Sukses

Lionel Messi Dikabarkan Batal ke Indonesia dan Malah Pergi Liburan, Erick Thohir Beri Tanggapan

Kabar Lionel Messi tidak datang ke Indonesia bersama pemain timnas Argentina mulai muncul sejak akhir pekan kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Lionel Messi batal datang ke Indonesia sudah terdengar sejak pekan lalu. Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia dijadwalkan menjalani pertandingan FIFA Matchday melawan Timnas Argentina pada Senin, 19 Juni 2023. Semula, Lionel Messi dikabarkan masuk dalam daftar pemain Timas Argentina.

Namun pada Sabtu, 10 Juni 2023, Messi justru disebut batal datang ke Indonesia. Hal ini pertama kali diungkap jurnalis ESPN Argentina, Leo Paradize. Saat ini, Messi bersama timnas Argentina tengah berada di Beijing, China untuk melakoni pertandingan dengan Australia.

Hanya saja, dikabarkan bahwa kedatangan Messi membuat situasi di sana jadi kurang kondusif. Hal ini membuat Messi merasa kurang nyaman, khawatir kejadian serupa akan terulang terjadi di Indonesia. "Lionel Messi sampai di Beijing dan menghasilkan revolusi,” tulis Paradize di akun Twitter-nya, Sabtu, 10 Juni 2023.

Dalam kabar terbaru, jurnalis TyC Sport, Gaston Edul, menyerukan narasi serupa melalui media sosialnya, Selasa 13 Juni 2023. Ia berkata, "Leo Messi akan bermain melawan Australia, tapi ia tidak akan datang ke Indonesia."

"Ia bahkan tidak akan bepergian ke Indonesia. Setelah (melawan) Australia, ia (Messi) akan berlibur," sambungnya, tanpa menyertakan keterangan ke mana bintang sepak bola itu akan menghabiskan liburan musim panas.

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka suara terkait Messi yang disebut tidak akan datang ke Indonesia. Erick mengingatkan masyarakat penikmat sepak bola bahwa pertandingan persahabatan pada 19 Juni 2023 adalah laga Indonesia melawan Argentina, bukan Indonesia melawan Messi All Star, lapor Antara, seperti dirangkum kanal Bola Liputan6.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Erick Thohir

Hal itu dilontarkan Erick Thohir ketika diminta menanggapi reaksi warganet yang menyebut sejumlah pemilik tiket pertandingan Indonesia melawan Argentina berencana meminta pengembalian uang. Ini menyusul kabar mega bintang Lionel Messi tidak akan ikut serta dalam skuad La Albiceleste ke Jakarta.

Di atas kertas, Erick menegaskan bahwa laga Timnas Indonesia melawan Argentina statusnya sama dengan Indonesia melawan Palestina yang akan berlangsung hari ini, Rabu (14/6/2023) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, yakni FIFA Matchday.

"FIFA Matchday itu kita mencari poin, dengan Palestina besok malam itu kita (juga) mencari poin," ujar dia.

Erick mengakui bahwa menghadapi Argentina tidak bisa disamakan begitu saja dengan melawan Palestina. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, harus melakukan persiapan lebih matang, mengingat tim yang dihadapi berstatus jawara Piala Dunia 2022.

Kendati demikian, Erick meminta semua pihak tidak terfokus hanya pada laga kontra Argentina saja dan mengabaikan laga timnas Indonesia melawan Palestina. Pertandingan ini, sebutnya, memengaruhi poin dan peringkat skuad Garuda di ranking FIFA.

 

3 dari 4 halaman

Laga Kontra Timnas Argentina

Secara khusus, Erick menyebut bahwa laga kontra Argentina adalah momen penting untuk meningkatkan mental dan persepsi sepak bola Indonesia di mata dunia. "Saya sudah janjikan ada delapan FIFA Matchday, tujuh mencari ranking, satu mencari peningkatan mental dan persepsi sepak bola dunia bahwa sepak bola Indonesia bangun dari tidur," katanya.

Ia menyambung, laga kontra Argentina cukup membuka kemungkinan Indonesia menghadapi negara-negara kuat lain dalam kalender FIFA Matchday di kemudian hari. Berkenaan dengan penikmat sepak bola Indonesia yang terancam kecewa lantaran batal menyaksikan Messi dari dekat, Erick hanya bisa mengingatkan bahwa memang pertandingan didesain Indonesia lawan Argentina, bukan Indonesia lawan Messi All Star.

"Saya berdoa Messi-nya terbang, mendarat, bermain, kan itu yang bisa saya lakukan. Jadi ini bukan pertandingan Indonesia melawan Messi All Star," tandas Erick.

Awal pekan ini, Instagram Menteri BUMN itu sudah digeruduk warganet yang mengaku kecewa Messi dikabarkan batal datang bersama Timnas Argentina. "Kita bayar mahal buat datangkan Argentina, masa yang main cuma pemain pelapis pak. Tolong dilobi lagi pak federasi Argentina," komentar seorang warganet.

4 dari 4 halaman

Belum Pernah Beri Kepastian Kedatangan Lionel Messi

Erick Thohir memang belum pernah memberi jawaban pasti terkait kedatangan Lionel Messi saat FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Argentina dimumkan. Menurutnya, kepastian terkait hal itu sepenuhnya berada di tangan tim berjulukan Albiceleste itu.

Hanya saja, Erick meyakini Timnas Argentina bakal datang membawa kekuatan terbaik. "Tentu kalau bicara kehadiran bintang-bintang Argentina, saya percayakan pada Argentina itu sendiri karena saya yakin Argentina datang ke Indonesia dengan benar-benar membawa tim terbaik," tutur Erick dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 24 Mei 2023, dilansir dari kanal Bola Liputan6.com.

Ia juga sempat mengungkap alasan Timnas Argentina yang berstatus sebagai juara Piala Dunia 2022 rela diundang bertanding di Tanah Air. Menurut Erick, Argentina sendiri memang melihat Indonesia sebagai negara pecinta sepak bola.

Untuk itu, kesempatan ini bisa dimanfaatkan mereka untuk sekaligus menyapa penggemar, baik sebagai tim maupun secara individu. "Kala tim Argentina mau main di kita kan, jelek-jelek gini juara SEA Games. Artinya apa, kita bisa memposisikan sebagai negara terbaik di Asia Tenggara. Jadi enjoy saja dulu," tutur Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.