Sukses

Siapa Saja yang Harus Membungkuk di Keluarga Kerajaan Inggris?

Setelah kematian Ratu Elizabeth II dan sejumlah perubahan gelar kerajaan, banyak yang bertanya-tanya, siapa yang membungkuk atau hormat kepada siapa di dalam keluarga kerajaan Inggris?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kematian Ratu Elizabeth II dan sejumlah perubahan gelar kerajaan, banyak yang bertanya-tanya, siapa yang membungkuk atau hormat kepada siapa di dalam keluarga kerajaan Inggris?

Dikutip dari People, Kamis, 16 Maret 2023, sama seperti yang dilakukan warga negara ketika bertemu dengan seorang bangsawan, adalah hal yang umum untuk melihat anggota keluarga kerajaan Inggris menunjukkan rasa hormat saat saling menyapa. Pria menundukkan kepala sementara perempuan membungkuk hormat.

Namun, ada beberapa aturan yang terlibat tergantung pada peringkat. Setelah kematian Ratu Elizabeth II pada September 2022, putra sulungnya segera naik takhta sebagai Yang Mulia Raja Charles bersama istrinya, Yang Mulia Ratu Permaisuri.

Semua anggota keluarga kerajaan Inggris, termasuk mereka yang bergelar His/Her Royal Highness (HRH), membungkuk atau hormat kepada raja dan istrinya ketika menyapa mereka untuk pertama kalinya dalam beberapa saat, bahkan anak-anaknya. Pangeran William, yang menjadi Pangeran Wales sebagai pewaris takhta, terlihat menundukkan kepala untuk menyapa ayah dan ibu tirinya.

Demikian pula, menantu Raja Charles, Kate Middleton membungkuk hormat untuk menyambut raja, seperti yang terlihat di konser lagu Natal pada Desember lalu. Ketika Pangeran William dan Kate atau anggota keluarga kerajaan lainnya tidak membungkuk atau hormat untuk menyapa raja dan permaisuri, kemungkinan ada alasan praktis, yakni mereka mungkin sudah bertemu satu sama lain hari itu. Mereka juga terlihat saling menyapa dengan ciuman di pipi atau pelukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Panduan Aturan Penyambutan Keluarga Kerajaan

Aturan untuk menyapa raja dengan membungkuk berlaku bahkan pada hari pernikahan pengantin perempuan atau pria kerajaan. Dari Pangeran Charles dan Putri Diana saat itu hingga Pangeran William dan Kate hingga Pangeran Harry dan Meghan Markle, mereka semua berhenti di hari pernikahan mereka untuk menyambut Ratu Elizabeth II dengan membungkuk atau hormat.

Sapaan formal seperti itu kepada anggota keluarga mengejutkan Meghan ketika dia berkencan dengan Pangeran Harry. Mengingat pertemuan Ratu Elizabeth II untuk pertama kalinya selama acara Netflix mereka Harry dan Meghan, Duchess of Sussex menjelaskan, "Saya ingat kami berada di dalam mobil dan kami sedang mengemudi dan dia seperti, 'Kamu tahu cara membungkuk hormat, kan?' Saya hanya berpikir itu adalah lelucon."

"Bagaimana Anda menjelaskan itu kepada orang-orang? Bagaimana Anda menjelaskan bahwa Anda tunduk pada nenek Anda dan bahwa Anda perlu membungkuk? Terutama kepada orang Amerika. Itu aneh," kata Harry.

Raja Charles baru-baru ini menjadikan adik laki-lakinya Pangeran Edward sebagai Duke of Edinburgh yang baru. Gelar tersebut sebelumnya dipegang oleh ayah mereka, Pangeran Philip, hingga dia meninggal pada April 2021.

3 dari 4 halaman

Aturan Umum

Itu menjadikan istri Edward, Sophie, Duchess of Edinburgh yang baru. Sementara pasangan ini mempertahankan gelar mereka sebagai Earl dan Countess of Wessex dan Forfar, mereka akan dikenal dengan gelar duke dan duchess berpangkat lebih tinggi.

Namun, ini tidak mengubah kepada siapa mereka akan membungkuk dan hormaat atau dari siapa mereka akan menerima hormat. Itu karena mereka sudah memiliki gelar HRH. Tapi bagaimana dengan semua bangsawan dengan gelar HRH?

"Aturan umum yang harus diingat adalah bahwa Yang Mulia tidak membungkuk kepada Yang Mulia lainnya," Myka Meier, seorang ahli etiket dan penulis buku Modern Etiquette Made Easy kepada People. "Oleh karena itu, sementara Duke dan Duchess of Edinburgh yang baru bergelar masih harus membungkuk hormat kepada Yang Mulia Raja Charles dan Yang Mulia Permaisuri, mereka tidak perlu membungkuk hormat kepada pangeran atau putri berdarah mana pun atau mereka yang telah menikah."

Menurut Debrett's, Kate dan Meghan mengungguli anggota darah keluarga kerajaan, tetapi hanya ketika mereka bersama suami mereka, Pangeran William dan Pangeran Harry. "Protokol menyatakan bahwa ketika Princess of Wales dan Duchess of Sussex tidak didampingi oleh suami mereka, Princess of the Royal Blood, seperti Putri Beatrice dan Eugenie, berada di atas mereka. Namun, ketika para Duchess didampingi oleh suami mereka, peran dibalik dan bangsawan mengungguli putri," kata mereka.

4 dari 4 halaman

Paham Aturan Membungkuk dan Hormat

Juga tidak jelas apakah anak Meghan dan Pangeran Harry, Pangeran Archie dan Putri Lilibet, akan menggunakan gelar HRH. Mereka menjadi pangeran dan putri ketika kakek mereka Raja Charles menyetujui takhta dan gelar mereka baru-baru ini tercermin di situs web keluarga kerajaan, tetapi belum ada pengumuman yang dibuat mengenai status HRH mereka.

Meghan dan Pangeran Harry secara resmi mempertahankan HRH mereka setelah mereka mundur dari peran kerja kerajaan mereka. Tetapi, pasangan ini tidak menggunakannya secara aktif.

Bahkan di usia 7 tahun, Putri Charlotte sudah ahli dalam protokol kerajaan. Selain memamerkan rasa hormatnya kepada Ratu Elizabeth II di berbagai acara, dia membantu kakak laki-lakinya Pangeran George di pemakaman nenek buyut mereka pada September 2022.

Sementara anggota keluarga kerajaan menunggu peti mati Ratu Elizabeth II melewati mereka di Wellington Arch, Charlotte terlihat memberi tahu George, "Kamu harus membungkuk." Saat dia menginstruksikan, Pangeran George mendengarkan dengan penuh perhatian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.