Sukses

Fakta Menarik Burundi, Rumah bagi Danau Air Tawar Terpanjang di Dunia

Burundi adalah negara di Afrika bagian Timur, selatan Khatulistiwa. Negara yang terkurung daratan ini adalah salah satu dari sedikit negara di Afrika yang perbatasannya tidak ditentukan oleh penguasa kolonial.

Liputan6.com, Jakarta - Burundi adalah negara di Afrika bagian Timur, selatan Khatulistiwa. Negara yang terkurung daratan ini adalah salah satu dari sedikit negara di Afrika yang perbatasannya tidak ditentukan oleh penguasa kolonial.

Dikutip dari Britannica, Rabu, 15 Maret 2023, sebagian besar penduduk Burundi adalah Hutu, yang secara tradisional merupakan masyarakat petani. Namun, kekuasaan telah lama berada di tangan minoritas Tutsi, yang secara historis telah menguasai tentara dan sebagian besar perekonomian, khususnya ekspor kopi internasional yang menguntungkan.

Hanya sedikit perbedaan budaya nyata yang dapat dibedakan antara kedua suku tersebut, dan keduanya berbicara bahasa Rundi (Kirundi). Homogenitas linguistik seperti itu jarang terjadi di Afrika sub-Sahara dan menekankan ikatan budaya dan etnis yang erat secara historis di antara orang-orang di Burundi. Terlepas dari itu, ada beberapa ulasan mengenai fakta menarik Burundi. Simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Konflik Etnis

Konflik etnis antara Hutu dan Tutsi telah melanda negara itu sejak memperoleh kemerdekaan dari Belgia pada 1962, dengan korban jiwa dan harta benda yang sangat besar. Beberapa orang Burundi lolos dari anarki berikutnya di mana negara itu jatuh ketika kekerasan antaretnis ini berkobar lagi pada 1990-an, sebuah kebakaran berdarah yang mengilustrasikan dengan baik pepatah Rundi "Jangan panggil petir untuk menyambar musuhmu, karena itu juga bisa menyambar teman-temanmu."

Baik kehadiran pasukan penjaga perdamaian internasional yang dimulai pada akhir 1990-an maupun ratifikasi perjanjian untuk berbagi kekuasaan antara Hutu dan Tutsi tidak langsung efektif dalam mengekang kekerasan antaretnis, yang juga meluas ke negara-negara tetangga Rwanda dan Republik Demokratik Kongo. Orang-orang Burundi kini dihadapkan pada tugas memadamkan perbedaan etnis, mempromosikan persatuan, dan membangun kembali negara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Punya Danau Air Tawar Terpanjang di Dunia

Danau Tanganyika, danau terbesar kedua di Afrika timur. Ini adalah danau air tawar terpanjang di dunia (660 km) dan terdalam kedua (1.436 meter) setelah Danau Baikal di Rusia. Relatif sempit, lebarnya bervariasi dari 10 hingga 16 hingga 72 km, mencakup sekitar 12.700 mil persegi (32.900 km persegi) dan membentuk batas antara Tanzania dan Republik Demokratik Kongo (DRC) dan bagian dari batas antara Burundi dan DRC serta bagian dari perbatasan antara Tanzania dan Zambia.

Danau ini menempati ujung selatan Western Rift Valley, dan untuk sebagian besar panjangnya tanahnya naik tajam dari pantainya. Perairannya cenderung payau. Meskipun dialiri oleh sejumlah sungai, danau tersebut bukanlah pusat dari daerah drainase yang luas. Sungai terbesar yang mengalir ke danau adalah Malagarasi, Ruzizi, dan Kalambo, yang memiliki salah satu air terjun tertinggi di dunia (215 meter). Outletnya adalah Sungai Lukuga, yang mengalir ke Sungai Lualaba.

Danau Tanganyika terletak di garis yang membagi wilayah bunga Afrika timur dan barat, dan kelapa sawit, yang merupakan ciri khas flora Afrika barat, tumbuh di sepanjang tepi danau. Padi dan tanaman subsisten ditanam di sepanjang pantai, dan memancing memiliki arti penting. Kuda nil dan buaya berlimpah, dan kehidupan burung bervariasi.

3 dari 4 halaman

3. Rumah bagi Buaya Pemakan Manusia yang Terkenal Kejam

Dikutip Enjoy Travel, Gustave si buaya adalah buaya Nil jantan besar yang tinggal di Burundi. Buaya pemakan manusia yang terkenal kejam dan dikabarkan telah membunuh sebanyak 300 orang di tepi Sungai Ruizzi dan pantai utara Danau Tanganyika, meskipun hal ini sulit untuk diverifikasi. Herpetologis lokal Patrice Faye mengidentifikasi dan menamai buaya tersebut pada akhir 1990-an, setelah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempelajarinya. Bahkan ada film dokumenter tentang makhluk terkenal berjudul "Capturing the Killer Croc", yang ditayangkan di PBC.

4. Rumah bagi Taman Nasional yang Kaya Satwa Liar

Ada tiga taman nasional, empat cagar nasional, dan dua monumen alam yang tersebar di sekitar Burundi. Taman Nasional Ruvubu adalah taman nasional terbesar di negara itu, dengan luas sekitar 508 km persegi. Ini adalah salah satu ekosistem padang rumput alami terakhir di wilayah tersebut dan merupakan rumah bagi berbagai satwa liar, termasuk kuda nil, kerbau, waterbucks, dan babon.

Lebih dari 200 spesies burung telah tercatat di taman ini juga, menjadikannya surga bagi para pengamat burung yang tujuan utamanya mengumpulkan penampakan burung langka. Kibira adalah taman nasional terbesar kedua di negara itu. Meliputi hutan hujan Montane dan dua perkebunan teh yang luas, tempat ini populer dengan simpanse lokal, serta monyet colobus hitam dan putih.

 
4 dari 4 halaman

5. Pemerintah Melarang Jogging di Burundi

Pada 2004, pemerintah Burundi melarang jogging. Selama bertahun-tahun konflik etnis di Burundi, orang Burundi memulai tradisi lari Sabtu pagi. Untuk mengartikulasikan rasa takut dan frustrasi dengan pengetatan kontrol pemerintah, mereka akan keluar berkelompok dan jogging.

Khawatir itu adalah kedok subversi, presiden melarangnya sama sekali. Jika Anda tidak dapat hidup tanpa pengaturan olahraga, Anda harus bergabung dengan klub jogging, mendaftar ke pemerintah, dan memilih salah satu dari sembilan tempat yang disetujui. Meski begitu, Anda mungkin harus menanggung beberapa pertanyaan ringan dari polisi.

6. Suka Minum Bir Pisang

Seperti sebagian besar Afrika Timur, orang Burundi dikenal suka membuat bir pisang. Itu terbuat dari pisang tumbuk yang difermentasi, biasanya dinikmati dalam kelompok besar melalui sedotan.

Untuk mempercepat proses fermentasi, pembuat bir akan menggali tanah yang dilapisi daun pisang kering dan membakarnya. Kemudian mereka meletakkan daun pisang segar di atasnya, bersama dengan pisang mentah dan membiarkannya selama sekitar enam hari. Orang Burundi suka bersenang-senang, terbukti dengan banyaknya bar dan klub malam di negara ini. Beberapa angka menunjukkan negara itu memiliki salah satu konsumsi alkohol per kapita tertinggi di Afrika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.