Sukses

Gaya Dian Sastrowardoyo Saat Mengajar Jadi Dosen Pembimbing, Pilih Berkain dan Berkebaya

Gaya Dian Sastrowardoyo saat mengajar jadi dosen pembimbing terbilang kasual. Ia memakai busana yang cenderung bernuansa etnik dibanding memilih setelan blazer maupun kemeja.

Liputan6.com, Jakarta - Dian Satrowardoyo terkenal sebagai sosok aktris yang tak hanya cantik, juga berprestasi di bidang akademik. Ia sempat mengambil jurusan Ilmu Filsafat di Universitas Indonesia (UI), kemudian lulus Magister Manajemen untuk Program Studi S2 di kampus yang sama pada 2014 dengan predikat cum laude

Kesuksesan perempuan yang memiliki nama lengkap Diandra Paramitha Sastrowardoyo itu dalam karier sebagai artis, sutradara dan produser bisa dilihat dari karya-karyanya yang selama ini dinikmati masyarakat. Awalnya Dian masuk ke dunia modeling lewat pemilihan wajah sampul di sebuah majalah, tapi kariernya makin bersinar setelah bermain di film Ada Apa dengan Cinta? bersama Nicholas Saputra.

Istri dari Maulana Indraguna Sutowo ini juga menjadi produser di film Guru-Guru Gokil yang tayang di Netflix, bahkan Dian menjadi penulis skenario dan sutradara di film Quarantine Tales untuk segmen Nougat. Tak berhenti dengan kariernya di dunia film, Dian baru-baru ini kembali tampil mengajar menjadi dosen pembimbing di kampusnya dulu. 

Bukan hanya cara mengajarnya yang terlihat profesional, lebih menarik lagi tentang gaya Dian Satrowardoyo yang serius tapi tetap terkesan. Berikut gaya Dian Sastro saat menjadi dosen yang dirangkum Liputan6.com pada Kamis (11/5/2023). 

1. Tunik Panjang Bermotif

Di gaya yang pertama tampak Dian Sastro memakai tunik panjang bermotif dengan detail kancing di depan. Atasan itu ia padukan bersama celana jins longgar yang digulung ujungnya.

Sepatu sporty yang dipakainya menambah kesan kasual, tampak Dian merasa nyaman. Apalagi ia justru tak begitu terlihat sebagai dosen justru mahasiswa yang sedang kuliah lantaran ikut membawa ransel di pundaknya. Ditambah tatanan rambutnya yang dikuncir ke belakang dengan kacamata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kebaya Kutu Baru dengan Jins

Di penampilan lainnya sempat terlihat Dian mengenakan atasan kebaya kutu baru yang dipadukan bersama jins yang lagi-lagi digulung bagian ujungnya. Kali itu rambut panjangnya digerai begitu saja dan tanpa kacamata. 

Sesekali terlihat Dian tengah berinteraksi dengan para mahasiswanya yang bertanya, lalu ia kembali ke mejanya. Meski mengenakan kebaya, tapi ibu dua anak ini tetap memakai paduan sepatu kets yang memberi kesan nyaman.

Di tayangan video yang beredar Dian tampak dikerumuni mahasiswanya usai mengajar. Mereka meminta berfoto dan merekam video. Dian dengan sabar terlihat menanggapi permintaan itu. 

Salah seorang mahasiswa di kelasnya ikut mengunggah video Dian Sastro saat mengajar. Mahasiswa bernama Fikri Ramadhandi membagikan pengalamannya bimbingan dengan aktris tersebut di akun TikTok @fikrigansbat.

"Gw bingung mana Dian Sastro ya taunya yg pke baju putih, Mak kirain itu mahasiswi," tulis warganet.

"Malah lebih cocok jadi mahasiswanya daripada jadi dosen, soalnya gemesh banget," kata yang lain.

3 dari 4 halaman

3. Atasan Kemeja dengan Rok Batik

Selanjutnya Dian juga terlihat mengenakan atasan kemeja putih yang dipadukan bersama rok batik berwarna dominasi cokelat. Ia masih memadukannya bersama sepatu non-formal, lalu rambutnya kembali dikuncir ke belakang dan memakai kacamata. 

Di papan kelas terlihat juara pertama Gadis Sampul 1996 itu sedang membahas materi tentang "Pengantar Film 2". Dian juga tengah sibuk membacakan materi dari buku yang sedang dipegangnya, sambil serius menerangkan ke mahasiswanya.

Di video lainnya yang dibagikan Fikri Ramadhani warganet kembali ikut berkomentar perihal gaya Dian saat mengajar. "Gw bingung mana Dian Sastro ya taunya yg pke baju putih, Mak kirain itu mahasiswi," tulis warganet.

Ada pula yang menyebutkan bahwa Dian terlihat seperti dosen-dosen yang serius dalam memberi nilai, "Mba Disas muka dosen yg ngasi nilai ga becanda."

"Justru dosen kaya Dian ini yg suka nyecer pas sidang wkwkwk vibesnya mirip dosen penguji gw soalnya, kalem santai tapi pas sidang ditanya terus," sebut yang lainnya.

4 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama Mengajar

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, 22 November 2023, beberapa potret kasual saat mengajar, Dian mengungkapkan materi yang diajarkan pada mahasiswa bimbingannya. Di unggahan tersebut, bintang film 'Sri Asih' itu tampak serius mengajar di tengah-tengah kelas yang dipenuhi mahasiswa.

"Membahas dasar-dasar Story Structure, premis film, Central Dramatic Question, dan LTG (Long Term Goal) dalam sebuah karakter, dasar-dasar bahasa visual dan mise en scène," tulis Dian Sastrowardoyo di keterangan foto Instagram pribadinya.

Dirinya saat itu mengenakan kemeja putih, rok batik warna merah, dan sneakers dengan rambut yang diikat serta kacamata. Tentunya, riasan wajahnya juga sederhana.

Dian juga tampak segar dan natural menggunakan makeup tipis dengan lipstik merah. Tak hanya mengajar, pemain film 'Kartini' juga menyemangati mahasiswa bimbingannya supaya lebih semangat mengerjakan tugas.  

"Aku tahu kalian lebih pintar dan lebih kreatif dari kalian pikir! Kalian hanya belum tahu saja," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini