Sukses

6 Inspirasi Gaya Hijab dari Segi Empat hingga Motif untuk Tampilan Spesial di Hari Lebaran

Lebaran semakin dekat, tentunya para perempuan membutuhkan inspirasi gaya hijab lebaran yang bisa dipakai di hari raya.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran semakin dekat, tentunya semua perempuan muslim ingin tampil memukau untuk menyambut datangnya hari kemenangan nanti. Selain menyiapkan busana spesial, penting juga untuk mempersiapkan gaya hijab yang menarik.

Ada banyak gaya hijab yang bisa dicoba untuk mengekspresikan model hijab saat lebaran. Anda bisa memilih tren gaya hijab modern yang minimalis namun tetap memiliki paduan gaya unik. Oleh karena itu, sebagai persiapan sekarang jadi waktu yang tepat untuk mencari referensi gaya hijab.

Berikut adalah enam inspirasi gaya hijab lebaran yang bisa dipakai di hari raya dari berbagai selebritis Indonesia yang telah dirangkum oleh Liputan6.com pada Rabu, 12 April 2023.

1. Hijab Pashmina 

Pashmina, salah satu jenis hijab yang banyak diminati oleh para perempuan muslim, tidak kalah populer dengan hijab yang lainnya. Kini, popularitasnya semakin meningkat karena semakin banyaknya model hijab instan yang beragam gaya. Pashmina instan modern yang banyak dipakai oleh para influencer bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin tampil versatile dan flawless.

Beberapa pashmina kini juga sudah hadir dengan model instannya, seperti hijab instan keluaran brand Hanum yang dipromosikan oleh selebgram Dwi Handayani. Hijab instan ini biasanya sudah dilengkapi dengan inner hijab yang menyatu, sehingga lebih praktis dan nyaman dipakai sehari-hari. Dalam momen lebaran, memakai hijab pashmina instan ini bisa membuat Anda terlihat modern.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hijab Segi Empat Polos

Gaya hijab segi empat polos ala Melody Laksani, mantan anggota JKT48 dapat dijadikan inspirasi untuk gaya berbusana saat Lebaran nanti. Dengan pemilihan warna-warna pastel, gaya hijab ini akan membuat pemakainya tampil lebih anggun.

Meskipun terkesan simpel, gaya hijab ini sangat nyaman dan cocok dipadukan dengan berbagai macam model baju. Seperti yang dilakukan oleh Melody, mengenakan hijab polos berwarna putih keabu-abuan dipadukan dengan blouse palet biru langit.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama-tama kerudungkan hijab menutupi seluruh kepala kemudian ambil kedua sisi pinggirnya. Lipat sedikit kemudian sematkan jarum pentul di sisi kanan dan kiri kepala dekat telinga.

Ikatkan kedua ujung hijab di belakang leher sehingga tampak rapi. Tutorial hijab kekinian ini sangat cocok dipakai untuk hari Lebaran. Dengan menerapkan gaya hijab ini seketika pemakainya akan terlihat lebih anggun dan elegan di hari lebaran nanti.

3. Hijab Syar'i

Shireen Sungkar selalu tampil cantik dan modis dengan gaya hijab syar'i yang dikenakannya. Meski menutup dada, gaya hijab yang tepat dapat membuat penampilan tetap modis. Anda bisa mencoba gaya hijab ini untuk Lebaranmu dengan memilih bahan pashmina yang nyaman.

Styling hijab syar'i ini cukup mudah. Pertama, sesuaikan hijab dengan bentuk kepala, lalu sematkan jarum pentol. Selanjutnya, ambil salah satu sisi hijab dan lilitkan ke atas kepala, kemudian kunci dengan jarum pentol. Untuk memastikan bagian dada tertutup sempurna, ambil sisi yang tidak dililit dan lebarkan. Lalu, satukan dengan sisi yang berada di bahu, dan sematkan jarum pentol atau bros di bahu.

3 dari 4 halaman

4. Hijab Turban

Gaya hijab turban tengah menjadi tren di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bahkan, beberapa selebriti Tanah Air seperti Ayudia Bing Slamet memilih menggunakan hijab turban dalam setiap kesempatan.

Gaya hijab turban ini sangat simpel dan memudahkan dalam beraktivitas. Anda dapat menggunakan kerudung segi empat yang dilipat menjadi segitiga. Kemudian, kedua sisi kerudung ditarik ke belakang kepala dan disematkan peniti tepat di bagian belakang kepala bawah. Selanjutnya, bagian belakang kerudung diangkat dan diikat simpul kedua sisinya di belakang leher.

5.  Hijab Segi Empat Motif

Salah satu inspirasi gaya hijab yang bisa kamu coba adalah hijab segi empat syar'i dengan motif ala Youtuber Ria Ricis. Hijab ini memiliki motif yang elegan dan menutupi dada dengan ukuran yang lebar. Anda bisa memadukannya dengan gamis favorit yang berwarna polos atau dengan baju warna senada.

Dalam foto ini, Ria Ricis tampak mengenakan hijab motif bunga bergaris-garis dengan warna dasar nude atau krem. Ia memadukannya dengan gamis panjang berwarna biru tua, yang memberi kesan meneduhkan.

4 dari 4 halaman

6. Hijab Instan

Zaskia Adya Mecca adalah seorang aktris yang terkenal dengan gaya berhijabnya yang selalu modis. Dia adalah pelopor penggunaan hijab instan yang dapat dipakai langsung tanpa repot-repot melipat dan meniti. 

Memang, untuk tampil cantik tak harus memakan banyak waktu. Yang penting, kuncinya adalah kreativitas. Seperti dalam foto ini, Zaskia terlihat memakai hijab instan berwarna putih yang terlihat sangat rapi membingkai wajahnya. Ia memadukannya dengan busana berwarna cokelat, dengan outer cokelat yang ditali di bagian depan, tas dan sepatu cokelat senada, serta celana kulot yang lebih berwarna mustard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini