Sukses

Kereta Panoramic Kembali Beroperasi, Intip Jadwal Keberangkatannya

Setelah melalui tahap evaluasi, kereta panoramic kembali beroperasi, simak jadwal keberangkatan dan tarifnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta panoramic kembali beroperasi setelah sebelumnya menjalani tahap evaluasi. Adapun perjalanan kereta panoramic dirangkaikan dengan KA Argo Parahyangan Panoramic (44Pc) relasi Gambir-Bandung (PP) dan KA Argo Wilis Panoramic (6Pc) Relasi Bandung-Surabaya Gubeng (PP).

"Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia. Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan," kata Humas PT Kereta Api Pariwisata, M. Ilud Siregar dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Selasa (7/2/2023).

Ilud menjelaskan bahwa okupansi penumpang kereta panoramic dalam perjalanan di minggu pertama Februari 2023 kemarin sudah mencapai kurang lebih 107 persen. Jumlah penumpang mencapai 163 penumpang dari 152 seat penumpang yang tersedia.

Penambahan volume disebabkan adanya turun naik penumpang untuk KA Argo Wilis Panoramic (6Pc) relasi Bandung-Surabaya Gubeng. Ia melanjutkan dalam pengoperasian kereta panoramic berjalan dengan pola yang sama dengan kereta wisata.

Perjalanan kereta panoramic ada dua pola, yaitu Pola FIT (Perorangan) dan Pola Charter atau Sewa. Untuk rangkaian saat ini kereta panoramic ada dua seat rangkaian dengan jumlah seat tempat duduk yang disediakan sebanyak kurang lebih 38 seat tempat duduk dari sebelumnya ada 46 seat tempat duduk.

Perubahan atau pengurangan seat ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan. Para penumpang akan menikmati perjalanan yang menyenangkan dan melihat pemandangan alam dan pegunungan yang indah, jembatan yang tinggi serta terowongan yang panjang melalui jendela kereta panoramic yang besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fasilitas Jadwal Keberangkatan

Ilud mengungkapkan bahwa kereta panoramic ada tambahan mini pantry sebagai tempat sajian snack, makanan dan minuman yang akan diberikan oleh petugas Train Attendent Pramugari (TAP) ke Para Penumpang Kereta Panoramic.

Untuk keamanan begasi setiap penumpang nantinya akan diberikan luggage tag atau tag bagasi sebagai tanda pengenal yang disematkan pada barang bawaan penumpang seperti koper atau tas.

Ilud menambahkan dalam setiap perjalanan para pelanggan kereta panoramic akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma serta free WiFi. Pelanggan juga dapat menikmati fasilitas kereta panoramic, meliputi kursi yang nyaman, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, dan rak bagasi khusus di ujung kereta. 

Pelanggan juga disuguhkan pemandangan yang indah dan menyenangkan karena kereta panoramic memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya. Selain itu ada atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis, sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang menarik dan berkesan.

3 dari 4 halaman

Jadwal Keberangkatan

Perjalanan kereta panoramic berjalan di hari-hari weekend dengan tarif kurang lebih Rp350 ribu yang dirangkaikan dengan Kereta Api Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir (PP) dan tarif kurang lebih Rp.1.120.000 yang dirangkaian dengan KA Argo Wilis dengan Relasi Bandung-Surabaya Gubeng (PP).

Adapun jadwal keberangkatan kereta panoramic sebagai berikut:

1. KA Argo Parahyangan Panoramic (44Pc) keberangkatan Gambir pukul 04.55 dan tiba di Bandung pukul 07.52 (berjalan di hari Jumat)

2. KA Argo Wilis Panoramic (6Pc) keberangkatan Bandung pukul 08.15 dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 18.10 (berjalan di hari Jumat)

3. KA Argo Wilis Panoramic (5Pc) keberangkatan Surabaya Gubeng pukul 07.30 dan tiba di Bandung pukul 17.25 (berjalan di hari Minggu)

4. KA Argo Parahyangan Panoramic (51Pc) keberangkatan Bandung pukul 18.15 dan tiba di Gambir pukul 21.19 (berjalan di hari Minggu)

Bagi masyarakat dan para penumpang yang akan bepergian menggunakan kereta panoramic dapat memesan tiket KA kereta api Panoramic Argo Parahyangan dan Kereta Api Panoramic Argo Wilis di aplikasi KAI Access, website KAI dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Sedangkan untuk pemesanan atau pola Charter atau sewa dapat menghubungi Miss Veronika di Nomor +62811 1220 7206, Miss Rizka +62 811 1220 7207 dan Mr Tiko +62811 1220 7209.

4 dari 4 halaman

Henti Operasi pada Awal Januari 2023

Kereta panoramic sempat berhenti beroperasi pada 9 Januari 2023 lalu. Sejak soft launching pada 24 Desember 2022, minat masyarakat untuk bepergian menumpang kereta itu sangat tinggi.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, tercatat 2.238 penumpang bepergian menggunakan kereta panoramic rute Stasiun Gambir - Stasiun Yogyakarta hingga hari ini, atau rata-rata okupansinya mencapai 90 persen. Kereta tersebut dirangkaikan dengan KA Taksaka tambahan untuk menambah kapasitas KAI di masa libur natal dan tahun baru (nataru).

Setelah periode soft launching berakhir, kereta panoramic akan dihentikan operasionalnya sementara waktu. "Selanjutnya akan dilakukan proses evaluasi terhadap pola pengoperasi perjalanan kereta panoramic dalam meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi para pelanggan kereta api panoramic," ujar Ilud.

Ia menyatakan selama proses evaluasi, mereka juga akan memperbaiki kereta panoramic untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan. Kereta tidak akan dioperasikan sampai ada pengumuman terbaru.

"KAI dan KAI Wisata akan terus memberikan informasi terbaru tentang rencana pengoperasian perjalanan kereta panoramic dan fasilitas-fasilitas pelayanan dan perbaikan, terutama di kereta panoramic melalui 'media informasi,media sosial KAI Wisata di Instagram, Tiktok, dan Youtube serta media informasi lainnya," terang Ilud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.