Sukses

Tips Jalan Seharian di Ancol Buat Remaja dan Keluarga di Masa Liburan Sekolah

Di masa liburan sekolah ini, Ancol berusaha tetap relevan di tengah perkembangan zaman dan dinamika kebutuhan wisata.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan akhir semester atau musim liburan sekolah telah tiba. Bagi warga Jakartadan sekitarnya, salah satu aktivitas menarik adalah dengan menghabiskan waktu liburan dengan berwisata, salah satunya ke Ancol, Jakarta Utara. Dibangun sejak 1965, Ancol berusaha tetap relevan di tengah perkembangan zaman dan dinamika kebutuhan wisata.

“Sampai saat ini kita punya banyak unit rekreasi yang memiliki keunggulan masing-masing serta Resort Putri Duyung Ancol dan Pulau Bidadari yang menjadikan Ancol kawasan wisata terpadu dan terbesar di Indonesia,” terang Eddy Prastiyo, Direktur, PT Pembangunan Jaya Ancol, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa, 27 Juni 2023.

Unit rekreasi yang dimiliki Ancol adalah Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Jakarta Bird Land, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventure, Pantai Ancol, Ecopark Ancol dan Pasar Seni Ancol. Selain itu ada beberapa unit rekreasi kerja sama dengan mitra yaitu Faunaland Ancol dan Gondola.

Di masa liburan sekolah, anak-anak biasanya berkunjung bersama keluarganya. Sedangkan mereka yang sudah beranjak remaja seperti siswa SMA dan mahasiswa, umumnya lebih memilih datang bersama sahabat atau bestie mereka.

Berikut tips jalan-jalan seharian di Ancol bagi para remaja.

1. Dunia Fantasi (Dufan)

Pengunjung remaja biasanya selalu memulai petualangannya di Ancol dengan mengunjungiDunia Fantasi (Dufan) yang menawarkan 32 wahana seru. Mulai dari menguji adrenalindi wahana Halilintar, duduk rileks di wahana Istana Boneka, hingga menaiki Kora-kora yang menjadi salah satu wahana favorit di Dufan.

2. Atlantis

Selanjutnya, kamu bisa temukan beragam kejaiban di Atlantis Water Adventure, taman bermain air di kawasan Ancol Dreamland yang bertemakan peradaban mediterania kuno. Di dalamnya, kamu bisa mencoba beragam jenis kolam dan seluncuran yang asyik dan menantang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Ombak Laut

Setelah seharian mengeksplorasi berbagai wahana, kamu bisa rehat dan menikmati hidangan sedap di restoran Ombak Laut yang berlokasi di Pantai Carnaval Ancol. Ombak Laut menyajikan macam-macam hidangan mulai dari seafood hingga makanan Western.

Selanjutnya tips jalan-jalan seharian di Ancol bagi para keluarga yang berkunjung.

1 Ecopark Ancol

Coba datang pagi-pagi dan awali petualanganmu dengan menikmati asrinya Ecopark Ancol yang sangat luas. Ecopark terdiri dari empat zona yang yang menawarkan nilai-nilai edukasi dan petualangan dengan pendekatan green lifestyle.

2. Sea World

Setelah itu, mari mengajak anak-anak bereduwisata di Sea World yang memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar dan 11.500 ekor biota air laut.

Biota-biota tersebut ditampilkandi 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.

3. Ocean Dream Samudera

Wahana ini adalah unit oceanarium terbesar yang diresmikan pada 1974. Ajak anak-anak kemari agar bisa lebih dekat dengan mamalia laut serta aneka satwa lainnya.

4. Jakarta Bird Land

Sesuai dengan namanya, wahana ini menampilkan berbagai jenis spesies burung dari Indonesia maupun mancanegara. Unit rekreasi ini menawarkan berbagai interaksi mulai dari Bird Feeding, Direct Touch sampai interaksi baru seperti Free Range Bird dan Thematic Hardscape yang tidak ada di taman burung manapun di Indonesia.

3 dari 4 halaman

5. Pantai Ancol

Menjelang sore hari, jangan lupa bersantai di kawasan pantai Ancol yang memiliki area wisata cukup luas yaitu selebar 8 meter dan panjang 3,5 kilometer. Disana juga adabeberapa permainan seru untuk anak-anak, seperti Kiddy Ride, Swan Paddle Boat, danBumper Boat. Sebelum pulang, pastikan untuk menikmati sunset dari pinggir panta

 

Selain menyediakan berbagai wahana, Ancol juga memiliki unsur edukasi di dalamnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, Ancol pun terpacu untuk melakukan inovasi teknologi agar dapat terus berkembang dan bertahan. Hal ini diwujudkan dengan program digitalisasi pada mekanisme penjualan tiket yang saat ini dilakukan secara daring melalui websitewww.ancol.com.

Program ini dapat membantu proses penjualan tiket tanpa antrian, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja yang tentunya akan memberikan pengalaman terbaik saat berwisata. "Untuk memenuhi kepuasan pelanggan, penjualan tiket secara online bisa lebih mempermudah pengunjung dan bisa dilakukan saat di rumah atau di mana saja, kapan saja," ucap Eddy.

Dalam hal ini Ancol bekerja sama dengan sejumlah pihak. Salah satunya adalah GOERS–sebuah marketplace tiket event, destinasi dan aktivitas berbasis aplikasi dan website, sistem pemesanan dan reservasi secara online hingga manajemen kunjungan di lokasi.

 

4 dari 4 halaman

Manajemen Reservasi, Kunjungan dan Ticketing Ancol

Lewat teknologi GOERS Experience Manager (GEM) Solution, startup ini telah menjadi mitra digitalisasi dari sekitar 1.000 event organizers dan venue atraksi. GEM Solution adalah solusi teknologi terintegrasi untuk manajemen reservasi, kunjungan dan ticketing. Teknologi ini mempermudah Ancol mendigitalisasi operasional dan mendapatkan data yang mendukung kinerja mereka tanpa perlu menggelontorkan dana investasi yang besar.

"Data ini penting karena masa peak season di Indonesia hanya 103-115 hari saja. Artinya, destinasi wisata hanya punya hingga 115 hari dalam setahun untuk mendapatkan revenue optimal.  Jadi, semua keputusan strategis harus berdasarkan data yang hanya didapatkan lewat implementasi teknologi," jelas Ferdinand Octavilano, Managing Director, GOERS.

GEM Solution by GOERS dalam hal ini bekerja sama dan menyediakan solusi untuk Ancol mengidentifikasi produk bundle kunjungan menjadi lebih mudah. Program bundlei ini ditujukan untuk memaksimalkan potensi dan pemerataan revenue di setiap unit yang ada di dalam Ancol.

Yang tidak kalah penting, Ancol sekarang punya opsi pembayaran tiket yang variatif sebagai wujud financial inclusivity. Masyarakat sudah memanfaatkan cashless payment untuk membeli tiket atraksi, termasuk pembelian tiket secara mandiri dengan self-ticketing kiosk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.