Sukses

Harga Tiket Konser Coldplay di Indonesia Paling Mahal Rp11 Juta, Apa Saja Keistimewaannya?

Tiket konser Coldplay di Jakarta akan dijual melalui BCA Presale 17--18 Mei 2023, mulai pukul 10.00 WIB (GMT+7/WIB), lalu obral publik 19 Mei 2023, mulai pukul 10.00 (GMT+7/WIB).

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat simpang siur, promotor Third Eye Management (TEM) dan PEK Entertainment akhirnya merilis layout, sekaligus harga tiket konser Coldplay di Jakarta. Sebagaimana diketahui, band Inggris ini akan menggelar konser perdana di Indonesia pada Rabu, 15 November 2023.

Merujuk unggahan Instagram promotor, Kamis (11/5/2023), harga tiket konser Coldplay dibanderol mulai dari Rp800 ribu sampai Rp11 juta. Dengan nominal yang tidak terbilang murah, apa saja keistimewaan bagi mereka yang rela merogoh kocek lebih dalam?

Masih di unggahan yang sama, pihaknya menyebut kategori paling mahal konser Colpplay di Jakarta sebagai "Ultimate Experience." Pembelinya berhak memperoleh:

  • Satu tiket CAT 1 seharga Rp5 juta
  • Tur belakang panggung sebagai "pengalaman sekali seumur hidup"
  • Akses panggung yang belum pernah ada sebelumnya untuk kesempatan berfoto yang akan dijepret fotografer profesional
  • Pintu masuk khusus ke lokasi konser
  • Merchandise khusus eksklusif untuk pengalaman VIP terbaik
  • Hadiah berkonsep berkelanjutan yang dirancang khusus
  • Akses ke loket merchandise khusus

Pihak promotor juga menyoroti tiket "My Universe" seharga Rp5,7 juta yang meliputi:

  • Satu tiket free standing festival seharga Rp3,5 juta
  • Early entry
  • Pintu masuk khusus ke lokasi konser
  • Hadiah berkonsep berkelanjutan yang dirancang khusus
  • Akses ke loket merchandise khusus

Promotor menulis, "Inilah yang Anda tunggu-tunggu. Layout resmi dan harga tiket #MOTSWT Jakarta. Tiket (konser Coldplay di Jakarta) akan dijual secara eksklusif hanya di coldplayinjakarta.com."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Detail Harga Tiket Konser Coldplay di Jakarta

Promotor konser Coldplay di Jakarta juga menulis, "BCA Presale 17--18 Mei 2023, mulai pukul 10.00 WIB (GMT+7/WIB). Obral publik 19 Mei 2023, mulai pukul 10.00 (GMT+7/WIB)." Secara lebih lengkap, harga tiket konser Coldplay di Jakarta adalah:

  • Ultimate Experience Cat 1 Rp11 Juta
  • My Universe (Festival) Rp5,7 juta
  • Cat 1 (Numbered Seating) Rp5 juta
  • Festival (Free Standing) Rp3,5 juta
  • Cat 2 (Numbered Seating) Rp4 juta
  • Cat 3 (Numbered Seating) Rp3,25 juta
  • Cat 4 (Numbered Seating) Rp2,5 juta
  • Cat 5 (Numbered Seating) Rp1,75 juta
  • Cat 7 (Numbered Seating) Rp1,25 juta
  • Cat 8 (Numbered Seating) Rp800 ribu

Bloomberg sebelumnya melaporkan setelah konser bertajuk "Music of The Spheres" ini dimulai di Kosta Rika pada 18 Maret 2022 bahwa harga tiket pertunjukan ini jadi yang paling murah di dunia, dilansir dari laman publikasi itu Kamis, 4 Mei 2023.

Dituliskan bahwa Coldplay rata-rata membanderol 77,8 dolar AS (sekitar Rp1,1 juta) per tiket untuk tur dunia terbaru mereka. "Ini (harga tiket rata-rata konser Coldplay) setidaknya 25 persen lebih rendah dari setiap artis lain di 10 besar (daftar Bloomberg). Tidak satu pun dari yang lain masuk di bawah 100 dolar AS," tulis publikasi itu.

3 dari 4 halaman

Tiket Konser Coldplay Lebih Murah Secara Global

Harga tiket rata-rata Coldplay kurang dari setengah biaya untuk menonton pertunjukan Bad Bunny, yang merupakan penampil terlaris dalam tur sepanjang 2022. Itu bahkan lebih murah daripada yang dikenakan Coldplay lima atau enam tahun lalu, sambung outlet berita itu.

"Coldplay, khususnya, selalu jadi band yang sangat memperhatikan harga tiket, secara rutin mengenakan biaya lebih rendah dari yang bisa saja mereka tetapkan," kata Ray Waddell, presiden Media di Oak View Group, yang menaungi publikasi industri konser Pollstar.

Keterjangkauan relatif baik untuk bisnis, sebut Bloomberg. Pada Maret dan April 2022, dua bulan pertama tur, Coldplay menjual lebih banyak tiket daripada artis lain. Band pelantun See You Soon ini menjual habis tiket konser stadion di 11 perhentian di Costa Rica, Meksiko, dan Republik Dominika.

Sepanjang perjalanan, mereka meraup sekitar 40 juta dolar AS, lebih banyak artis dalam daftar Bloomberg, kecuali Bad Bunny. Penjualan tiket konser Coldplay mendorong mereka ke dalam 10 besar Peringkat Kekuatan Bintang Pop Bloomberg bulan Maret dan April 2023, berada di antara Doja Cat dan Olivia Rodrigo.

4 dari 4 halaman

Waspada Penipu Tiket Konser Coldplay

War tiket konser Coldplay di Jakarta diprediksi sulit. Karena itu, banyak yang membuka jasa titip (jastip) pembelian tiket yang berarti tingkat kewaspadaan untuk menggunakan jasa ini harus berada dalam tingkat tertinggi.

Anda wajib tahu jastip tiket konser yang kemungkinan besar penipu. Melansir video TikTok MetaMata, Rabu, 10 Mei 2023, berikut adalah empat ciri jastip tiket konser yang kemungkinan besar penipuan:

  1. Menolak pembayaran cash on delivery dengan beragam alasan
  2. Mengirim foto KTP/SIM secara mendadak tanpa diminta agar korban percaya. Biasanya, para penipu akan memakai KTP/SIM milik orang lain atau kartu identitas hasil editan
  3. Memberi iming-iming harga murah dengan alasan menjual tiket terakhir
  4. Nomor telepon tidak terdaftar di GetContact untuk menyembunyikan identitas dan modus.

Walau memakai jastip untuk mengamankan tiket konser Coldplay, bila memang memungkinkan, sebaiknya Anda juga ikut membeli di waktu pembelian tiket yang sudah ditentukan promotor. Makin banyak yang berusaha mendapatkan tiket, otomatis peluangnya akan lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.