Sukses

Pangeran Harry Bocorkan Pesan Kate Middleton yang Bikin Meghan Markle Menangis di Lantai

Perseteruan Kate Middleton dan Meghan Markle terkait gaun pengiring pengantin sebenarnya tidak hanya terkuak dalam memoar Pangeran Harry.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry mengungkap pesan Kate Middleton yang dilaporkan membuat Meghan Markle sampai "menangis di lantai." Dalam memoar barunya, Spare, bangsawan berusia 38 tahun ini mengklaim Kate memulai pertengkaran pasif-agresif melalui pesan teks empat hari sebelum pernikahannya dengan Meghan pada 2018.

Ini dilatarbelakangi fakta bahwa, seperti dilaporkan New York Post, Selasa (10/1/2023), putri Kate, Putri Charlotte, yang sekarang berusia tujuh tahun, jadi pengiring pengantin di pernikahan kerajaan. Menurut Harry, Kate mengirim pesan pada Meghan untuk mengeluh bahwa gaun Charlotte tidak pas.

"Gaun Charlotte terlalu besar, terlalu panjang, terlalu longgar. Ia (Putri Charlotte) menangis ketika mencobanya di rumah," Putri Wales diduga menulis pesan pada calon ipar perempuannya saat itu.

Dalam memoarnya, Harry menjelaskan bahwa gaun itu adalah "couture Prancis" dan telah dijahit tangan dengan ukuran tertentu tanpa pengukuran lebih dulu. Karena itu, Duke of Sussex menyebut, "bukan kejutan besar" mengetahui bahwa rok itu tidak pas.

Saat itu, Meghan sedang berada di tengah-tengah drama dengan ayahnya, Thomas Markle, yang ketahuan menyiapkan foto-foto untuk paparazzi menjelang pernikahan. Calon pengantin wanita yang sibuk itu membutuhkan satu hari untuk menanggapi keluhan Kate, menurut Harry.

"Meg tidak langsung membalas (pesan) Kate," tulis adik Pangeran William ini dalam buku barunya. "Ya, ia (Meghan) menerima pesan terkait pernikahan (tidak hanya dari Kate) yang tidak ada habisnya, tapi sebagian besar, ia berurusan dengan kekacauan di sekitar ayahnya. Jadi keesokan paginya, ia mengirim pesan teks ke Kate bahwa penjahit kami siap (mengukur ulang gaun pengiring pengantin Putri Charlotte)."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akhir Perseteruan

Di dalam memoar Pangeran Harry, Meghan Markle menanggapi keluhan Kate Middleton dengan menulis pesan, "Sudah saya bilang, penjahit sudah ada sejak pukul 8 pagi. Di sini, di KP (Istana Kensington). Bisakah Anda membawa Charlotte untuk mengubahnya, seperti yang dilakukan ibu-ibu lain?"

Menurut Harry, tanggapan ini "tidak cukup" untuk Kate, yang malah bersikeras bahwa semua bagian gaun "perlu dibuat ulang." Dalam bukunya, Harry menyatakan, "Meg bertanya apakah Kate mengetahui apa yang sedang terjadi saat ini. Dengan ayahnya. Kate bilang ia sangat sadar, tapi gaunnya ... dan pernikahannya empat hari lagi!"

Ia menambahkan bahwa Kate memiliki "masalah lain dengan cara Meg merencanakan pernikahannya. Sesuatu tentang pesta untuk page boys? (Persoalan itu diperbincangkan secara) bolak-balik."

Perseteruan keduanya dilaporkan berakhir dengan Kate setuju membawa Charlotte ke penjahit yang sudah disediakan Meghan, dengan blak-blakan menulis, "Baik." Namun demikian, pertengkaran itu diduga terlalu berat untuk ditanggung Meghan, dengan Harry mengatakan ia pulang untuk menemukan calon istrinya "menangis di lantai."

3 dari 4 halaman

Jadi Bahan Makanan Tabloid

Pangeran Harry bersikeras pada Meghan Markle bahwa "Kate tidak bermaksud jahat." Ia juga mencatat bahwa Putri Wales tiba di rumah mereka keesokan paginya dengan bunga dan kartu untuk meminta maaf.

Namun, drama itu masih jauh dari selesai. Insiden itu bocor ke media dan jadi bahan makanan tabloid. Laporan awal mengklaim bahwa justru Meghan telah membuat Kate menangisi pertengkaran gaun pengiring pengantin, sesuatu yang membuat Harry marah karena diduga tidak akurat.

Staf istana diduga menolak mengeluarkan pernyataan publik yang membantah laporan tersebut, yang semakin memicu kemarahan Duke of Sussex terhadap keluarga Kerajaan Inggris. Dalam wawancara tahun 2021 mereka dengan Oprah Winfrey, Meghan menyatakan bahwa ia sebenarnya adalah orang yang menangis selama perseteruan itu.

Duchess of Sussex mengeluh bahwa staf menolak memperbaiki laporan tersebut. Ia berkata, "Saya berharap ia (Kate) ingin (laporan) itu diperbaiki, dan mungkin dengan cara yang sama bahwa istana tidak akan membiarkan orang lain meniadakannya, mereka tidak akan membiarkannya, karena ia orang yang baik."

Kate sendiri menolak berbicara secara terbuka tentang drama gaun pengiring pengantin, mengambil mantra keluarga kerajaan "tidak pernah mengeluh, tidak pernah menjelaskan." Tidak jelas apakah ia juga menangis setelah perselisihan tersebut.

4 dari 4 halaman

Terkejut dengan Formalitas Kate dan William

Dalam film dokumenter Netflix Harry & Meghan, Meghan Markle sempat mengaku terkejut dengan formalitas Kate Middleton dan Pangeran William. Tapi, klaim si adik ipar itu dibantah seorang teman Putri Wales.

Teman yang tidak disebutkan namanya itu berujar bahwa Kate menyapa semua orang dengan "pelukan dan ciuman." Pernyataan ini dipublikasikan dalam cerita sampul People, bulan lalu, bahwa anggota keluarga Kerajaan Inggris itu cukup penyayang.

Di sisi lain, Meghan menyinggung pertemuan pertamanya dengan pasangan Kate dan William. Ia mengingat agenda makan malam itu dengan santai sehingga hanya "mengenakan jeans sobek dan bertelanjang kaki." 

"Saya adalah seorang yang suka memeluk, selalu jadi seorang pemeluk," kata Meghan. "Saya tidak menyadari bahwa itu benar-benar mengagetkan bagi banyak orang Inggris."

Ia menambahkan, "Saya kira saya akan mulai memahami dengan sangat cepat bahwa formalitas di luar juga terbawa ke dalam. Formalitas itu terbawa di kedua sisi dan itu mengejutkan saya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.