Sukses

Daftar Bahan Bumbu Opor Ayam yang Wajib Ada agar Lezat dan Nikmat

Belum lebaran namanya tanpa menu opor ayam di meja makan saat kumpul dengan keluarga. Sajian nikmat khas Indonesia ini memiliki daftar bahan bumbu opor ayam yang wajib ada di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lebaran namanya, tanpa menu opor ayam di meja makan saat kumpul dengan keluarga. Sajian nikmat khas Indonesia ini memiliki daftar bahan bumbu opor ayam wajib.

Tentu saja untuk memasak opor ayam, hampir semuanya sepakat bahwa rahasia kenikmatannya adalah bumbu opor ayam yang komposisinya pas. Tak lain dari kombinasi antara bumbu halus dengan bumbu rempah yang membuat rasa bumbu opor ayam kuning santan terasa medok.

Mengutip dari laman Masak Apa Hari Ini, Rabu (19/4/2023), terdapat keistimewaan resep bumbu opor ayam yang disajikan sebagai lauk utama lebaran. Selain itu opor ayam juga akan disandingkan dengan hidangan pendamping lain khas Indonesia.

Terdapat tiga versi opor ayam yang populer di Indonesia, yaitu opor ayam putih, opor ayam kuning, dan opor ayam merah. Anda yang suka pedas mungkin menjadikan opor ayam merah sebagai hidangan favorit lantaran warna kuah yang berasal dari cabai merah menandakan cita rasa pedas dari kuah opor tersebut.

Bumbu utama untuk memasak opor ayam antara lain lengkuas, batang serai, sedikit kecap manis, asam jawa yang dilarutkan dengan air panas, minyak untuk menumis. Sementara, bumbu halusnya menggunakan bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, jahe, kunyit, ketumbar, garam, merica putih bubuk, dan jintan. 

Lebih lanjut, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat memasak hidangan yang biasanya hampir selalu ditemui pada saat Ramadhan hingga Idul Fitri, dimulai dari mengolah daging ayam, bumbu opor ayam kuning, hingga proses pemasakan opor ayam kuning santan yang baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Masak Opor Ayam Kuning Santan

Terdapat dua versi mengolah daging ayam kampung untuk opor ayam. Pertama yaitu ayam kampung direbus sebentar untuk menghilangkan aroma kuat dari ayam kampung atau langsung ditumis bersama bumbu.

Jika Anda mendapat daging ayam kampung yang besar atau tua, sebaiknya rebus terlebih dahulu dengan air mendidih selama 10 menit. Lalu, opor ayam kuning santan siap dipraktikkan.

Cuci bersih daging ayam hingga ke bagian rongga perut untuk menghilangkan aroma anyir dari daging ayam kampung. Lalu lumuri juga dengan jeruk nipis agar menyamarkan aroma sekaligus membuat cita rasa daging jadi lebih segar.

Bumbu opor ayam kuning adalah kunci kelezatannya. Gunakan bumbu dasar kuning dengan tambahan daun jeruk, ketumbar, lengkuas, dan kencur untuk membuat cita rasa opor ayam kuning santan yang membuat rasanya makin mantap.

Setelah santan dimasukkan, aduk sesekali opor agar santan tidak pecah. Masak di atas api sedang supaya airnya tak terserap habis sebelum daging ayam teksturnya empuk.

3 dari 4 halaman

Rahasia Opor Ayam Empuk

Jika belum percaya diri memasak opor lantaran rasanya mungkin tak seenak masakan ibu atau nenek, coba dulu resep yang dibagikan di laman Masak Apa Hari Ini. Sebelum membuatnya, simak juga beberapa tips agar hasil akhirnya makin terlihat seperti opor ayam ala chef.

Pertama gunakan daging ayam kampung ketimbang ayam broiler. Daging ayam kampung menyumbang cita rasa lebih gurih dan kaya pada hasil akhir kuah opor. Tapi jika ingin membuat versi yang lebih ekonomis, pilih daging ayam broiler.

Setelah daging ayam dimasak bersama air hingga mendidih, kecilkan apinya sambil membiarkan daging ayam empuk tanpa membuat kuah opor menyusut terlalu banyak. Santan dari kelapa parut segar memberi hasil kuah opor lebih kental dan berminyak.

Jika ingin masak opor versi tradisional, gunakan santan kental dan encer dari 1 butir kelapa parut. Tetapi apabila ingin bebas repot, gunakan santan instan yang lebih praktis dan mudah didapat.

Aduk sesekali opor saat sudah dituang santan supaya santan tidak pecah. Masak terus sambil diaduk hingga kuahnya mengental dan cita rasanya jadi lebih terasa. Sejatinya hidangan khas Lebaran ini juga diberi tambahan gula aren atau gula merah untuk memberi sentuhan rasa manis. 

4 dari 4 halaman

Resep Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor ayam merupakan menu lauk yang menyertai makanan khas di Nusantara. Misalnya saja di DKI Jakarta, opor ayam hadir sebagai bagian lauk lontong atau ketupat sayur.

Pendamping opor adalah telur balado atau semur telur yang disajikan dengan kerupuk bawang dan sambal kacang atau sambal balado. Sementara di daerah Jawa bagian Tengah seperti Yogyakarta, masyarakatnya mengenal opor ayam sebagai lauknya nasi gudeg yang juga ditemani sambal krecek.

Lain halnya di wilayah Solo, opor ayam merupakan lauk utama nasi liwet yang juga disajikan bersama oseng labu siam dan telur pindang. Setelah mengetahui serba-serbi dan tips memasak opor ayam, berikut adalah resep yang bisa dibuat di rumah.

Opor Ayam Kuah Kuah Kuning

Bahan-Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung, buang kulitnya lalu potong jadi 8 bagian
  • 800 ml air
  • 65 ml santan instan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt Bumbu Kaldu Ayam
  • ½ sdt asam jawa, larutkan dengan 3 sdm air panas
  • 5 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus:

  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • 1/2 sdt jintan bubuk

Langkah Pembuatan:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas, daun salam, dan serai hingga harum.
  2. Masukkan ayam, aduk hingga ayam berubah warna.
  3. Tuang air, masak hingga air mendidih. Kecilkan api, dan masak hingga daging ayam setengah matang.
  4. Tuang santan, lalu aduk hingga mendidih. Tambahkan kecap manis dan kaldu ayam, aduk.
  5. Masak di atas api sedang hingga daging ayam matang. Tambahkan asam jawa, aduk. Masak sebentar, kemudian angkat. Sajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini