Sukses

Rendah Gula dan Lebih Sehat, Ini Berbagai Sumber Karbohidrat yang Bisa Dipilih Sebagai Pengganti Nasi Putih

Oleh karena itu, sebaiknya mulailah mencari alternatif sumber karbohidrat lainnya yang lebih sehat dan rendah gula. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Momen sarapan, makan siang, hingga makan malam rasanya akan kurang pas bagi orang Indonesia bila tak menyantap nasi putih. Yup, nasi putih memang bisa dikatakan sebagai setengah belahan jiwa masyarakat Indonesia. Mau lauk apapun tak akan jadi masalah selama ada nasi putih di atas meja makan. Ibarat makan nasi putih pakai kerupuk dan kecap manis pun tak akan jadi masalah.

Walau begitu, menyantap nasi putih yang terlalu sering ternyata tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebab, sumber karbohidrat ini memiliki kadar gula yang tinggi, apalagi jika dimakan saat masih dalam kondisi panas. Apabila kadar gula yang terdapat di dalam tubuh sudah berlebih, bisa jadi risiko terkena diabetes juga akan ikut meningkat. 

Oleh karena itu, sebaiknya mulailah mencari alternatif sumber karbohidrat lainnya yang lebih sehat dan rendah gula. Apa saja?

1. Kentang

Di negara-negara Eropa, seperti Italia, Spanyol, dan Belanda, kentang menjadi makanan pokok yang biasa disantap sehari-hari. Bahan makanan ini memang sering dipilih karena memiliki serat yang tinggi, sehingga bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, kentang juga dapat diolah menjadi berbagai makanan yang enak dan tak membosankan. Namun, jika ingin olahan kentang yang gampang dibuat tapi tetap lezat, maka kamu bisa memilih mashed potato sebagai salah satu opsinya.

2. Oatmeal

Sama seperti kentang, oatmeal juga merupakan sumber karbohidrat pengganti nasi putih yang sehat untuk dikonsumsi. Kandungan serat di dalamnya pun tinggi, dan bahkan mampu membuat perut lebih cepat kenyang. Itulah mengapa, banyak orang yang memilih bahan makanan ini saat sedang menjalankan program diet.

Untungnya, saat ini ada beragam produk oatmeal instant yang dipasarkan. Oatmeal ini sangat cocok bagi kamu yang tak punya banyak waktu senggang namun tetap ingin menjalankan hidup sehat. Pasalnya, membuat oatmeal instan cuma butuh waktu sedikit saja, bahkan terkadang tak sampai 5 menit. Selain itu, kamu pun bisa menyantap oatmeal dengan berbagai topping yang sedap, misalnya buah-buahan atau bahkan madu sekalipun.

 3. Nasi Merah

Bagi kamu yang tak bisa berpisah dari nasi, maka nasi merah bisa menjadi solusi sehat yang bisa dipilih. Berbeda dari nasi putih, nasi merah ini justru cenderung lebih rendah kadar gulanya dan bahkan menyimpan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatanmu. Di antaranya adalah kandungan vitamin B6, zinc, hingga zat besi yang cukup tinggi. 

Selain itu, nasi merah juga bisa disantap dengan jenis lauk apapun. Hanya saja, dalam proses memasaknya, nasi merah ini lebih memerlukan banyak air dibandingkan dengan memasak nasi putih.

4. Gandum

Sumber karbohidrat yang terakhir adalah gandum. Kamu mungkin tak asing lagi dengan sumber karbohidrat yang satu ini, mengingat ada banyak sekali hasil olahan yang kini mengandung gandum di dalamnya. Sebut saja roti gandum, sereal, hingga pasta gandum yang saat ini banyak beredar di pasaran.

Gandum sendiri memang bahan makanan yang tinggi akan nutrisi dan rendah gula. Di dalamnya bahkan terdapat aneka kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin B, selenium, mangan, fosfor, dan tembaga. Bukan cuma itu, gandum nyatanya juga mengandung antioksidan dan senyawa aktif, seperti asam fitat, polifenol, stanol, dan sterol. 

Berbagai sumber karbohidrat seperti di atas sangat bisa dipertimbangkan dan bahkan dipilih untuk menggantikan nasi putih dalam kegiatan bersantap setiap hari. Apalagi karena berbagai sumber karbohidrat ini juga tinggi gizi, sehingga akan mampu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kamu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.