Sukses

Takjil Buka Puasa Khas Indonesia Dijual di Belanda, Ada Lapis Surabaya hingga Cendol

Di Belanda, takjil buka puasa seperti risol, pastel, onde, kue lapis Surabaya, hingga cendol bisa ditemukan di Aziatiche supermaket atau supermarket asia.

Liputan6.com, Jakarta - Di bulan Ramadhan, takjil untuk makanan berbuka puasa tentu sangat dicari oleh para Muslim yang tinggal di luar negeri. Nah, di Belanda ternyata takjil khas Indonesia banyak dijual, apalagi mengingat ada sejarah alkulturasi kuliner Indonesia dengan Belanda lewat kue lapis, kaasstengels, hingga klapertaart.

Jerhemy Owen, seorang mahasiswa asal Indonesia yang tinggal di Belanda membagikan penelurusannya saat mencari takjil khas Indonesia untuk buka puasa. "Kira-kira ada takjil apa aja yang guys? Jujur gue bingung mau cari ke mana. Tapi kayaknya gue mau ke toko asia aja deh, harusnya ada nggak sih? ungkapnya di awal video yang diunggah di TikTok, dikutip Selasa (4/4/2023).

Aziatiche supermaket atau supermarket Asia ternyata menjual kue jajanan pasar. Jumlahnya sangat variatif sehingga pengunjung memiliki banyak pilihan.

Di video terlihat sederet kue yang tersedia antara lain risol, pastel, onde bahkan terdapat kue lapis. "Wah ada cendol, cendol boba," sebut Jerhemy. 

Ia pun menunjuk menu di layar yang bertuliskan Tjendol XL yang keterangannya ditulis dengan bahasa Belanda. Tulisannya adalah Cp berzoek van vele de Tjendol XL. Di layar juga tersedia pilihan topping cendol seperti mango boba, black boba, strawberry boba, sakura crystal, tjendol slierjes, pomegranete boba, blueberry boba, passionfruit boba, watermelon boba, green tea jelly, crystal boba, lychee jelly, mixed jelly, cantaloupe.

"Bahkan ada lapis Surabaya, ini satu potong gini harganya 50 ribu (rupiah)," ungkap Jerhemy lagi menunjukkan layar yang tertulis 2,95 Euro untuk sepotong lapis Surabaya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cendol Termahal yang Pernah Dibeli

Selanjutnya setelah menunjukkan apa saja makanan dan minuman yang bisa dibeli, ia membayar takjil yang dipesannya yaitu segelas cendol dengan topping yang ia pilih. "Cendol termahal yang pernah gue beli," kata Jerhemy.

Tak heran, lantaran menurutnya satu gelas cendol tersebut harganya mencapai Rp100.000. Tak sabar mencoba, pria berusia dua puluhan tahun itu membuka plastiknya lalu meminumnya tanpa menggunakan sedotan. 

Tampak dua tegukan, ia coba merasakan seperti apa cendol seharga Rp100 ribuan itu. "Ini mah bukan cendol, nggak mirip cendol sama sekali. Enak sih manis tapi ini bukan cendol, eh lebih kayak susu terus dikasih kelapa sama dikasih jelly kayak cendol gini," jelasnya.

Ia pun merasa gagal mencari takjil di Belanda. "Next gua harus cari takjil apa lagi ya di Belanda," tanyanya kepada para pengikutnya.

Konten yang viral dengan 86,7 ribu tanda suka dan telah disimpan oleh 2371 pengguna itu pun dikomentari para warganet yang penasaran dengan takjil di Belanda. Banyak warganet yang mengomentari soal harga cendol yang dianggap mahal.

3 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet Harga Cendol di Belanda

Warganet tak merasa heran dengan harga cendol di Belanda yang mahal. Di antaranya mengungkap wajar karena nilainya dikonversi dari Euro ke Rupiah.

"Kalau di Belanda cendol harga segitu ya sesuai bang, jangan dibandingin dengan yang di Indo jelas beda Euro ke Rupiah," tulis seorang warganet.

"Tau, tapi nyesel aja mahal banget," balas sang pembuat konten.

"Cendol mahal karena naik pesawat ongkosnya mahal," balas warganet.

"Cendol di sini 3 ribu, di sana 100 ribu," komentar warganet.

"Satu gelas cendol bisa buat makan orang serumah, happy Ramadhan," balas warganet lainnya. 

"Dagang cendol elizabeth di Belanda auto mudik kaya," sambung yang lain.

"Pajak mahal de, pantes aja kalo mehong," sebut warganet.

"Kuliah di sana 2012, aku bilang cendol di sana 50 ribu, pada nggak percaya huhu padahal beneran mana cendolnya cendol-cendolan.. bener kayak jelly gitu doang," ungkap warganet lagi.

"Cendol 100 ribu, di sini dapat 20 cup mas. Alhamdulilah dimampukan beli ya semoga berkah selalu ilmunya kelak," cetus yang lain.

4 dari 4 halaman

Resep Es Cendol untuk Tajil Buka Puasa

Es cendol adalah minuman segar yang sangat populer di Indonesia. Bukan hanya saat Ramadhan, di hari biasa pun, es cendol dicari banyak orang. Ketika bulan puasa tiba, es cendol yang terkenal dengan rasa gurih dan manisnya jadi salah satu menu takjil yang banyak diburu.

Rasa gurih tersebut merupakan rasa khas dari santan, sementara manisnya berasal dari gula merah cair. Mengutip dari kanal Regional Liputan6.com, 31 Maret 2023, berikut resep cendol yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • 30 gr tepung tapioka
  • 50 gr tepung beras
  • 350 gr/ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 10 daun suji
  • 2 daun pandan
  • 1/2 sdt pasta pandan
  • Sirup gula merah:
  • 150 gr gula jawa
  • 100 gr gula pasir
  • 150 gr air
  • Daun pandan 

Langkah membuat sirup gula merah:

  1. Masukkan gula jawa yang telah disisir, gula pasir, air, dan daun pandan supaya wangi
  2. Masak gula hingga larut
  3. Setelah larut, angkat dan saring, kemudian sisihkan.

Langkah membuat cendol:

  1. Gunting-gunting daun suji, pandan, dan air, lalu blender hingga halus
  2. Kemudian, saring campuran tersebut ke dalam wadah
  3. Tambahkan tepung tapioka, tepung beras, dan garam, lalu aduk hingga tercampur rata
  4. Masak adonan di atas api kecil sampai mengental dan meletup-letup
  5. Jangan berhenti mengaduk adonan tersebut
  6. Siapkan air es agar cendol terbentuk sempurna
  7. Setelah adonan matang, lalu saring adonan di atas air es dan cendol pun akan terbentuk sempurna

Cara penyajian:

  1. Tuang sirup gula jawa secukupnya
  2. Selanjutnya, tuang es batu, cendol, dan susu atau santan (sesuai selera)
  3. Es cendol siap dinikmati untuk berbuka puasa bersama keluarga di rumah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.