Sukses

Apa Itu Childfree?

Childfree digunakan untuk merujuk pada orang yang memilih untuk tidak memiliki anak.

Liputan6.com, Jakarta - Bahasan mengenai childfree kembali mengemuka dan hangat diperbincangkan di jagat maya. Hal ini terjadi setelah YouTuber Gita Savitri atau Gitasav menyebut pilihan tidak memiliki anak atau childfree membuatnya awet muda.

Semua berawal saat Gita Savitri membalas komentas seorang warganet yang memuji wajahnya awet muda. "Aku yang umur 24 kalah sama Ka Git padahal udah 30. Awet muda banget sih," tulis warganet itu.

"Not having kids is indeed natural anti aging. You can sleep for 8 hours every day, no stress hearing kids screaming. And when you finally got wrinkles, you have the money to pay for botox. (Tidak punya anak memang anti-penuaan alami. Anda bisa tidur selama 8 jam setiap hari, tidak stres mendengar teriakan anak-anak, dan saat (kulit) Anda akhirnya keriput, Anda punya uang untuk membayar botox)," demikian jawab Gita.

Tanggapan Gita tersebut muncul dalam unggahan reels Instagramnya yang menunjukkan momen liburannya bersama suami. "POV: You are in your 30s and don't have any kids," tulisnya.

Lantas, apa itu childfree? Berdasarkan Cambridge Dictionary, childfree berarti "digunakan untuk merujuk pada orang yang memilih untuk tidak memiliki anak, atau tempat atau situasi tanpa anak."

Menurut Collins Dictionary, childfree berarti "tidak memiliki anak, khususnya karena pilihan." Dikutip dari Fertility Smarts, Kamis (9/2/2023), childfree adalah istilah yang mengacu pada orang dewasa yang tidak memiliki anak, baik biologis, adopsi, atau lainnya. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan orang dewasa yang telah memilih untuk tidak memiliki anak. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Definisi

Childfree bisa juga digunakan untuk menggambarkan mereka yang tidak dapat memiliki anak, seperti orang yang berjuang melawan kemandulan atau mereka yang telah menyelesaikan ketidaksuburannya dengan memutuskan untuk tidak memiliki anak.

Childfree juga dikenal sebagai childfree by choice atau childless by choice. Istilah childfree sering digunakan secara bergantian dengan istilah childless. Namun, penting untuk dicatat perbedaan antara kedua istilah tersebut.

Orang dewasa tanpa anak telah secara aktif membuat keputusan untuk tidak memiliki anak. Alternatifnya, orang dewasa tanpa anak adalah mereka yang telah memutuskan untuk memiliki anak tetapi belum mampu. Ini bisa karena berbagai alasan, seperti berencana untuk memiliki anak di masa depan atau berjuang untuk hamil.

Sebelum istilah bebas anak dipopulerkan, orang dewasa tanpa anak disebut childless. Ini bermasalah karena menyiratkan bahwa setiap orang yang tidak memiliki anak menginginkan mereka.

3 dari 4 halaman

Childfree Itu Pilihan

Jelas, childfree juga berbeda dari orangtua yang memiliki anak dan "belum menjadi orangtua" yang berencana untuk memiliki anak. Mungkin ada banyak alasan berbeda untuk memilih tidak memiliki anak karena ada orang yang telah membuat pilihan.

Saat berpikir tentang ide-ide seputar memilih jumlah anak, penting untuk tidak membuat kesalahan dengan mengukur identitas atau nilai intrinsik seseorang terutama dalam kaitannya dengan keputusan melahirkan anak mereka. Hal ini berlaku di seluruh spektrum kemungkinan: jika seseorang memilih untuk tidak memiliki anak, atau jika seseorang memilih untuk secara bertanggung jawab memiliki keluarga yang lebih besar dengan banyak anak, atau jika pasangan secara sukarela memilih untuk memiliki satu anak lebih sedikit daripada yang mungkin mereka miliki karena mereka ingin berkontribusi pada kondisi keberlanjutan global di masa depan.

"Programme of Action" The International Conference on Population and Development (ICPD) yang ditulis pada 1994 dimulai dengan 15 prinsip. Prinsip 8 mengatakan, sebagian, "Semua pasangan dan individu memiliki hak dasar untuk memutuskan secara bebas dan bertanggung jawab jumlah dan jarak antara anak-anak mereka dan untuk mendapatkan informasi, pendidikan dan sarana untuk melakukannya."

4 dari 4 halaman

Stigma Masyarakat

Jika seseorang benar-benar setuju dengan semangat Prinsip 8 ICPD, pilihan untuk tidak memiliki anak seharusnya tidak menjadi masalah. Namun, banyak orang, baik secara sadar atau tidak sadar, menstigmatisasi pilihan tanpa anak.

Sejalan dengan itu, individu yang secara bertanggung jawab memiliki keluarga besar juga tidak boleh dikutuk atau distigmatisasi secara pribadi. Poin terakhir ini mungkin terdengar mengejutkan datang dari organisasi yang digerakkan oleh misi yang bekerja untuk menstabilkan populasi global pada tingkat dengan orang dapat hidup berkelanjutan dengan sumber daya terbarukan dunia.

Namun, catatan sejarahnya jelas: kebanyakan perempuan, rata-rata, memilih untuk memiliki dua anak atau kurang setelah mencapai kebebasan bereproduksi yang sebenarnya. Hasil ukuran keluarga yang lebih kecil bukanlah tujuan akhir utama bekerja untuk kebebasan reproduksi.

Seluruh gagasan untuk tidak memiliki anak semakin menarik perhatian, termasuk di dunia akademik. Baru-baru ini, tim peneliti memutuskan untuk melihat secara terperinci sekelompok orang dewasa dari negara bagian Michigan.

Mereka menemukan bahwa seperempat orang dewasa Michigan diidentifikasi childfree. Setelah mengontrol karakteristik demografis, mereka tidak menemukan perbedaan dalam kepuasan hidup antara individu tanpa anak dan orangtua, belum menjadi orangtua, atau individu tanpa anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.