Sukses

Cara Maksimalkan Performa Olahraga dengan Metode Progressive Overload, Apa Itu?

Rai Grama menyebutkan betapa pentingnya tiga pilar dalam kesehatan, “Penting buat kita sehari-hari melakukan aktivitas fisik berupa olahraga, nutrisi yang baik di mana salah satunya adalah pemenuhan protein untuk perkembangan otot serta istirahat yang cukup"

Liputan6.com, Jakarta - Saat olahraga, hampir semua orang pasti menginginkan hasil yang maksimal. Hasil maksimal artinya mencapai tujuan kesehatan yang kita harapkan, dapat berupa menurunkan berat badan, membangun otot, meningkatkan fleksibilitas, atau meningkatkan performa atletik. 

Coach Teguh dari komunitas street workout di Bandung, yaitu Bastard Bandung bersama Rai Gama, semifinalis The New L-Men of The Year, mengedukasi perihal cara mencapai titik maksimal dalam berolahraga. Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Teguh dan Rai membagikan pengalaman pertama mereka berolahraga, fase ketika otot mereka tidak berkembang, serta tips menghadapinya. 

Rai Grama menyebutkan betapa pentingnya tiga pilar dalam kesehatan. "Penting buat kita sehari-hari melakukan aktivitas fisik berupa olahraga, nutrisi yang baik di mana salah satunya adalah pemenuhan protein untuk perkembangan otot serta istirahat yang cukup, hal penting yang kerap kali dilupakan oleh banyak orang," ujarnya kepada 50 peserta weightbody training Nutrihub Strong Week di Bandung, Sabtu, 4 Juni 2023.

Menurut Teguh, dalam berolahraga juga penting untuk memaksimalkan potensi diri dengan metode progressive overload. Melansir dari healthline.com, Progressive Overload adalah metode ketika Anda menambah jumlah beban, frekuensi, dan repetisi secara berkala saat berolahraga terutama latihan angkat beban.

Progressive overload bertujuan memastikan otot terus menerus berkembang tanpa terhenti akibat adanya adaptasi. "Selama berolahraga cobalah untuk meningkatkan intensitas dan menambah variasi gerakan, kalau bisa sampai tubuh kita sudah tidak sanggup lagi untuk melakukannya," ujar Teguh. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Asupan Nutrisi Seimbang

Penting pula untuk menyeimbangkan asupan nutrisi dalam meningkatkan performa olahraga terutama saat berlari. dr. Sam Jolam, Grand Finalist The New L-Men of The Year 2023 memberikan tips untuk carbo-loading bagi para pelari. 

Dilansir dari Generali, Carbo-loading umumnya dilakukan 2 sampai 3 hari sebelum lomba lari marathon melalui peningkatan asupan karbohidrat bagi para peserta marathon. Metode ini bertujuan meningkatkan kadar glikogen dalam otot, sehingga para pelari mendapat cukup tenaga saat berlari dan mampu menyelesaikan marathon hingga ke garis finish. Metode Carbo-loading itu juga menyesuaikan pedoman Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kementerian Kesehatan.

"Dalam satu piring, setengah piring diisi dengan sayur dan buah, sedangkan sisanya diisi dengan makanan pokok dan lauk pauk yang kaya akan karbohidrat, lemak dan protein," ujar pria lulusan FKUI itu.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu langkah yang baik dalam upaya membangun pilar hidup sehat. Hal itu disampaikan dalam kegiatan Nutrihub Strong Week dengan tema #AlwaysStrong yang diadakan oleh Nutrihub Bandung. Pada kegiatan ini juga diadakan sesi sharing dengan audiens yang membagikan pengalaman transformasi tubuh mereka dari overweight atau underweight sampai ke kondisi ideal.

3 dari 4 halaman

Edukasi Gaya Hidup Sehat

Nutrihub Bandung adalah community hub yang diluncurkan oleh PT. Nutrifood Indonesia yang membuka kesempatan bagi berbagai organisasi atau komunitas yang ada di Bandung dalam berkolaborasi untuk berkontribusi pada sektor Green, Health and Education. 

Sejalan dengan tagline NutriHub yakni 'Connect, Collaborate, Innovate', Nutrihub Strong Week resmi diluncurkan pada Kamis, 1 Juni 2023 dan melibatkan lebih dari lima Semifinalist dan Grand Finalist The New L-Men of The Year, serta lima komunitas olahraga asal Bandung yang berpartisipasi di dalamnya, yaitu RIOT Bandung, Barstard Bandung, Kece Run, Tweak Indonesia, Fake Runners serta peserta dari berbagai komunitas olahraga lainnya.

Muhammad Al Faaiz, salah satu perwakilan dari Nutrihub Bandung mengatakan, "Kegiatan ini sejalan dengan misi Nutrifood, yaitu Inspiring a nutritious life, dalam hal ini Nutrihub Strong Week diharapkan dapat mengedukasi dan memberdayakan pentingnya gaya hidup sehat melalui aktivitas olahraga lari, weightbody training serta muaythai bersama dengan komunitas olahraga di Bandung."

Pada kegiatan ini berlangsung juga sesi Inspiring Talkshow dengan tema berbeda setiap serinya yang membahas edukasi seputar nutrisi dan olahraga yang benar serta teratur bersama dengan Semifinalist dan Grand Finalist The New L-Men of The Year 2023.

4 dari 4 halaman

Nutrihub Strong Week

Kegiatan ini didukung oleh salah satu brand unggulan Nutrifood, yaitu L-Men serta didukung oleh Tweak Indonesia, Co-Fitness Space pertama di Indonesia. Program ini akan berlangsung selama empat seri selama Juni yang melibatkan lebih dari 150 peserta dari 5 komunitas olahraga berbeda asal Bandung. 

Saat ini Nutrihub Strong Week telah berjalan dua kali, yaitu pada 1 Juni 2023 bertajuk Running with RIOT Indonesia dan dr. Sam Jolam serta pada Sabtu, 4 Juni 2023, bertajuk Strength with Barstard Bandung dan Rai Grama. 

Aktivitas yang telah dilakukan salah satunya adalah berlari sejauh 5 km dari Nutrihub Bandung, di Jl. Raden Patah No.36, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, menuju Gedung Sate dan kembali lagi ke Nutrihub Bandung yang dilanjutkan dengan sesi Inspiring Talkshow dan Quiz.

Masih ada dua seri Nutrihub Strong Week menantang lainnya yang akan diadakan pada 17 Juni dan 18 Juni 2023 bersama dengan tiga komunitas olahraga di Bandung, yakni Kece Run, Tweak Indonesia, dan Fake Runners beserta tiga Grand Finalist The New L-Men of The Year 2023 yaitu Felix Krisnugraha, Dicky Pardosi, dan dr. Aditya Zulfikar. Kabarnya juga akan hadir Justian Pradinata, The Most Favorite TNLOTY 2022 dan Jason Julius, 2nd Runner Up TNLOTY 2022 yang juga mewakili Indonesia di ajang Mister International 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini