Sukses

Es Krim Seharga Rp95,5 Juta Pecahkan Rekor Es Krim Termahal Sedunia, Bahan Langka dan Bertabur Emas

Brand es krim Jepang, Cellato, berhasil meraih gelar termewah di dunia dari Guinness World Records dengan menciptakan hidangan es krim berbahan spesial yang menjadikan harganya sangat fantastis.

Liputan6.com, Jakarta - Brand es krim Jepang, Cellato, berhasil meraih gelar mewah dari Guinness World Records dengan menciptakan hidangan es krim termahal di dunia. Es krim ini berbahan spesial yang menjadikan harganya sangat fantastis.

Dikutip dari New York Post pada Minggu, 21 Mei 2023, perusahaan es krim Jepang ini berhasil mengumpulkan bahan-bahan paling langka dan mewah untuk menciptakan es krim termahal di dunia. Dengan harga mencapai 880.000 yen Jepang atau sekitar Rp95,5 juta per porsi, harga es krim ini setara dengan harga mobil bekas.

"Rekor Baru: Es Krim Termahal - JP¥873.400 (£5.469; €6.211; $6.696) dibuat oleh OMER di Jepang. Es krim ini termasuk emas yang dapat dimakan, truffle putih, dan keju alami," tulis Guinness World Records dalam Twitternya pada 18 Mei 2023.

Es krim termahal di dunia menurut Guinness World Records ini memiliki rasa yang disebut "Byakuya". Meskipun harganya melambung tinggi, para penikmat es krim ini menjamin bahwa rasanya sangat menakjubkan.

Harga es krim ini sangat mahal karena bahan-bahannya yang langka. Salah satu bahan yang menjadi sorotan adalah “Phantom White Truffle” langka yang tumbuh di Alba, Italia, dengan harga 2 juta yen Jepang (sekitar Rp217 juta) per kilogramnya.

Dilansir dari laman resmi Cellato, truffle putih tersebut juga dikenal sebagai “berlian putih”. Truffle putih tersebut memberi aroma sensual yang unik. Es krim yang kaya rasa dan bertekstur lembut ini memiliki dua jenis keju sebagai rasa dasarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyatukan Bahan Eropa dan Jepang

Keju yang digunakan ialah jenis Parmigiano Reggiano. Es krim ini juga mencampur Sakekasu, hasil sampingan dari produksi sake Jepang, sebuah ramuan tradisional Jepang yang mengandung alkohol sebanyak delapan persen.

Membuat es krim termahal bukanlah satu-satunya tujuan Cellato. Mereka ingin menyatukan bahan-bahan Eropa dan Jepang dalam bentuk rasa es krim yang unik. Untuk mencapai hal ini, Cellato mempercayai pengolahan es krim ini kepada Tadayoshi Yamada, chef kepala di RiVi, restoran ternama di Osaka yang dikenal dengan masakan fusion yang kreatif.

Sayangnya, tim Guinness World Records tidak bisa mencicipi kenikmatan yang indah ini. Namun menurut staf Cellato yang ikut dalam sesi pengecapan, rasanya kaya dan teksturnya lezat.

Mereka mengatakan aroma kuat dari truffle putih memenuhi mulut dan hidung Anda, diikuti oleh rasa kompleks dan rasa buah dari Parmigiano Reggiano. Rasa sakekasu semakin menambah pengalaman rasa yang luar biasa.

3 dari 4 halaman

Dilengkapi dengan Sendok Logam Mewah

Truffle putih dan keju Parmigiano yang terlihat seperti salju ini ditempatkan dengan mewah dan didekorasi dengan taburan emas yang dapat dimakan. Cellato menyarankan penyajian es krim tersebut adalah dengan menuangkan minyak truffle putih ke atasnya sehingga aromanya lebih mewah.

Es krim kemudian diaduk bersama minyak hingga teksturnya cukup lunak supaya mudah dimakan. Jika tekstur masih terlalu keras, harus ditunggu di suhu ruang atau dipanaskan di microwave dengan daya 500W selama 10-20 detik.

Salah satu hal yang juga membuat es krim ini semakin mewah adalah karena pengemasannya dilengkapi dengan sebuah sendok logam yang dibuat dengan tangan oleh pengrajin Takeuchi di Fushimi, Kyoto. Teknik dan bahan yang digunakan dalam pembuatan sendok ini dikatakan sama dengan pembangunan candi dan tempat suci. Cellato mengatakan ada dua pola sendok yang berbeda, dan mereka akan mengirimkan salah satu sendok di setiap kemasan secara acak.

4 dari 4 halaman

Menyempurnakan Rasa Selama 1,5 Tahun

Menurut Cellato, menikmati es krim ini akan semakin enak sambil meminum sake dengan tekstur alkohol seperti asam laktat. Sake yang dibuat secara tradisional juga cocok. Karena es krim ini memiliki rasa asin yang berasal dari fermentasi keju dan sakekasu, anggur putih yang matang dengan keasaman kuat dapat menjadi pasangan yang tepat.

Selain itu, minuman es krim mewah ini juga cocok untuk dinikmati sebagai minuman penutup sebelum tidur dengan minuman keras seperti rum atau grappa. Anda juga dapat menikmatinya dengan sake junmai-shu dari Jepang, Vin Santo dari Italia, atau Pommeau de Normandie dari Normandia, Prancis, yang memiliki rasa manis.

Menurut pejabat Guinness, dibutuhkan 1,5 tahun untuk menyempurnakan rasa tersebut, dengan "banyak percobaan dan kesalahan untuk mendapatkan rasa yang tepat," ujar perwakilan Cellato.

"Meraih gelar Guinness World Records membuat semua usaha tersebut berarti," kata perwakilan Cellato kepada Guinness World Records.

Meskipun Cellato telah mencapai gelar rekor, mereka belum merasa cukup. Cellato berencana untuk merilis produk dengan kombinasi bahan-bahan terbaik lainnya, seperti sampanye dan kaviar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.