Sukses

Penampakan Jubah Emas yang Bakal Dikenakan Raja Charles III Saat Upacara Penobatan

Raja Charles III akan mengikuti tradisi dengan mengenakan jubah emas yang dikenakan ibunya, Ratu Elizabeth II, kakek dan kakek buyutnya pada penobatan mereka sebagai Raja Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III akan mengenakan jubah emas yang sebelumnya juga dikenakan oleh leluhurnya saat penobatan. Raja Charles III akan mengenakan lapis demi lapis jubah Penobatan yang berkilauan di tengah gedung penobatan Westminster Abbey selama kebaktian.

Dikutip dari Mirror, Selasa, 2 Mei 2023, sesuai dengan pesan Raja Charles III tentang keberlanjutan jika memungkinkan, jubah emas juga dikenakan oleh ibunya Ratu Elizabeth II, kakek George VI dan kakek buyut George V selama penobatan mereka di Westminster Abbey. Pakaian berkilau itu biasanya disimpan dengan Permata Mahkota di dalam Menara London.

Jubah emas tersebut akan dikeluarkan dari kastil bertembok senilai 150 juta Pound sterling atau setara Rp2,7 triliun yang dijuluki "Operasi Menara London". Raja juga akan menggunakan kembali Coronation Girdle, atau sabuk pedang, dan Coronation Gauntlet, atau sarung tangan.

Sabuk dan sarung tangan ini dibuat untuk kakeknya George VI pada 1937 daripada membuat item baru. Sementara Istana Buckingham belum mengungkapkan apa yang akan dikenakan raja di bawah jubah pada hari itu, ia akan mengikuti jejak penguasa abad ke-20 dengan mengenakan Supertunica, yang dibuat untuk George V pada 1911 dan kemudian Imperial Mantle, yang pertama kali dikenakan oleh George IV pada 1821 dan kemudian dikenakan di semua penobatan sejak 1911.

Caroline de Guitaut, Deputy Surveyor of the King's Works of Art di Royal Collection Trust, mengatakan bahwa pilihan raja adalah "keputusan pribadinya".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Busana Bersejarah

Ia menambahkan, "Ini sesuai dengan gagasan keberlanjutan dan efisiensi untuk menggunakan kembali karya-karya ini. Bagaimanapun, mereka dalam kondisi luar biasa. Dan saya kira itu juga mencerminkan penobatan kakeknya, Raja George VI."

Caroline, yang telah membantu menyiapkan pakaian berharga untuk upacara tersebut, berkata, "Ini benar-benar pakaian bersejarah terpenting dalam Koleksi Kerajaan dan mereka memiliki sejarah yang sangat hebat terkait dengannya, telah dikenakan pada beberapa penobatan baik pada abad ke-19 dan abad ke-20."

Segera setelah pengurapan, Raja akan mengenakan Colobium Sindonis, tunik linen tanpa lengan yang melambangkan kesucian dan kesederhanaan. Ia kemudian akan mengenakan Supertunica dan korset penobatan, atau sabuk pedang, akan diikatkan di pinggangnya sebelum penyerahan regalia dimulai.

Supertunica, yang secara tradisional dikenal sebagai "selubung kain emas" didasarkan pada jubah yang dikenakan pada upacara kerajaan sejak zaman Bizantium. Jubah itu dibuat untuk penobatan Raja George V pada 1911 oleh Wilkinson & Sons.

3 dari 4 halaman

Sabuk Penobatan

Pakaian lengan panjang penuh yang beratnya sekitar 2 kg ini terbuat dari kain emas. Pakaian ini juga diproduksi dengan membungkus benang sutra dengan potongan tipis logam emas atau perak sebelum ditenun, menghasilkan kain yang berkilauan namun berat.

Sabuk Pedang Penobatan dari 1937, juga dikenal sebagai Korset Penobatan, terbuat dari kain bordir emas dan memiliki gesper emas yang dicap dengan lambang nasional. Sabuk itu akan ditempatkan di sekitar pinggang Charles di atas Supertunica dan memiliki klip emas yang digunakan untuk menempelkan Pedang Persembahan berhiaskan permata - simbol kemampuan untuk memutuskan antara yang baik dan yang jahat - selama pentahbisan.

Sarung Tangan Penobatan tunggal, juga dikenal sebagai Gauntlet Penobatan, berada di tangan kanan Raja saat dia memegang Tongkat Kerajaan dengan Salib selama penobatan. Sarung tangan tersebut terbuat dari kulit putih, dan manset besar disulam dengan benang logam emas, kawat dan spangles dalam bentuk lambang nasional termasuk mawar Tudor, thistle, shamrock, daun ek dan biji pohon ek.

4 dari 4 halaman

Sarung Tangan Penobatan

Punggung sarung tangan ini memiliki mahkota duke bersulam di atas lambang keluarga Dukes of Newcastle. Charles tiba di Biara dengan Jubah Negara merah tua milik kakeknya Raja George VI yang dia lepaskan untuk pengurapannya, ketika dia akan ditahbiskan dalam minyak suci sambil mengenakan kemeja putih sederhana.

Kemudian untuk elemen penobatan yang menampilkan penobatannya, Raja pertama-tama akan mengenakan pakaian putih tanpa lengan yang disebut Colobium Sindonis - bahasa Latin untuk tunik kain selubung. Dia juga akan diberikan Stole Royal - juga dikenal sebagai Coronation Stole - pita sutra emas panjang bersulam yang melingkari bahu di atas Supertunica, mencerminkan pakaian yang dikenakan oleh seorang pendeta atau uskup.

Di akhir seluruh kebaktian, Raja melepas jubah pendeta dan berganti menjadi jubah ungu milik George VI untuk kepergiannya dari Biara. Urutan pakaian Raja yang akan dikenakan pada penobatannya adalah: Jubah Negara, kemeja linen putih sederhana untuk pengurapan, Colobium Sindonis, Supertunica, Sabuk Pedang Penobatan, Stole Royal dan Imperial Mantle (Robe Royal), dan Jubah Kekayaan.

Istana Buckingham belum mengonfirmasi apa yang akan dikenakan Raja, baik seragam atau lainnya, di bawah Jubah Negaranya dalam perjalanan ke Biara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini