Sukses

Profil Sam Worthington yang Perankan Karakter Jack Sully di Avatar 2

Sosok Sam Worthington sukses mencuri perhatian berkat perannya sebagai Jack Sully di Avatar, kini ia dipercaya kembali memerankan tokoh yang sama di sekuelnya Avatar: The Way of Water.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Sam Worthington sukses mencuri perhatian berkat perannya sebagai Jack Sully di Avatar: The Way of Water yang rilis pertengahan Desember ini di bioskop seluruh dunia. Mendalami karakter utama dengan kesuksesan film Avatar pertama, Sam terjun ke dunia perfilman Hollywood sejak 2000. 

Mengutip dari iMdb, Jumat (16/12/2022), pria ini memiliki nama lengkap Samuel Henry John Worthington ini lahir 2 Agustus 1976 di Surrey, Inggris. Orang tuanya, Jeanne dan Ronald Worthington, adalah seorang karyawan biasa yang pindah ke Australia ketika dia berusia enam bulan hingga tumbuh dewasa bersama saudara perempuannya Lucinda di Warnbro, pinggiran kota Perth, Australia Barat.

Pria berusia 46 tahun itu menikah dengan Lara Bingle seorang model asal Australia pada 28 December 2014 lalu, kini ia memiliki 3 anak. Worthington lulus dari Institut Seni Drama Nasional Australia pada 1998 di usia 22 tahun. Ia menerima pujian kritis atas perannya sebagai Arthur Wellesley dalam peran profesional pertamanya di produksi Belvoir Street Theater "Judas Kiss" yang disutradarai Neil Armfield.

Sam Worthington kemudian bekerja di televisi Australia di acara seperti Water Rats (1996) dan "Backburner" dan kemudian di episode ke-100 acara TV Amerika JAG (1995) (Boomerang: Bagian 1). Worthington membuat debutnya di dunia sinema dengan main di film Bootmen Australia yang sangat terkenal (2000), sebuah film tentang pasukan "anjing tap".

Sebelum kembali ikut andil di film Avatar 2, Sam sempat mengambil peran kecil di Hart's War (2002) dan A Matter of Life (2001) sebelum dia berperan dalam drama Australia terkenal lainnya, Dirty Deeds (2002), dibintangi bersama Toni Collette dan John Goodman. Tahun selanjutnya, dia membintangi film Australia lainnya, berperan sebagai David Wenham di Gettin' Square (2003).

Sutradara Jonathan Teplitzky, awalnya menguji Worthington yang saat itu berusia 27 tahun. Teplitzky tidak yakin Sam "bisa dengan meyakinkan memainkan pria tangguh dan juga memiliki unsur tokoh utama", tetapi pada akhirnya Teplitzky berkomentar bahwa dia begitu "fantastis" saat memerankan karakter David yang usianya lebih matang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karier Film

Pada 2004 Sam mendapatkan terobosan besar di kariernya. Dia ditawari peran utama dalam drama Australia terkenal Cate Shortland, Somersault (2004), berperan sebagai Abbie Cornish. Film ini menyapu bersih penghargaan Institut Film Australia (AFI) pada 2004, memenangkan 13 kategori film yang merupakan pertama kali terjadi dalam sejarah penghargaan tersebut. Worthington juga memenangkan penghargaan AFI untuk Aktor Pria Terbaik.

Karier Worthington melejit secara internasional ketika ia berperan sebagai Jake Sully dalam James Cameron's Avatar (2009) dan sebagai Marcus Wright, seorang cyborg yang membantu manusia meskipun mereka mencurigainya dalam Terminator Salvation (2009). Worthington segera menjadi nama rumah tangga, dan membintangi film profil tinggi Clash of the Titans (2010), The Debt (2010), Texas Killing Fields (2011), Man on a Ledge (2012), dan Wrath of the Titans (2012) . Worthington juga ikut mengisi suara untuk video game Call of Duty: Black Ops.

Pada 2010, Worthington memulai sebuah perusahaan produksi, Full Clip Productions, dengan dua teman dekatnya John Schwarz dan Michael Schwarz. Perusahaan bekerja sama dengan studio Radical untuk mencetak dua novel grafis berjudul "Damaged and Patriots".

3 dari 4 halaman

Karakter Jack Sully

Jake Sully merupakan karakter fiksi dan protagonis utama di serial film fiksi ilmiah Amerika Avatar, yang dibuat oleh James Cameron. Jake Sully bertugas di Korps Marinir AS tetapi diberhentikan usai cedera yang membuatnya lumpuh dari pinggang ke bawah.

Setelah mengetahui bahwa saudara kembarnya Tom terbunuh, Jake setuju untuk menggantikannya dalam Program Avatar RDA di Pandora, di mana manusia mengendalikan hibrida manusia/Na'vi dari jarak jauh untuk menavigasi planet dengan aman. Tersesat di hutan Pandoran, Jake kemudian diserang oleh sekelompok viperwolves saat Neytiri, seorang Na'vi, menyelamatkannya.

Jake justru berbalik melawan RDA lantaran bersimpati dengan Na'vi dan kawin dengan Neytiri. Jake kemudian menjadi Toruk Makto keenam dan memimpin Na'vi dalam pertempuran untuk mengusir RDA dari Pandora.

Karakter tersebut masih diperankan oleh Sam Worthington dalam Avatar 3 yang saat ini belum diberi judul. Dia juga muncul dalam literatur, termasuk buku komik yang diterbitkan Dark Horse Comics. Berbagai merchandise dari karakter tersebut juga telah diproduksi, termasuk action figure dan mainan yang diproduksi untuk McDonald's Happy Meals.

4 dari 4 halaman

Sinopsis Avatar 2

Film Avatar 2 akan menceritakan kembali kisah Jake Sully yang tinggal bersama keluarga barunya di planet Pandora. Meskipun begitu ia mendapatkan serangan yang mengancam nyawa.

Maka dari itu Jake harus bekerja sama dengan Neytiri dan pasukan dari ras Na’vi agar bisa melindungi planet mereka. Bahkan terlihat dalam trailer yang sudah tersebar bahwa terdapat pertarungan Jake Sully dengan ras Na’vi dalam mempertahankan tempat tinggalnya.

Film ini memperlihatkan bagaimana kehidupan air di planet mereka yang akan menyatukan segala hal yang ada di sekitar mereka. Sehingga film ini akan mengajak penonton mengikuti kisah Jake apakah berhasil dalam melindungi keluarganya, ras Na’vi dan planet tercintanya?

Mengutip dari The Hollywood Reporter, trailer pertama film yang dirilis Mei 2022 pun mendapat sambutan positif dengan 148,6 juta tampilan di hari pertama. Hal ini membuat sang sutradara, James Cameron optimis membuat Avatar 3, Avatar 4, dan Avatar 5 masing-masing direncanakan rilis pada 20 Desember 2024, 18 Desember 2026, dan 22 Desember 2028.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.