Sukses

Indonesia Peringkat ke-3 Destinasi Wisata Termurah di Dunia Versi Kiplinger, Mari Jalan-Jalan di Dalam Negeri Saja

Di atas Indonesia, dua destinasi wisata termurah di dunia untuk dikunjungi saat ini adalah Laos dan Turki.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pertimbangan seseorang menentukan destinasi wisata yang dituju adalah faktor harga. Sebuah lembaga publikasi asal Amerika Serikat, Kiplinger, memeringkatkan destinasi wisata termurah di dunia untuk dikunjungi saat ini.

Salah satu yang masuk daftar adalah Indonesia. Penentuannya berdasarkan seberapa banyak biaya yang dihabiskan per hari sejak tiba di lokasi, termasuk akomodasi, makanan, dan biaya hidup.

Dilansir dari Moneyweek, Selasa, 14 Maret 2023, berikut adalah daftar 10 destinasi wisata termurah untuk dikunjungi saat ini:

1. Laos 

Meskipun terkurung daratan, Laos memiliki lebih dari 4.000 pulau untuk dikunjungi. Keindahan alamnya sebagian besar masih belum tersentuh, dan pengunjung dapat menikmati makanan lokal yang lezat, trek hutan, dan kunjungan ke kuil serta air terjun di daratan.

Biaya harian rata-rata: 12 pound sterling (Rp224 ribu)

Biaya akomodasi rata-rata: 7 pound sterling (Rp131 ribu)

Biaya makan harian rata-rata: 4 pound sterling (Rp75 ribu)

2. Turki

Turki adalah salah satu negara yang paling sering dikunjungi di dunia. Destinasi ini menawarkan para pelancong ke segala jenis atraksi, mulai dari suasana kota yang sibuk hingga pantai indah di Laut Aegea. Kawasan tenggara Turki saat ini memang masih berusaha memulihkan diri dari dampak serangkaian gempa besar, tetapi destinasi-destinasi wisata terkenal masih menyambut wisatawan dan relatif aman untuk dikunjungi.

Biaya harian rata-rata: 19 pound sterling (Rp356 ribu)

Biaya akomodasi rata-rata: 10 pound sterling (Rp187 ribu)

Biaya makan harian rata-rata: 6 pound sterling (Rp113 ribu)

3. Indonesia

Bali secara rutin dinobatkan sebagai salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di dunia. Namun dengan lebih dari 17 ribu, Indonesia menawarkan begitu kompleks destinasi wisata menarik untuk dikunjungi, dari mengunjungi kawanan orangutan, gunung berapi, hingga pantai-pantai indah. Mayoritas bisa dinikmati dengan biaya terjangkau.

Biaya harian rata-rata: 39 pound sterling (Rp729 ribu)

Biaya akomodasi rata-rata: 30 pound sterling (Rp561 ribu)

Biaya makan rata-rata: 10 pound sterling (Rp187 ribu)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Thailand

Thailand juga masuk dalam destinasi termurah di dunia. Meski harga tiket pesawat tak bisa dibilang murah, biaya akomodasi dan makan yang relatif rendah di Thailand bisa menutupi biaya tiket pesawat yang melambung. Negara itu dikenal dengan kuil hutan, pantai-pantai tropis, makanan yang lezat, dan kota-kota yang ramai.

Biaya harian rata-rata: 43 pound sterling (Rp804 ribu)

Biaya akomodasi rata-rata: 17 pound sterling (Rp317 ribu)

Biaya makan harian rata-rata: 11 pound sterling (Rp206 ribu)

5. Hungaria

Budapest dikenal sebagai kota bersejarah yang indah yang memiliki banyak atraksi dengan harga terjangkau. Sementara, kawasan pedesaan adalah rumah bagi desa-desa yang indah dan lembah, sungai, dan pegunungan yang indah untuk dinikmati.

Biaya harian rata-rata: 58 pound sterling (Rp1,1 juta)

Biaya akomodasi rata-rata: 27 pound sterling (Rp505 ribu)

Biaya makan harian rata-rata: 14 pound sterling (Rp261 ribu)

6. Kosta Rika

Kosta Rika menjadi salah satu negara Amerika Tengah terkecil tetapi punya banyak atraksi wisata yang ditawarkan. Di antara atraksi andalan adalah akses ke pesisir pantai Pasifik dan Karibia, hutan-hutan yang menanti dieksplorasi, dan gunung-gunung berapi untuk didaki.

Biaya harian rata-rata: 67 pound sterling (Rp1,25 juta)

Biaya akomodasi rata-rata: 34 pound sterling (Rp636 ribu)

Biaya makan harian rata-rata: 14 pound sterling (Rp261 ribu)

 

 

3 dari 4 halaman

7. Meksiko

Mexico City menjadi kota terbesar kelima di dunia yang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner terbaik di dunia dan deretan situs bersejarah. Kota-kota lain di negara itu memiliki banyak hal untuk ditawarkan, pantainya secara teratur terdaftar sebagai yang terbaik di dunia, dan merupakan rumah bagi reruntuhan Aztec dan Maya kuno - semuanya dengan harga yang relatif murah.

Biaya harian rata-rata: 77 pound sterling (Rp1,441 ribu)

Biaya akomodasi rata-rata: 44 pound sterling (Rp824 ribu)

Biaya makan harian rata-rata: 17 pound sterling (Rp318 ribu)

 

8. Republik Dominika

Republik Dominika menawarkan cuaca bersahabat sepanjang tahun sehingga turis dari negara empat musim bisa menikmati suasana hangat dengan harga yang lebih bersahabat. Negara pulau ini memiliki sesuatu untuk semua orang, apakah Anda ingin bersantai di pantai atau pergi ke hutan hujan untuk bertualang.

Biaya harian rata-rata: 91 pound sterling (Rp1,703 juta)

Biaya akomodasi rata-rata: 58 pound sterling (Rp1,1 juta)

Biaya makan harian rata-rata: 25 pound sterling (Rp468 ribu)

4 dari 4 halaman

9. Portugal

Portugal memiliki 300 hari hangat sepanjang tahun sehingga cocok untuk dikunjungi wisatawan dari benua lain yang tak terbiasa dengan musim dingin. Negara itu memiliki beragam pantai indah, kehidupan kota yng hidup, makanan laut segar, dan pastry yang lezat. Selain itu, Portugal adalah salah satu destinasi bernilai terbaik di Eropa, dengan biaya harian liburan rata-rata 96 pound sterling.

Biaya harian rata-rata: 96 pound sterling (Rp1,8 juta)

Biaya akomodasi rata-rata: 62 pound sterling (Rp1,2 juta)

Biaya makan harian rata-rata: 28 pound sterling (Rp525 ribu)

10. Yunani

Yunani telah menjadi tujuan liburan teratas untuk beberapa waktu sekarang, dan untuk alasan yang bagus. Harga tetap murah sejak krisis utang 2010, dan negara ini menawarkan segalanya mulai dari pantai yang cerah hingga situs bersejarah. Biaya harian rata-rata untuk liburan adalah sekitar 110 pound sterling, sedangkan biaya akomodasi sekitar 77 pound sterling.

Negara ini terkenal dengan pulau-pulaunya, dan ini akan lebih mahal daripada daratan atau tujuan yang jarang dilalui. Wisatawan disarankan memesan tiket di luar musim panas yang sibuk agar bisa mendapatkan harga yang lebih rendah.

Biaya harian rata-rata: 110 pound sterling (Rp2,1 juta)

Biaya akomodasi rata-rata: 77 pound sterling (Rp1,4 juta)

Biaya makan harian rata-rata: 29 pound sterling (Rp544 ribu).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.