Indonesia, saya yakin suatu saat Gili juga bisa mendapatkan rekognisi serupa dan setara dengan Bali karena landscape-nya yang sangat indah. Bahkan anak anak saya sangat ingin menghabiskan waktu lebih lama di Gili," tutur Dhani

Menurut Dhani, Dewa 19 merasa mampu mempromosikan wisata tiga Gili eksotis tersebut. "Saya melihat potensi di gili dan memang harus dipromosikan benar-benar gitu. Saya rasa Dewa 19 bisa melakukan hal itu," kata Dhani, usai penobatan di kantor Gubernur NTB, Jumat, 30 Juni 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kedekatan Ahmad Dhani dengan Mataram

Dhani mengatakan, kesanggupannya menjadi brand ambassador pariwisata tiga gili tidak ada kaitannya dengan orangtuanya yang lahir di Mataram. Menurut suami Mulan Jameela itu, kesanggupannya menjadi brand ambassador karena keinginan untuk memajukan pariwisata Indonesia.

"Mama saya memang lahir di Mataram dan kakek saya juga pernah kerja di Mataram, tapi sebenarnya tidak ada hubungannya. Memang saya melihat gili itu potensinya besar sekali, kalau saya jadi menteri pariwisata pasti gili akan jadi lebih menarik," ucap Dhani.

Personel Dewa 19 ini akan merancang strategi kedepannya terkait promosi yang akan dilakukan. Pria berusia 51 tahun ini mengaku target wisatawan yang akan didatangkan hanya dari dalam negeri, sementara untuk wisatawan luar negeri akan terus diupayakan.

Bagi Ahmad Dhani masih banyak wisatawan dalam negeri yang belum mengunjungi tiga gili tersebut, bahkan masih banyak yang tidak mengetahui keberadaan tiga gili.

"Saya rasa masih banyak masyarakat dari daerah lain yang belum pernah ke gili. Teman-teman saya di Jakarta aja masih banyak yang belum pernah ke gili. Jadi fokus sama wisatawan lokal dulu. Ada juga rencana buat bikin lagu tentang gili, ya kita lihat nanti," tutur Dhani.

3 dari 4 halaman

Konser Dewa 19 di Lombok

Usai dinobatkan sebagai brand ambassador tiga gili oleh Pemerintah Provinsi NTB, Dewa 19 kemudian langsung menuju Sirkuit Selaparang, di bekas Bandara Selaparang, Kota Mataram untuk menggelar konser dan menyapa ribuan penggemar mereka di Pulau Lombok. Konser itu digelar beberapa hari setelah para personel Dewa 19 dan keluarganya berlibur di Gili Trawangan.

Gili Tramena berada di Kabupaten Lombok Utara, NTB. Hasil pemekaran dari Kabupaten Lombok Barat ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2008. Lombok Utara merupakan kabupaten termuda di NTB yang memiliki luas wilayah daratan 809,53 kilometer persegi.

Kabupaten ini beribu kota di Tanjung yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan. Kabupaten Lombok Utara secara administrastif terbagi dalam lima kecamatan dan 43 desa. Jumlah penduduknya pada 2021 mencapai 252.942 jiwa.

Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan berada di kawasan barat pantai Lombok, serta mampu menampilkan gambaran keindahan pantai-pantai yang berada di Lombok. Lokasi Gili Air terletak di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Gili Air merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan Pulau Lombok.

4 dari 4 halaman

Gili Trawangan Bebas Kendaraan Bermotor

Sedangkan di Gili Meno terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Pasirnya putih dan masih alami. Di Gili Meno kendaraan bermotor sangat dibatasi, demikian pula penggunaan listrik.

Alternatif kendaraan hanya terdapat sepeda dan cidomo. Kawasan perairan di gili ini menjadi salah satu lokasi andalan untuk snorkeling atau berenang sambil menikmati karang dan biodiversitasnya.

Sementara Gili Trawangan disebut-sebut punya fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam dibanding dua gili lainnya. Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang acaranya dirotasi setiap malam oleh sejumlah tempat hiburan. Meski begitu Gili Trawangan juga termasuk kawasan bebas kendaraan bermotor.

Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini