Sukses

Gara-Gara Taylor Swift, Eyeshadow Biru Jadi Tren Lagi

Sebelum dipopulerkan kembali oleh Taylor Swift, eyeshadow biru merupakan tren makeup tahun 80-an.

Liputan6.com, Jakarta - Lagi, Taylor Swift membuktikan kekuatan mereknya. Pelantun lagu champagne problems ini mengembalikan tren makeup tahun 80-an, yakni eyeshadow biru, ke tengah lampu sorot atensi publik.

Riasan ini mulai digemari ketika album Midnights-nya melejit, Oktober lalu. Di sampul album, bagian mata Swift dipulas eyeshadow biru bergliter dan eyeliner hitam dalam bentuk wing yang natural. Lipstik merah coral yang dipakainya pun tampak serasi dengan keseluruhan makeup.

Tampilan, yang kemudian dikenal sebagai washed denim eyeshadow, penyanyi berusia 32 tahun itu kemudian diadopsi selebritas lain sampai akhirnya jadi tren. Beberapa pesohor itu termasuk Hailey Bieber, Kendall Jenner, dan Haley Lu Richardson.

Sementara, Hannah Rosie Bennett, seorang penata rias dan pemilik akun TikTok populer, menyebut bahwa warna kelopak mata biru indigo ini kembali tren setelah 20--30 tahun. Menurutnya, gaya riasan mata tersebut memang sempat tren pada era 80-an.

Juga, pernah booming tahun 60-an. Walau tren riasan pada dasarnya memiliki siklus, eyeshadow biru tahun ini mencatat perubahan cukup signifikan. Bennet menyebut versi sekarang "lebih metalik."

"Kali ini sangat metalik, dan sangat pucat," katanya, seperti dikutip dari New York Post, Kamis, 8 Desember 2022. 

Editor mode, Kendall Becker, mengatakan bahwa tren makeup ini terasa modern dan segar, berbeda dari penampilan tahun 80-an yang lebih berani. Menurutnya, perkembangan tampilan ini bukan karena dekade tertentu, tapi memang lebih banyak menarik inspirasi dari semua tren di masa lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Eyeshadow

Pada tren tahun 2022, sebagaimana telah disinggung, eyeshadow biru ini kembali dengan tema "Washed Denim." Menciptakan efek ombre, Becker merekomendasikan pemakaian warna eyshadow biru dari salah satu palet yang kemudian diberi bayangan putih melengkung di atas mata agar terkesan tidak membosankan.

"Atau coba dengan beberapa corak warna biru daripada menggunakan satu warna yang akan memberi tampilan mengintimidasi," ujarnya.  

Sementara, penata rias Rache Goodwin merekomendasikan menggunakan eyeshadow biru sebagai eyeliner sebelum beralih pada tampilan kelopak mata yang penuh. Pertama, Anda dapat menggunakan eyeshadow berwarna krem sebagai alas sebelum dilapisi dengan warna biru. 

"Saya pikir, orang tertarik pada warna karena hidup sangat suram. Eyeshadow biru adalah pesta di wajah Anda," ucapnya, lapor People.

Menyempurnakan tampilan mata dengan baju, Hannah Rosie Bennett menyarankan untuk mencari serasi dalam jaket atau denim favorit. Itu bisa dipadukan dengan busana berpalet pastel maupun block color, tergantung "seberapa berani" Anda hari itu.

3 dari 4 halaman

Album Midnights

Oktober lalu, Taylor Swift merilis album Midnights dalam dua versi. Pada versi pertama, ia menghadirkan 13 lagu, dan menambah tujuh lagu sebagai bonus track untuk versi kedua.

Pada album ke-10 ini, Swift berkolaborasi dengan musisi Lana Del Rey di lagu Snow on the Beach. "Surprise! Aku anggap Midnights sebagai album konsep yang lengkap. Ada 13 lagu yang dilengkapi gambaran intensitas jam yang tak masuk akal. Meski begitu, ada lagu lain yang kami tulis dalam perjalanan kami untuk menemukan keajaiban dari 13 lagu tersebut," tulis Swift di akun Twitter-nya sebelum album tersebut resmi dirilis.

Antusias para Swifties, sebutan penggemar Swift, ketika album ini rilis mendobrak Spotify hingga sempat terjadi crash karena terlalu banyak yang mengaksesnya. Aplikasi Spotify, baik dari perangkat Android maupun iOS tidak bisa dibuka.

Hal ini sempat menghebohkan Twitter karena Spotify mendapatkan protes dari Swifties, bahkan ada sembilan ribu keluhan dari India mengenai hal ini.

4 dari 4 halaman

Tren yang Kembali Lagi

Sementara itu, seperti yang sudah disebutkan, siklus tren fesyen dan kecantikan terus berputar. Selain tampilan eyeshadow biru ala Taylor Swift, beberapa riasan lain yang kembali jadi tren, yakni"

1. Alis Tipis

Melansir People, tampilan alis tipis dengan lengkungan tinggi yang tren di tahun 90-an sempat diikuti Tyra Banks dan Megan Fox. Saat ini, tren tersebut kembali diminati nama-nama populer, seperti Kim Kadarshian dan Marion Jola. Sedangkan salah satu selebritas yang konsisten mengikuti tren ini adalah Pamela Anderson

2. French nails

Tren kuku manikur yang satu ini kembali populer tahun ini. Sebelumnya, tren ini sempat banyak digandrungi selebritas era 90-an hingga awal 2000-an. Kylie Jenner, Selena Gomez, bahkan Ivan Gunawan kedapatan menggunakan french nails melalui unggahan yang mereka bagikan di akun Instagram masing-masing.

3. Rambut Bixie

Gaya hybrid lain yang langsung keluar dari tahun 90-an adalah The Bixie. Itu mengawinkan potongan bob dan pixie untuk tampilan rambut pendek bertekstur.

Winona  Ryder sempat menggunakan potongan rambut ini pada 1995 dan saat ini penyanyi asal Amerika, Ciara, tampak mengikuti tren ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.