Sukses

Media Malaysia Ragukan Lionel Messi Bakal Perkuat Argentina Saat Hadapi Timnas Indonesia

Saat timnas Argentina menghadapi timnas Indonesia, menurut sebuah media Malaysia, peluang masyarakat Indonesia melihat aksi Lionel Messi sedikit tipis.

Liputan6.com, Jakarta - Tim nasional atau Timnas Argentina bakal menjalani laga persahabatan di benua Asia. Selain Indonesia, juara Piala Dunia 2022 tersebut juga akan menyambangi Negeri Tirai Bambu, China.

Jadwal uji coba ini telah diumumkan lewat akun Twitter resmi tim berjulukan Albiceleste itu. Dalam unggahannya, timnas Argentina menuliskan pertandingan di China akan berlangsung 15 Juni dan di Indonesia 19 Juni 2023.

Selama berada di China, skuad Albiceleste rencananya akan bertemu timnas Australia di Worker's Stadium. Dalam laga persahabatan tersebut, Lionel Messi dikabarkan akan ikut bermain dalam setiap pertandingan.

Namun media Malaysia, Semuanya Bola, ragu melihat Lionel Messi akan turun di laga timnas Argentina melawan timnas Indonesia. Menurut media tersebut pada Selasa (23/5/2023), penilaian itu muncul karena Argentina lebih dulu bersua Australia.

Dalam pandangan Semuanya Bola, pelatih Timnas Argentina Lionel Scaloni akan menurunkan Lionel Messi di laga Argentina vs Australia. Kemudian empat hari berselang, Scaloni akan mencadangkan Messi di laga Timnas Indonesia vs Argentina.

"Peluang masyarakat Indonesia melihat aksi Lionel Messi sedikit tipis. Sebab, Messi lebih dulu menghadapi Australia di China empat hari sebelumnya," tulis Semuanya Bola dalam artikel yang mereka buat.

Pernyataan Semuanya Bola sejatinya bisa dimentahkan lewat statistik berikut ini. Melansir berbagai sumber, terhitung sejak 2019, Messi tak pernah absen dalam semua laga persahabatan yang dijalani Timnas Argentina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kiprah Lionel Messi Bersama Timnas Argentina

Dari 2019-2023, Lionel Messi hanya enam kali absen membela Timnas Argentina. Ia absen di empat laga karena menjalani sanksi dari Federasi Sepak Bola Amerika Selatan atau CONMEBOL. Sementara itu di dua lain lain, Messi absen di dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan karena cedera.

Terbaru, Messi juga turun dalam dua laga uji coba yang dijalani Argentina pada FIFA Matchday Maret 2023. Saat itu, Argentina menghadapi Panama di Buenos Aires pada 24 Maret 2023 dan bertemu Curacao di Santiago del Estero pada 29 Maret 2023.

Dalam dua laga tersebut, Lionel Messi selalu turun penuh selama 90 menit. Saat Argentina menang 2-0 atas Panama, Messi mencetak satu gol. Saat Argentina menggilas Curacao 7-0, Messi mengemas tiga gol atau hattrick.

Satu lagi, promotor atau yang mengurusi kedatangan Timnas Argentina ke Indonesia, tentunya paham keinginan pencinta sepakbola Indonesia yang ingin melihat aksi Messi di Jakarta. Jadi, jika tidak mengalami cedera, sanksi atau hal buruk lain, ayah tiga anak tersebut hampir pasti turun di laga Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina.

 

3 dari 4 halaman

Erick Thohir Melobi Petinggi Sepak Bola Argentina

Kabar kedatangan Negeri Tango beredar di media sosial sepanjang Senin, 22 Mei 2023 berkat kicauan akun resmi Federasi Sepak Bola Argentina (AFA). Kabar menggembirakan ini datang kurang dari seminggu setelah timnas Indonesia U-22 berhasil merebut medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

Mengutip kanal Bola Liputan6.com, isu melawan tim Argentina dalam FIFA Matchday Juni nanti sudah terlihat sejak Ketua Umum PSSI Erick Thohir menghadiri Kongres FIFA ke-73 di Kigali, Rwanda pada Maret 2023. Pada momen itu, dikabarkan Erick Thohir berbicara dengan petinggi AFA untuk membahas rencana Indonesia menghadapi pasukan Lionel Scaloni.

Pada momen tersebut, dikabarkan Erick Thohir berbicara dengan petinggi Federasi Sepakbola Argentina (AFA) untuk membahas rencana Timnas Indonesia melawan tim Argentina.

Erick Thohir memang diketahui memiliki kedekatan dengan banyak tokoh sepak bola internasional. Tak terkecuali di AFA. Erick berteman baik dengan mantan pemain timnas Argentina, Javier Zanetti yang pernah bermain di klub Itala, Inter Milan. Saat Erick Thohir menjadi pemilik mayoritas saham Inter, Zanetti termasuk salah satu pemain andalan dan bahkan sempat menjadi kapten tim.

4 dari 4 halaman

Indonesia Ikuti Jejak Singapura

Isu terus berkembang liar sejak saat itu. Titik terang mulai didapat pada awal Mei 2023 ketika jurnalis Argentina Gaston Edul memberikan bocoran melalui Twitter. Edul berkicau bila tim Tango memang akan beruji coba dengan Indonesia pada Juni nanti.

Kini Argentina benar-benar akan menjadi lawan Marc Klok dan kawan-kawan. Selain itu, terkuak sejumlah fakta menarik dengan hadirnya kabar ini. Indonesia bakal jadi negara Asia Tenggara kedua yang menantang Argentina.

Kehormatan perdana jatuh pada Singapura yang terlebih dahulu menjajal La Albiceleste pada 2017. Bermain di National Stadium pada 13 Juni, Singapura tidak berdaya menyerah 0-6..Federico Fazio, Joaquin Correa, Papu Gomez, Leandro Paredes, Lucas Alario, dan Angel Di Maria mencatatkan nama di papan skor bagi Argentina.

Saat itu Argentina datang tanpa Lionel Messi. Namun, selain para pencetak gol, ada banyak pemain tenar yang masuk rombongan ke Singapura. Paulo Dybala, Manuel Lanzino, Lucas Biglia, hingga Sergio Romero adalah nama-nama yang masuk skuad pertandingan saat itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini