Sukses

Pria Beli Nasi Padang Seharga Rp63 Ribu, Isinya Bikin Menyesal

Apa saja sih isi nasi padangnya sampai dibanderol Rp63 ribu?

Liputan6.com, Jakarta - Nasi Padang adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal hingga ke berbagai negara. Kuliner Sumatra Barat ini terkenal dengan rasanya yang enak karena menggunakan berbagai rempah.

Nasi Padang biasanya terdiri dari nasi putih, aneka lauk, dan berbagai jenis sayur yang dimasak dengan kuah santan. Jenis sayur dan lauk nasi padang antara lain gulai nangka, daun singkong, rendang, ayam bakar, ayam pop, telur balado, aneka jeroan, ikan, dendeng, dan masih banyak lagi.

Tak heran jika banyak orang yang suka menyantap makanan ini lantaran beragam jenis lauknya yang tidak bikin bosan. Selain karena rasanya yang enak, nasi padang juga digemari karena porsinya yang banyak.

Dengan harga terjangkau, nasi padang juga mudah ditemukan. Meski begitu, ada pula beberapa restoran Padang yang terkenal dengan harga selangit. Namun, hal tersebut juga didukung dengan rasa dan kualitas makanan yang tidak main-main. Tapi, bagaimana jadinya bila Anda membeli nasi padang harga selangit, namun isinya jauh dari ekspektasi?

Pengalaman itu baru-baru ini dialami seorang pria di Singapura. Dikutip dari Stomp Straits Times, Kamis, 22 Desember 2022, seorang pria sempat menyambangi sebuah warung nasi padang di kawasan blok 27, Jalan Besar, Singapura.

Momen makan nasi padang ini justru jadi pengalaman apes baginya karena tidak sesuai dengan ekspektasi. Dengan harga Rp63 ribu, pria tersebut justru mendapatkan porsi lauk yang tak sesuai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Saja Isinya?

"Saya sangat sedih dan marah saat bertanya harga (seporsi nasi padang) pada pemilik kedai," ujarnya.  Lantaran harganya yang cukup mahal, pria itu mengaku cukup emosi ketika mendapati porsi nasi padang yang tak sesuai harapan.

Pria tersebut mengaku hanya mendapat potongan ayam sebesar 5x5 cm. Selain ayam, piring nasi padangnya juga hanya berisi sayur tauge. Dilihat dari lauk dan sayurnya saja, hidangan ini harusnya tak sampai puluhan ribu rupiah. 

Saking kesalnya, pria tersebut mengaku menyesal telah membeli nasi padang di kedai tersebut. Alih-alih nasi padang, uang yang ia bayar menurutnya lebih pantas untuk dipakai membeli paket makanan di restoran cepat saji. Bila dilihat kolom komentar di unggahan publikasi itu, ternyata banyak pula warganet yang setuju dengan pernyataan pria tersebut.

"Harga nasi padang sekarang makin tak masuk akal. Saya sudah tak lagi makan hidangan ini," komentar seorang warganet. "Selalu ada pengalaman pertama dan terakhir," tulis yang lain.

3 dari 4 halaman

Kasus Serupa

Beberapa hari lalu, cerita yang hampir sama juga terjadi. Dilansir dari AsiaOne, seorang pelanggan bercerita membayar 24 dolar Singapura (sekitar Rp276 ribu) untuk sebungkus nasi padang. Dalam unggahan Facebook pada Rabu, 14 Desember 2022, seorang pelanggan bernama Iluv Ben Ten mengatakan, ia membeli makanan mahal beberapa hari lalu dari sebuah warung di Bedok Food Centre.

Ia bercerita memesan telur ikan, tahu, dan sambal goreng dengan nasi. Penjual di warung memang sudah mengatakan padanya bahwa harga telur ikan itu mahal, tapi ia tidak menyangka akan "semahal itu." "Siapa yang (mengira) itu (akan) merugikan saya sebanyak ini," kata wanita itu.

Ia kemudian memperkirakan berapa harga setiap item: 20 dolar Singapura (sekitar Rp230 ribu) untuk telur ikan dan masing-masing dua dolar Singapura (sekitar Rp23 ribu) untuk tahu dan sambal goreng.  Wanita itu, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan pada AsiaOne bahwa semula ia memperkirakan harga makanan itu sekitar 10--15 dolar Singapura.

"Saya benar-benar terkejut! Saya tidak akan membayarnya di kondisi normal," katanya, menambahkan bahwa ia tidak punya pilihan lain karena sedang terburu-buru hari itu dan itu adalah satu-satunya kios yang tidak mengantre.

4 dari 4 halaman

Papua Barat

Si pelanggan mengatakan, pegawai itu tidak memberi tahunya tentang rincian harga dan menambahkan bahwa ia tidak meminta klarifikasi atas tuduhan tersebut. Keluhannya segera jadi viral dan banyak warganet berkomentar bahwa harganya terlalu mahal, salah satunya bahkan menyebut itu sebagai "perampokan di siang hari."

Tak hanya di negara tetangga, di beberapa daerah di Indonesia, harga nasi padang jadi agak mahal karena penjualnya tidak terlalu banyak di sana. Seorang wanita mengungkap harga nasi padang yang dijual di Fakfak, Papua Barat.

Hal ini ia bagikan melalui akun TikTok @dapur_nn. Dalam unggahan itu, wanita ini mengungkap bahwa dirinya membeli nasi setengah porsi dengan sayur komplet, serta sambal.

Untuk lauknya, ia memilih rendang daging dan perkedel. Nasi padang itu kemudian dibungkus dengan kertas cokelat biasa. Wanita ini mengatakan bahwa makanan itu dibelinya di tempat makan milik orang asli Sumatra Barat. Total harga sebungkus nasi padang itu adalah Rp48 ribu.

Saat dibuka, rupanya sayur daun singkong yang diberikan juga tak terlalu banyak. Daun singkong yang sedikit bisa dimengerti karena harga sayuran di sana terbilang cukup mahal. Meski termasuk mahal, wanita ini menyukai nasi padang yang ia beli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.