Sukses

Nikita Willy Bagikan Tips Saat Bayi Malas Makan dan Tumbuh Gigi

Menurut Nikita Willy, susah makan adalah kebiasaan normal yang sering dialami sebagian besar bayi seusia Baby Issa.

Liputan6.com, Jakarta - Nikita Willy kerap membagikan kebersamaannya saat bersama dengan buah hatinya, Issa Xander Djokosoetono. Bayi yang akrab disapa Baby Issa tersebut bikin gemas lantaran sudah bisa makan dan tidur sendiri di usia 9 bulan.

Selain itu, Nikita Willy pernah mengajak Baby Issa memasak untuk makan siangnya. Kali ini, Nikita membagikan beberapa tips saat anak malas makan.

Bukan rahasia lagi ketika bayi berusia 7 bulan ke atas lebih tertarik untuk bermain dibandingkan makan makanan yang sudah disediakan oleh ibunya.. Sama seperti Baby Issa yang sudah malas makan. Istri Indra Priawan ini mengatakan bahwa itu adalah kebiasaan normal yang sering dialami sebagian besar bayi seusia Baby Issa.

"Setelah 7 bulan, aku lihat Issa jadi malas memasukkan makanannya sendiri ke mulut. Nah, apalagi sekarang dia sembilan bulan, maunya main aja, pokoknya enggak se-excited dulu. Tapi ternyata itu normal," kata Nikita dikutip dari akun Youtube, Nikita Willy Official. Untuk lebih lengkapnya, simak enam cara Nikita mengatasi bayi yang malas makan.

1. Hindari panik dan bingung

Menurut Nikita, bayi berusia enam sampai sembilan bulan karakternya memang akan berubah, yang perlu Anda lakukan adalah tidak panik dan bingung, tetapi cobalah untuk mengubah sedikit kebiasaannya. Baby Issa biasanya makan makanannya sendiri tanpa bantuan dari Nikita.

Namun, ketika dia mulai malas makan, Nikita pun membantu anak sulungnya untuk makan. "Nah, salah satu caranya adalah aku suapin dia supaya dia tetap banyak yang dimasukin ke dalam mulutnya dia," kata Nikita.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jangan memaksa

Jika anak menolak makan, Nikita menyarankan sebaiknya kita tidak memaksa mereka tetap makan dan menghargai keputusannya. "Tapi kalau misalnya dia memang enggak mau makan, aku harus respect keputusan dia kalau ya sudah setop makanannya, aku enggak akan maksa untuk dia lanjut makan," ujarnya.

3. Hindari menggendong anak sambil makan

Jika anak mulai tidak betah duduk di kursi makannya, Nikita juga menyarankan untuk segera mengangkat dan memindahkannya ke depan meja makan. Jika anak masih susah makan, Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga untuk memangku bayi Anda.

"Kalau dia enggak betah, aku akan langsung angkat supaya dia enggak trauma dalam hal makan. Caranya, kita pangku anaknya, bawa ke depan meja makan supaya dia mau makan di meja makan sama kita. Kalau enggak mau juga kita minta bantu anggota keluarga yang lain untuk pangku anaknya terus sambil kita suapin," tutur Nikita.

Nikita menyarankan untuk tidak memberikan makan anak sambil digendong, Hal ini karena khawatir akan merepotkan Anda karena anak akan terbiasa makan sambil digendong. Jika anak tidak betah makan di kursi makan atau meja makan, sebaiknya Anda pindah ke tempat lain, seperti teras rumah.

 

3 dari 4 halaman

4. Konsisten terhadap jam makan anak

Meski anak menolak untuk makan, Anda juga disarankan untuk tidak mengubah jam makan anak yang sudah teratur. Hal ini dimaksudkan agar anak tetap merasakan lapar sampai jam makan berikutnya.

Meski anak menolak untuk menu makanan yang disediakan, bukan berarti Andda harus menggantinya dengan makanan yang dia suka. Hal ini khawatir akan membuat anak menjadi picky eater, kebiasaan hanya memilih makanan yang dia suka.

5. Hindari langsung mengganti menu makanan

Meski anak menolak untuk menu makanan yang disediakan, bukan berarti Andda harus menggantinya dengan makanan yang dia suka. Hal ini dikhawatirkan bakal membuat anak menjadi picky eater, kebiasaan hanya memilih makanan yang dia suka. 

6. Berikan contoh yang baik

Nikita pun menyarankan untuk memberikan contoh kepada anak bahwa makanan itu bisa dia makan dengan memasukkan makanan ke mulutnya, sehingga anak tertarik untuk mencobanya juga. "Di sini aku coba kasih contoh ke Issa bahwa ini makanan yang bisa dimakan, agar dia terpancing untuk mencoba juga," ujar Nikita. 

4 dari 4 halaman

Camilan Dingin

Nikita juga mengungkapkan perkembangan terbaru baby Issa, salah satunya adalah telah memiliki enam gigi. Ia bersyukur selama tumbuh gigi atau teething, anaknya tidak mengalami demam atau menjadi rewel.

"Pada saat teething aku bersyukur banget dia nggak sampai demam. Cuma pasti dia growling, banyak banget ilernya kemana-mana, terus jadi agak males makan karena nggak enak gusinya," cerita Niki, dikutip dari kanal Youtube miliknya, Minggu, 29 Januari 2023.

Wanita berusia 28 tahun itu mensiasati hal tersebut dengan memberi anaknya camilan dingin untuk meredakan gatal serta sakit pada gusi Issa. "Kita kasih kayak camilan yang dingin, itupun kalau ibunya lagi rajin buat camilan yang dingin. Atau kita kasih teether yang aku masukin ke dalam freezer. Jadi teether-nya itu sudah beku dan dingin,," ungkap Nikita.

Sebagai ibu dirinya tidak mau kehilangan momen pertumbuhan apa oun yang dialami Issa. Ia juga berpesan kepada orang-orang di sekelilingnya agar selalu memberikan contoh yang baik saat berada di dekat anaknya.

"Anak itu pendengar dan peniru yang baik, jadi kita juga ngomong harus hati-hati, ngomong yang benar. Kita berpikir dia masih kecil, nggak ngerti, tapi sebetulnya dia menelan dan meniru apa yang kita bicarakan," tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.