Sukses

Niat Numpang Sholat di Musala, Pengemudi Malah Temukan Masjid Megah di SPBU

Begitu memasuki SPBU yang terlihat cukup luas itu, kita bisa melihat ada sebuah masjid besar dengan lampu yang terang dan berkilauan.

Liputan6.com, Jakarta - Di setiap Stasiun Pompa Bensin Umum (SPBU) di Indonesia hampir selalu ada musala atau masjid. Baik di pom bensin atau SPBU Pertamina maupun perusahan lainnya, biasanya ada musala berukuran kecil maupun besar.

Saat kita berada di jalan dan ingin sholat, biasanya kita mampir ke SPBU kalau kesulitan menemukan masjid atau musala. Begitu pula dengan seorang pengemudi mobil yang awalnya berniat ingin sholat di musala saat memasuki sebuah SPBU tapi ternyata menemukan masjid yang megah dan mewah.

"SPBU ADA MASJIDNYA, MANTAP 🫰 [🎥via : denysopyan1],” tulis akun Instagram @folkshitt pada Selasa, 25 April 2023. Dalam keteranan unggahan itu dituliskan” Pengemudi ini temukan masjid megah di sebuah SPBU: Niat hati ingin menumpang sholat di mushola,”

Begitu memasuki SPBU yang terlihat cukup luas itu di malam hari, kita bisa melihat ada sebuah masjid besar dengan lampu yang terang dan berkilauan. Kalau dilihat dari sejumlah komentar warganet, masjid itu diketahui bernama Masjid Nur Setiasih. Lokasinya berada di SPBU 34-17541 di kawasan Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

Dilansir dari berbagai sumber, masjid itu ternyata termasuk baru karena diresmikan pada Oktober 2022 lalu.  Masjid Nur Setiasih diresmikan oleh Ahmad Heryawan (Kang Aher) selaku Wakil Ketua Majlis Pertimbangan MUI Pusat yang juga mantan Gubernur Jawa Barat. Acara peresmian juga menghadirkan penceramah Yahya Zainul Ma’arif, atau Buya Yahya.

Masjid megah itu terlihat didominasi warna putih dan kuning emas. Bagian dalamnya terkesan indah dan nyaman. Unggahan itu mendapat banyak komentar dari warganet yang sebagian besar terpukau dengan SPBU tersebiut yang punya masjid begitu megah dan indah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Di Masjid Ada SPBU

"Ini mah masjid ada spbu nya... Masyaallah,” komentar seorang warganet.

"Sering gua numpang solat disini,toilet nya bagus,bersih, tempat wudhu bagus, tempat solatnya juga ber AC,” tulis warganet lainnya.

"Tambun euy... Dr dpn rmh udah kliatan kubahnya😍 tp blm prn masuk sejak direnov total😂,” komentar warganet lainnya.

Selain masjid, ada juga toilet umum di SPBU memiliki desain mewah dan estetik, bak kamar kecil yang ada di hotel bintang lima. Biasanya, toilet umum dibangun seadanya selama dapat memfasilitasi publik. Tak jarang pula kita menemukan toilet umum yang jorok tetapi terpaksa dipakai karena keinginan untuk buang air sudah tak bisa ditahan.

Namun, situasi itu tak ditemukan di toilet yang satu ini. Lokasinya ada di salah satu pom bensin di Indonesia. Dekorasi kamar mandinya terlihat 'sultan' abis. Hal itu diketaui dari unggahan pengguna akun TikTok @queen_mamita. "Udah pernah nemuin toilet SPBU kaya gini juga belum guys?" tulisnya, dilansir dari unggahannya, Selasa, 25 Oktober 2022.

Toilet ini menggunakan ubin bernuansa cokelat sebagai dindingnya. Kesan estetik makin terasa dengan pemilihan ubin bermotif batik dengan warna keemasan. Toilet ini juga menyediakan cermin rias lengkap dengan lampu layaknya cermin-cermin yang digunakan para MUA (Makeup Artist). 

3 dari 4 halaman

Toilet Mewah di SPBU

Toilet umum ini juga dihiasi berbagai elemen dekoratif, seperti vas bunga dan lukisan, yang menambah kesan mewah. Kamar mandi ini juga dilengkapi dengan kursi rotan dan kayu. Jadi, Anda yang menunggu antrean tidak perlu lelah berdiri, bahkan bisa-bisa lebih memilih duduk di kursi terebut selama beberapa saat.

Kesan mewah bertambah dengan penggunaan lampu gantung dengan ornamen kristal. Toilet dalamnya juga terlihat sangat bersih, tak ada kesan jorok seperti yang biasanya kita lihat di toilet umum pom bensin.

Bedanya lagi, pengguna toilet harus melepas alas kaki untuk menjaga kebersihan. Satu hal lagi, untuk menggunakan toilet ini, tidak dipatok biaya khusus. Pengguna diperbolehkan membayar seikhlasnya.Kalau Anda penasaran ingin melihat dan merasakan langsung, toilet tersebut berlokasi di SPBU Cada Kukun, Tangerang.

Pada 2021 lalu, dalam sebuah kunjungannya, Menteri BUMN Erick Thohir dengan sengaja mampir ke salah satu SPBU Pertamina yang merupakan hasil kerjasama dengan swasta. Di sana, Erick Thohir menyempatkan untuk mengunjungi toiletnya.Dirinya pun sedih, toilet yang seharusnya menjadi fasilitas umum justru malah dipasang tarif.

4 dari 4 halaman

Erick Thohir Soal Toilet di SPBU

Untuk yang ingin baung air kecil, harus bayar Rp2.000 per orang. Sedangkan yang ingin mandi, terpaksa bayar Rp4.000 per orang. Hal itu diungkapkan Erick Thohir dalam videonya yang diunggah di Instagramnya. Di sana, Erick Thohir menuliskan keterangan.

"Ini pesan saya untuk rekan-rekan di Pertamina, dari toilet umum SPBU Pertamina, Kecamatan Malasan, Probolinggo. Sudah kewajiban BUMN memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” ucap Erick mengutip kanal Bisnis Liputan6.com.

Di sana pun Erick Thohir sempat menanyakan kepada petugas penjaga toilet. "Ini Pom Bensin swasta, kalau mau pakai bayar Rp 2.000 kencing, mandi bayar Rp4.000. Untuk perawatan. Kenapa tidak gratis, ini kan fasilitas umum?," tanya Erick Thohir kepada petugas tersebut seperti dikutip dari Instagramnya, Senin (22/11/2021).

"Saya kurang tahu Pak, saya cuma kerja," jawab petugas penjaga toilet tersebut. "Yang punya siapa? Pak Agus. Yaudah, nanti di telp Pak Agusnya. Kenapa toilet aja tidak gratis, padahal kan sudah bisnis bensin," ujar Erick Thohir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.