Sukses

Aturan Berpakaian Saat Kondangan agar Tak Dihujat Seperti Anya Geraldine di Pernikahan Chelsea Islan

Anya Geraldine disebut memakai gaun mewah yang dianggap menyaingi penampilan Chelsea Islan sebagai pengantin perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Chelsea Islan resmi menikah dengan Rob Clinton Kardinal pada Kamis pagi, 8 Desember 2022. Pemberkatan pernikahan Chelsea dan Rob digelar dengan khidmat di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Pada malam harinya, bintang film Sebelum Iblis Menjemput ini menggelar resepsi pernikahan di ballroom sebuah hotel bintang lima kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Acara ini dihadiri sederet artis papan atas, termasuk Anya Geraldine.  Namun kehadiran Anya Geraldine dalam pernikahan Chelsea dan Rob justru menuai kritikan. Apa penyebabnya?

Anya disebut memakai gaun mewah sehingga menyaingi penampilan pengantin perempuan.  "Lots of love (banyak cinta)," tulis Anya dalam keterangan unggahannya, Sabtu, 10 Desember 2022.

Dalam potret yang diunggah Anya Geraldine di akun Instagram pribadinya, aktris sekaligus influencer itu terlihat mengenakan gaun tanpa lengan dengan penuh manik yang mencolok. Hal ini yang dinilai warganet terlalu mencolok sehingga mencuri perhatian tamu dari pengantin perempuan.

Dalam foto lainnya, Anya juga berpose agak menungging. Pose yang dibuatnya ini dinilai kurang sopan, apalagi gaun yang dikenakannya membuat bentuk tubuhnya semakin terlihat. Beberapa warganet langsung menyerbu kolom komentar di unggahannya.

Banyak yang mengomentari, yang menikah Chelsea Islan atau justru Anya Geraldine. Beberapa juga salah fokus karena kekasih Anya, Nadif Zahiruddin memakai jas sama seperti pengantin pria. "Anya please deh, mana cowonya samaan lagi sama baju pengantin pria," komentar seorang warganet.

"Dear Anya, lain kali kalau ada undangan nikah jangan pake baju mewah atau dress kayak gini. Di luar negeri menerapkan pakaian yang digunakan sederhana, Spotlightnya untuk si pengantin, bukan kamu," komentar warganet lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan Tidak Tertulis

Saat kondangan seperti ada aturan tidak tertulis, biasanya para tamu undangan memang diharapkan tidak mengenakan busana yang lebih mencolok dari pengantin. Hal ini karena tamu tersebut dapat mencuri perhatian banyak orang sedangkan fokus utamanya berada pada pengantin.

Biasanya ada beberapa warna dan aturan khusus untuk tidak boleh digunakan para tamu pernikahan, contohnya putih. Melansir laman Vines of the Yarra Valley, Senin, 12 Desember 2022, apa saja pakaian yang tidak disarankan dikenakan saat datang ke pernikahan seseorang?

1. Putih

Saat datang ke pernikahan menggunakan warna putih, Anda bisa saja menyinggung perasaan mempelai wanita. Hal ini karena warna putih biasanya digunakan pada gaun yang dikenakan pengantin.

Kalau itu terjadi, maka nantinya akan mencuri perhatian tamu undangan lain. Jadi sebaiknya, hindari warna putih agar pengantin perempuan tetap menjadi sorotan di pernikahannya sendiri.

2. Tidak sesuai dress code

Biasanya dalam undangan tamu sudah diarahkan warna dress code yang harus dipakai. Untuk itu, diharapkan mengikuti dress code yang diminta. Dengan mengabaikan hal itu, bisa menjadi tanda orang tersebut tidak menghargai undangan yang diberikan.

3 dari 4 halaman

3. Warna Hitam

Selain putih, hitam juga menjadi warna yang tidak disarankan untuk pergi ke undangan pernikahan. Hal ini karena warna hitam identik dengan pemakaman, terutama dalam agama Hindu, hitam diartikan sebagai kesialan. Oleh sebab itu, hindari penggunaan warna hitam.

4. Berpakaian seperti pengantin

Mengenakan pakaian serupa dengan pengantin juga menjadi hal kurang baik. Hal ini bisa menyinggung perasaan pengantin karena Anda telah mengambil perhatianya. Sebaiknya kenakan pakaian yang berbeda dari pengantin.

5. Neon atau terang

Bila Anda menggunakan warna neon maupun terang, hal itu juga dapat mencuri perhatian tamu dari pengantin. Alasannya, warna terang akan dengan mudah menjadi sorotan.

6. Terlalu glamor

Hindari juga pakaian yang terlalu gemerlap atau glamor. Dalam artian, pakaian yang terlalu banyak memakai manik-manik sehingga mencolok perhatian para tamu. Ini juga akan membuat perhatian kepada pengantin wanita teralihkan. Untuk itu, saat hadir ke sebuah pernikahan, usahakan untuk tidak berdandan maupun berpakaian berlebihan.

4 dari 4 halaman

Cerita Pevita Pearce

Masih ada cerita lain dari pernikahan Chelsea Islan dengan Rob Clinton, yakni soal Pevita Pearce yang batal jadi bridesmaid pemeran di sitkom "Tetangga Masa Gitu".  Hal itu diutarakan Pevita di fitur Insta Story Instagram pribadinya belum lama ini.

"Kemarin harusnya bridesmaid on duty untuk weddingnya @chelseaislan & @robclintonkardinal," tulisnya di akun @pevpearce, dikutip Sabtu (10/12/2022). Di unggahan tersebut Pevita menyematkan potret dirinya dalam sebuah latar benda seni. Sambil tersenyum, wanita kelahiran 1992 itu terlihat sedikit tampak pucat.

"Tapi apa daya ternyata aku ngga cukup fit untuk dateng. Padahal udah ready & set cuma ngga kuat untuk go," tulisnya lagi. "Padahal baju udah siap dari lama," sambung Pevita.  Di unggahan selanjutnya Pevita memuat ulang video acara prewedding Chelsea Islan yang baru tersiar setelah mereka melakukan pemberkatan.

Di bagian atasnya pemeran film "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk" ini mengucapkan selamat atas pernikahan Chelsea dan Rob Clinton, serta membubuhkan tanda hati empat kali. "Congratulations @chelseaislan & @robclintonkardinal," tambah Pevita.

Momen pernikahan Chelsea Islan mulai dari lamaran yang digelar 24 Oktober 2022, hingga siraman dan pemberkatan dilaksanakan tertutup dengan undangan hanya kerabat dan teman terdekat. Untuk bridesmaids pun, dari banyak foto yang beredar di media sosial terbilang kurang terekspos. Namun saat resepsi, ada banyak rekan selebriti yang terlihat datang, seperti Wulan Guritno dan Anya Geraldine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.