Sukses

Pemberdayaan Komunitas Belajar Al-Qur'an Braille di Momen Ramadhan 2023

Kolaborasi dengan komunitas belajar Al-Qur'an Braille jadi salah satu agenda kampanye Ramadhan Wardah, “Bersama Lebih Bermakna.”

Liputan6.com, Jakarta - "Dengan bersama-bersama, semoga manfaat yang diberikan jadi lebih besar," Findi Novia, Halal Beauty Decorative Marketing Group Head PT Paragon Technology & Innovation, mengatakan dalam perilisan kampanye Ramadhan Wardah  "Bersama Lebih Bermakna" di bilangan Jakarta Selatan, Senin, 20 Maret 2023.

Di salah satu agendanya, mereka bekerja sama dengan Komunitas Belajar Al-Qur'an Braille yang berbasis di Malang, Jawa Timur. "Bukan sekadar belajar dan mengajar Al Qur'an braille, tapi berinteraksi lebih luas," sebut Findi. "Ini tentang bagaimana bersikap antara tunanetra dan (orang) awas (bisa melihat).

"Dari belajar bareng, semoga nantinya kami bisa bikin karya bersama," imbuhnya.

Dijelaskan bahwa kerja sama mereka terjalin dengan tujuan jangka panjang, yakni menciptakan pengajar Al Quran braille melalui pembentukan tim pengajar, dukungan beasiswa pelajar, alat pembelajaran, serta operasional belajar.

Metode belajarnya, kata relawan Komunitas Belajar Al-Qur'an Braille, Ni'matul Azizah, dilengkapi studi kasus. "Ada dokumentasi permasalahan karena awal orang yang belajar Al-Qur'an braille itu beda-beda. Ada yang enggak tahu huruf hijaiyah, ada yang enggak tahu braille," sebutnya.

Ia menyambung, "Ada juga yang punya permasalahan dalam perabaan. Karena itu, studi kasus ini bisa jadi referensi dalam menentukan metode pembelajaran."

Nouvar, relawan lain dari komunitas tersebut, melanjutkan, "Kami berharap dengan adanya metode pengajaran dan pembelajaran, mereka akhirnya bisa jadi pengajar." Dengan melibatkan pengajar awas, mereka juga berharap membangun kebersamaan yang lebih bermakna dengan hidup berdampingan, selaras dengan gagasan besar kampanye Ramadan Wardah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aktivitas Lain dalam Kampanye Ramadhan Wardah

Nouvar bercerita bahwa sebagian orang dengan hambatan penglihatan bekerja sebagai pemijat, dan ini jadi tantangan tersendiri dalam membagi waktu belajar membaca Al-Qur'an braille. Findi menyambung, "Susahnya tuh begini ... kalau pijat, klien datangnya kan enggak tentu, makanya untuk menutup biaya kebutuhan sehari-hari, Wardah bantu secara ekonominya."

Dengan demikian, orang-orang dengan hambatan penglihatan ini bisa fokus belajar membaca Al-Qur'an braille. Agenda kampanye Ramadan merek kosmetik lokal ini tidak berhenti di situ saja.

Heart to Heart bersama Dewi Sandra, duta merek mereka, juga dipastikan kembali di Ramadhan tahun ini. Program ini akan menghadirkan tiga episode dengan mengundang narasumber inspiratif. Heart to Heart, kata Dewi, nantinya akan bisa disaksikan di kanal YouTube maupun Instagram Wardah.

"Episode pertamanya bakal menghadirkan Nagita Slavina dan Caca Tengker," sebut Dewi. "Mereka kakak adik yang punya sejarah yang enggak pernah kita bayangkan. Mereka ada kendala, enggak selalu haha hihi. Ada juga masa cakar-cakarannya. Tapi, ketika didudukkan bersama, you'll see the real chemistry dari dua orang yang berkepribadian beda ini."

 

3 dari 4 halaman

Program di Masjid sampai Hadiah Paket Umrah

Wardah juga mendukung Paragon Goes to 2000 Masjid, berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia, DT Peduli, dan Clean Sheet untuk bergerak bersama mendorong perilaku hidup sehat dengan produk halal. Program ini akan berjalan di 300 masjid besar dan 1.700 masjid sedang di seluruh Indonesia.

Aktivitas di masjid besar dan sedang meliputi penyediaan produk di titik-titik tertentu, seperti kamar mandi dan tempat wudhu, edukasi perilaku hidup bersih dan sehat, pemberian produk bagi jemaah masjid, kajian edukasi kebiasaan sehat, serta penyediaan experience booth.

Pihaknya juga mewakafkan dua ribu Al Quran. Mereka juga berkolaborasi dengan Clean Sheet mendukung 700 masjid bersih dan sehat. Wardah pun akan menyelenggarakan Ramadhan Akbar berupa kajian, talk show, kegiatan CSR, dan halal lifestyle exhibition di sejumlah masjid.

Titik-titiknya, yakni Masjid Istiqlal Jakarta, Masjid Raya Medan, Masjid 99 Kubah Makassar, Masjid Baiturrahman Aceh, Masjid Raya Padang, dan Masjid Sheikh Zayed Solo. Pada program ini, Paragonian juga bergerak bersama ke 1000 Masjid untuk menjalankan kegiatan corporate social responsibility (CSR).

Menggemakan gerakan #BersamaLebihBermakna, pihaknya mengajak masyarakat berbagi cerita mengenai kisah inspiratif bersama orang-orang terkasih yang memberi dukungan demi bangkit dan jadi lebih kuat. Gerakan ini dilakukan hingga 20 April 2023 dengan cara menceritakan kisah di form yang sudah disediakan atau dalam bentuk video TikTok. Pemenang berhak mendapat hadiah tiga paket umrah dan 30 hadiah menarik lain. 

4 dari 4 halaman

Bantu UMKM Fesyen Lokal

Dalam inisiatif lainnya, Wardah juga berkolaborasi dengan Shopee menghadirkan "Woman’s Space Muslim Fest" sebagai wadah bagi lebih dari 20 UMKM fesyen lokal untuk memperkenalkan brand mereka ke masyarakat yang lebih luas. Juga, menyediakan bundling dengan produk Wardah yang hanya bisa didapatkan di e-commerce platform tersebut pada 5--7 April 2023.

Jenama fesyen yang terlibat, yakni:

  1. KAMI - Nasional
  2. Aura Label - Semarang
  3. Alfi Zahra Hijab - Semarang
  4. Raina Signature - Semarang
  5. Florences.id - Sukabumi
  6. Primechic Label - Bekasi
  7. Rereyshop - Tasikmalaya
  8. Veselka - Bogor
  9. Simplyveewee - Banten
  10. Ayu by Ayu Lestari - Banjarmasin
  11. Etnira - Palembang
  12. Saudaree - Jakarta
  13. Giyomi - Surabaya
  14. Hi.Prima - Surabaya
  15. Vinia Boutique - Pekanbaru
  16. The Steddy - Solo
  17. LYF - Yogyakarta
  18. Hos of Shopaholic - Yogyakarta
  19. SIDELINE - Bali
  20. Intalicious Project - Malang
  21. HaiClo - Bandung
  22. HolyPeony.id - Bandung

Selama Ramadhan, Wardah juga menghadirkan hamper yang terdiri dari produk skincare Wardah Crystal Secret dan Wardah Lightening, serta makeup Wardah New Exclusive dan Wardah Colorfit. Selain itu, pelanggan juga dapat memperoleh Gift with Purchase (GWP), seperti gratis hijab eksklusif, sajadah travel, dan pouch dengan minimum pembelian Rp142 ribu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.