Sukses

Pangeran Harry Dicibir di Critics Choice Awards 2023: Sudah Cukup

Pangeran Harry kembali berada di tengah kritik karena memoar barunya, Spare.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dikritik Chelsea Handler di Critics Choice Awards 2023 karena memoar barunya, Spare. Komedian ini tidak menahan diri dalam monolog pembukaannya di ajang penghargaan tersebut pada Minggu malam, 15 Januari 2023, waktu Los Angeles, Amerika Serikat.

Melansir New York Post, Selasa (17/1/2023), Handler berkata, "Niecy Nash Betts dinominasikan untuk Dahmer. Dahmer jadi dokumenter dengan penayangan tertinggi ketiga di Netflix, dengan total waktu tonton 1 miliar jam. Yang tampaknya adalah jumlah waktu yang sama yang kita miliki untuk mendengarkan Pangeran Harry berbicara tentang penisnya yang membeku. Sudah cukup."

Ini tentu bukan kali pertama memoar Pangeran Harry disinggung di depan publik. Duke of Sussex sebelumnya telah dikritik publik karena buku barunya diklaim menampilkan sederet "informasi yang menyesatkan."

Salah satunya, dikutip dari Page Six, 12 Januari 2023, suami Meghan Markle ini menulis bahwa Raja Henry VI adalah "kakek buyutnya." Namun, pembaca berkomentar di media sosial untuk menunjukkan mengapa itu tidak mungkin, mengingat putra tunggal Henry VI meninggal dunia sebelum punya anak.

"Putra satu-satunya Henry VI, Edward dari Westminster, terbunuh di Pertempuran Tewkesbury pada 1471 ketika berusia 17 tahun," twit seorang pengguna Twitter.

Sementara yang lain berkomentar, "Henry VI tidak punya anak lain, jadi bagaimana ia bisa jadi leluhur langsung? Pangeran Harry tampaknya berpendidikan 'sangat longgar.' Mungkin Eton (sekolah Harry yang didirikan Raja Henry VI) berutang pengembalian dana biaya sekolah pada Yang Mulia Raja (Raja Charles III)."

Yang lain menulis, "Pangeran Harry bahkan tidak dapat memeriksa fakta silsilah keluarganya sendiri mengingat ia tetap menganggap dirinya sebagai keturunan Raja Henry VI, yang putranya meninggal tanpa anak pada usia 17 tahun."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klaim Lainnya

Kesalahan kedua yang telah "diperiksa kebenarannya" adalah seputar klaim Pangeran Harry bahwa ayah Meghan Markle, Thomas Markle, dibelikan tiket pesawat kelas satu dari Meksiko ke Inggris dengan Air New Zealand. "Kami mengatakan padanya, tinggalkan Meksiko sekarang," ia menulis.

"Tingkat gangguan yang sama sekali baru akan menimpa Anda, jadi pergilah ke Inggris. Sekarang," imbuhnya. "Air New Zealand, kelas satu, dipesan dan dibayar oleh Meg."

Juru bicara Air New Zealand mengatakan pada New Zealand Herald pada Rabu, 11 Januari 2023, bahwa maskapai tersebut "tidak pernah mengoperasikan penerbangan" antara Meksiko dan Inggris Raya. Juga, mereka hanya menawarkan tarif Bisnis Premier, bukan kelas satu.

Sebelum itu, salah satu kesalahan pertama yang menarik perhatian pembaca adalah klaim Harry bahwa ia sedang bersekolah di Eton ketika mengetahui nenek buyutnya, Ibu Suri, meninggal pada Maret 2002. Namun, sederet foto dari hari-hari menjelang kematian Ratu Elizabeth dan hari sesudahnya menunjukkan bahwa sang pangeran sedang dalam perjalanan ski di Swiss.

 

3 dari 4 halaman

Kesalahan Lain

Kesalahan mencolok tersebut membuat orang menggali lebih banyak kesalahan, dan begitulah cara mereka mengetahui bahwa Harry diduga berbohong tentang menerima Xbox sebagai hadiah pada 1997. Disebutkan bahwa Putri Diana telah membelikan gim konsol untuk ulang tahun ke-13 Harry.

Itu diberikan oleh mendiang saudara perempuan ibunya, Lady Sarah McCorquodale, setelah sang putri meninggal dunia secara tragis. Namun, Xbox tidak ada hingga 2001 dan tidak dijual di Inggris hingga setahun kemudian.

Di sisi lain, tetap ada warganet yang terus membela Pangeran Harry dan mengklaim bahwa itu hanyalah kekeliruan minor dalam proses penulisan. "Saya pikir maksud Harry adalah PlayStation yang dirilis pada 1995, atau konsol sebelum Xbox," tweet seorang pengguna.

"Menamai benda itu bisa saja membingungkan dan ia berusia 13 tahun saat itu. Itu 20+ tahun lalu setelah kehilangan traumatis yang sangat besar. Ibunya memberinya gim konsol. Kalian semua nitpick setiap detail," sambung warganet lain.

Yang lain menunjukkan bagaimana penulis bayangan memoar Harry, JR Moehringer, seorang jurnalis pemenang Hadiah Pulitzer, mungkin akan disalahkan pasangan Sussex karena sederet "informasi menyesatkan" tersebut.

4 dari 4 halaman

Istana Bereaksi?

Salah satu pengguna menulis, "Saya memberi waktu sekitar sebulan sebelum Harry dan 'pemiliknya' Meghan mencoba melemparkan @JRMoehringer ke bawah bus (menyalahkannya) dan mengklaim bahwa kehancuran total reputasi Harry karena #Spare adalah kesalahan si penulis bayangan. Semoga ia memiliki klausul non-disparagement yang sangat kuat."

Perwakilan untuk Harry dan Penguin Random House, perusahaan penerbit memoar tersebut, tidak segera menanggapi permintaan Page Six untuk mengomentari ketidakkonsistenan tersebut. Namun, Duke of Sussex telah muncul di beberapa wawancara TV di mana ia mengklaim bahwa bukunya berisi kebenaran tentang hidupnya.

Pada Selasa malam, 10 Januari 2022, Harry muncul di The Late Show with Stephen Colbert dan bercanda tentang pengecekan fakta serial Netflix The Crown. Ia berkata sambil menunjuk ke memoarnya, "Ngomong-ngomong, alasan lain mengapa begitu penting adalah bahwa sejarah benar."

Istana Buckingham sejauh ini belum mengeluarkan pernyataan langsung terkait memoar dan sejumlah wawancara Harry. Namun, istana sebenarnya bereaksi dalam "sunyi," lapor kanal Global Liputan6.com.

Kuasa hukum Istana Buckingham dilaporkan telah meminta ABC dan CBS untuk membagikan rekaman utuh wawancara Harry sebelum mempertimbangkan apakah akan mengomentari berbagai klaimnya yang menyudutkan keluarga Kerajaan Inggris. Tapi, permintaan tersebut ditolak kedua media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.