Sukses

Agar Tetap Kinclong, Begini Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar!

Sepatu kulit memiliki daya tarik tersendiri bagi pemakainya, khususnya mereka yang senang menghadiri acara formal.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu perlengkapan fesyen yang digandrungi oleh banyak orang adalah sepatu. Sepatu memiliki ragam jenis dan model, salah satunya sepatu kulit. Sepatu kulit memiliki daya tarik tersendiri bagi pemakainya, khususnya mereka yang senang menghadiri acara formal.

Selain itu, sepatu kulit juga memiliki kemampuan mengikuti bentuk kaki. Dengan kata lain, ketika memakai sepatu kulit, kaki Anda akan tetap bisa bergerak bebas secara maksimal.

Sepatu jenis ini juga terbilang sepatu yang cukup mahal. Karena harganya yang mahal, Anda harus merawat sepatu Kulit secara tepat. Pasalnya, sepatu jenis ini memiliki cara perawatannya tersendiri. 

Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara merawat sepatu kulit agar tetap mengkilat dan kinclong seperti baru berikut ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Hindari Air dan Kondisi Lembap

Sepatu jenis ini harus terhindar dari kondisi kelembapan yang tinggi. Jika sepatu kulit basah, Anda harus mengeringkannya dengan sempurna. Salah satunya dengan meletakkan gumpalan kertas koran kering di bagian dalam sepatu kulit.

Tak hanya itu, Anda tidak boleh mengeringkan sepatu kulit di tempat yang panas. Kondisi seperti itu akan mengakibatkan kulit sepatu menjadi kering dan retak.

2. Gunakan Cedarwood

Agar sepatu kulit tetap mempertahankan bentuk aslinya, Anda dapat menggunakan pengganjal dari kayu aras atau cedarwood. Selain mempertahankan bentuk aslinya, pengganjal ini juga mampu menangkal bau yang akan menghampiri.

3. Keluarkan Sepatu Dua Minggu Sekali 

Anda juga harus mengeluarkan sepatu jenis itu minimal dua minggu sekali dari tempatnya. Dengan cara ini, Anda dapat meminimalisir sepatu menjadi lembap, berjamur, dan mengelupas.

4. Jangan Keseringan Dipakai

Sepatu kulit tidak disarankan untuk dipakai setiap hari. Pasalnya, sepatu jenis ini lebih tepat digunakan saat momen atau acara formal yang ingin Anda datangi. Jika ingin memakainya, Anda dapat menggunakannya secara bergantian dengan sepatu lainnya.

5. Semir Sepatu dengan Searah

Anda juga harus menyemir sepatu kulit saat tidak dipakai. Akan tetapi, Anda harus cermat dalam menyemir, agar kulit dan warnanya tetap terjaga. Anda harus menyemir sepatu dengan gerakan satu arah agar warna sepatu kulit tetap terjaga keindahannya.

Itulah beberapa cara bagaimana merawat sepatu kulit agar tetap mengkilat dan kinclong. Anda bisa menggunakan semir sepatu yang memiliki pengkilap sepatu instan agar sepatu tetap kinclong!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.